Sukses

Bupati Lebak Minta Doa untuk Korban Banjir

Di sela pelantikan delapan Ketua DPC Demokrat Banten yang dihadiri oleh AHY, Iti Octavia Jayabaya meminta doa atas bencana alam yang menerjang Kabupaten Lebak wilayah Selatan.

Liputan6.com, Lebak - Di sela pelantikan delapan Ketua DPC Demokrat Banten yang dihadiri oleh AHY, Iti Octavia Jayabaya meminta doa atas bencana alam yang menerjang Kabupaten Lebak wilayah Selatan. Setidaknya, ada empat kecamatan yang terendam banjir, yakni Bayah, Panggarangan, Cilograng, dan Cibeber.

Hujan deras yang turun sejak Minggu siang, 9 Oktober 2022, menyebabkan empat sungai meluap, yakni Cisiih, Cibarani, Cimadur dan Cijatra. Banjir terjadi tidak lama setelah gempa berkekuatan 5,5 SR mengguncang di perairan Bayah, pukul 17.02 WIB.

"Saya minta doa untuk seluruh rakyat Lebak dan Banten, agar kami diberi kekuatan menghadapi musibah dan bencana alam," kata Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya, Senin (10/10/2022).

Iti Octavia menerangkan, akibat banjir di empat kecamatan itu merusak banyak infrastruktur hingga tanah longsor di sejumlah daerah. Material longsor sudah dibersihkan, agar jalan bisa kembali dilalui. Sedangkan, jembatan putus, dibutuhkan waktu untuk memperbaikinya.

"Kemarin, daerah kami dilanda gempa dan banjir, banyak infrastruktur kami rusak," terangnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Posko Bencana Dibangun

Polres Lebak telah membangun tenda yang digunakan sebagai posko bantuan bagi korban banjir. Lokasinya ada di Kampung Babakan, Desa Bayah Barat, Kecamatan Bayah.

Tenda itu dijadikan tempat pemberian bantuan hingga informasi bagi para korban. Masyarakat bisa datang ke tenda tersebut jika memerlukan sesuatu. Sedangkan personelnya disebar ke sejumlah titik untuk membersihkan bangunan banjir dan pengobatan gratis ke warga, secara bergantian.

"Satsamapta Polres Lebak telah mendirikan tenda posko penanggulangan bencana. Kami juga menugaskan personel Polres Lebak untuk membantu membersihkan rumah masyarakat yang terkena bencana, mendirikan posko bantuan dan pelayanan kesehatan," ujar Kapolres Lebak, AKBP Wiwin Setiawan, Senin (10/10/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.