Sukses

13 Oktober Hari Tanpa Beha, Kenali Gejala dan Penyebab Kanker Payudara

Peringatan ini pertama kali dilaksanakan pada 9 Juli. Namun, dalam tiga tahun berubah menjadi 13 Oktober karena bertepatan dengan Hari Kesadaran Kanker Payudara.

Liputan6.com, Bandung - No Bra Day atau Hari Tanpa Bra adalah peringatan yang dilaksanakan setiap 13 Oktober di dunia. Peringatan ini menjadi suatu ajakan atau saran agar tidak menggunakan bra dalam rangka untuk membuat para wanita sadar akan kanker payudara.

Adapun peringatan ini dilakukan untuk menjadi edukasi bagi para wanita mengenai penyakit kanker payudara dan juga menghormati orang-orang yang tengah berjuang dalam menghadapi kanker payudara.

Peringatan ini pertama kali dilaksanakan pada 9 Juli. Namun, dalam tiga tahun berubah menjadi 13 Oktober karena bertepatan dengan Hari Kesadaran Kanker Payudara.

Adapun peringatan ini juga tidak diakui secara resmi oleh penelitian kanker manapun dan bukan masuk ke dalam bulan kesadaran kanker payudara oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Meskipun begitu, momen tersebut turut digunakan dalam memberikan kesadaran kepada perempuan mengenai bahaya dari kanker payudara dan pentingnya mempelajari mengenai hal tersebut agar bisa melakukan tindakan pencegahan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gejala Kanker Payudara

Kanker payudara perlu kita perhatikan bahkan perempuan disarankan untuk periksa meskipun tidak memunculkan gejala. Pemeriksaan tersebut dilakukan untuk bisa melakukan tindakan pencegahan sedari awal. Dilansir dari situs resmi Kemenkes, berikut gejala dari kanker payudara:

1. Terasa ada benjolan di payudara yang sering kali tidak memunculkan rasa nyeri.

2. Adanya perubahan tekstur di kulit payudara dimana kulit payudara terasa mengeras dan permukaannya terasa seperti kulit jeruk.

3. Keluar cairan dari puting.

4. Adanya cekungan atau tarikan pada kulit payudara.

5. Perlu diperhatikan juga bilamana ada luka di bagian payudara yang tidak sembuh.

3 dari 3 halaman

Penyebab Kanker Payudara

Sampai saat ini, penyebab pasti dari kanker payudara masih belum diketahui. Namun ada beberapa faktor-faktor yang dapat meningkatkan kanker payudara terjadi pada seseorang seperti berikut:

1. Merokok ataupun terpapar asap rokok (perokok pasif).

2. Mempunyai pola makan yang buruk misalnya tinggi lemak dan rendah serat ataupun makanan mengandung zat pengawet atau pewarna.

3. Haid pertama terjadi pada umur kurang dari 12 tahun.

4. Terjadinya menopause atau berhenti haid setelah umur 50 tahun.

5. Melahirkan anak pertama setelah usia 35 tahun.

6. Pernah mengalami operasi di payudara yang disebabkan oleh kelainan tumor jinak ataupun tumor ganas.

7. Di antara keluarga ada anggota yang menderita kanker payudara.

8. Tidak pernah menyusui anak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.