Sukses

Manfaat Masker Rambut Alami Alpukat dan Madu untuk Mengatasi Rambut Rontok

Alpukat mempunyai kandungan asam oleat yang mempunyai fungsi untuk memperlambat terjadinya kerontokan serta dapat mempercepat pertumbuhan dari rambut.

Liputan6.com, Bandung - Rambut menjadi salah satu bagian penting bagi seseorang. Tidak hanya fungsinya sebagai perlindungan dan memberikan kehangatan, tetapi rambut juga sering kali menjadi perhatian penting untuk penampilan seseorang.

Untuk merawat rambut bisa dibilang simpel dan mudah. Namun jika caranya salah, beberapa perawatan justru dapat merusak rambut.

Rambut rontok misalnya, merupakan sebuah siklus yang menjadi fase alami dan terjadi oleh semua orang. Namun, bilamana kerontokan tidak wajar, maka perlu untuk kamu perhatikan.

Sering kali perawatan rambut rontok jika salah dapat memperparah kondisinya, misalnya karena mengandung kimia ataupun tidak cocoknya rambut menggunakan produk tersebut. Meskipun begitu, jika kamu khawatir akan kandungan kimia dalam produk perawatan rambutmu, kamu dapat menggunakan bahan-bahan alami.

Ada banyak bahan-bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi rambut rontok dan dijadikan hair tonic misalnya bahan-bahan seperti daun mangkokan, lidah buaya, ekstrak wortel, minyak kelapa, daun waru, minyak kemiri, ekstrak buah alpukat, dan madu.

Dikutip dari jurnal Wahyu Diana, Sarjana Pendidikan Tata Rias Fakultas Teknik dan Meda Wahini, Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Fakultas Teknik dari Universitas Negeri Surabaya, mengungkapkan bahwa penggunaan dari ekstrak buah alpukat dan madu sebagai bahan aktif hair tonic mempunyai manfaat untuk rambut rontok.

Alpukat mempunyai kandungan asam oleat yang mempunyai fungsi untuk memperlambat terjadinya kerontokan serta dapat mempercepat pertumbuhan dari rambut. Maka dari itu, rambut dapat tumbuh subur dan berkilau.

Tidak hanya itu, kandungan antioksidan dari alpukat juga membantu dalam melindungi rambut dari ancaman produk perawatan berbahan kimia, polusi hingga rambut yang rusak.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kandungan Madu

Untuk madu sendiri mempunyai kandungan pinocembrin yang mempunyai fungsi untuk menguatkan rambut. Madu juga sama-sama mempunyai kandungan antioksidan yang sangat penting bagi rambut agar bisa memperbaiki sel-sel rambut yang rusak, dan memperlancar sirkulasi darah yang dibutuhkan oleh rambut agar tidak kusam dan juga kuat.

Maka dari itu, untuk kamu yang memikirkan bahan-bahan alami untuk perawatan rambut rontok, menggunakan alpukat dan madu bisa menjadi solusi kamu dalam merawat rambut. Ataupun jika kamu ingin membeli produk alami kamu bisa mencari produk yang mempunyai kandungan alpukat ataupun madu.

3 dari 3 halaman

Cara Membuat dan Menggunakan Masker Rambut Alami

Sebagai perawatan, kamu juga bisa membuat masker rambut menggunakan alpukat dan madu. Masker ini tentunya menjadi masker berbahan alami yang dapat dibuat dengan mudah dan bisa dilakukan dirumah. Berikut langkah-langkah dalam membuat masker rambut alami dari alpukat:

1. Pertama-tama, siapkan satu buah alpukat, dua sendok makan madu dan minyak zaitun.

2. Jika bahan-bahan sudah terkumpul, kamu tinggal menghaluskan satu buah alpukat yang sudah matang tersebut.

3. Jika sudah halus, campurkan alpukat dengan dua sendok makan madu mentah dan juga minyak zaitun.

4. Setelah itu, masker rambut pun sudah bisa kamu gunakan.

Jika masker alami sudah bisa kamu gunakan, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Oleskan masker ke rambut serta kulit kepala, oleskan secara merata dari ujung rambut.

2. Setelah itu, tutupi rambut dengan shower cap atau jika kamu tidak mempunyainya bisa menggunakan kantong kresek agar tertutup.

3. Kemudian jika kamu mempunyai blow dryer bisa kamu gunakan selama kurang lebih 15 menit, jika tidak punya bisa duduk menjemurnya dibawah sinar matahari selama 30 sampai 45 menit`.

4. Jika sudah, kamu tinggal membilas rambut dengan air dingin dan juga sampo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.