Sukses

Divalidasi Ulang, Berikut Cara Memeriksa Data Tenaga Non ASN Pra-Finalisasi

BKN mengumumkan agar PPK Instansi untuk memvalidasi ulang terhadap 152.803 Non ASN yang tidak sesuai dengan ketentuan pendataan.

Liputan6.com, Bandung - Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengumumkan agar PPK Instansi memvalidasi ulang terhadap 152.803 non-ASN yang tidak sesuai dengan ketentuan pendataan.

Dilansir dari situs resmi bkn.go.id, dijelaskan bahwa ada beberapa jabatan seperti pengemudi, tenaga kebersihan, serta satuan pengamanan dan sejenisnya yang tidak sesuai dengan Surat dari menteri PANRB Nomor B/185/M.SM.02.03/2022 serta B/1511/M.SM.01.00/2022.

Melalui hal tersebut, BKN meminta untuk Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah untuk dapat melakukan verifikasi serta validasi ulang untuk daftar tenaga non ASN yang jabatannya tidak sesuai dari surat tersebut.

BKN juga menyampaikan bahwa rekapitulasi dari hasil data tenaga non-ASN berada di tahap prafinalisasi di portal pendataan-nonasn.bkn.go.id dan terdata berjumlah 2.215.542 yang terdiri dari 335.639 tenaga non-ASN di lingkup instansi pusat serta 1.879.903 tenaga non-ASN di lingkup instansi daerah.

Adapun yang perlu diperhatikan di tahapan finalisasi tersebut, BKN juga turut meminta data final dari hasil verifikasi dan validasi wajib disertakan dengan Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) yang telah ditandatangani oleh PPK Instansi.

Bilamana data final yang disampaikan oleh PPK Instansi tidak sesuai dengan apa yang menjadi ketentuan pendataan, maka tenaga non-ASN tersebut akan terkena konsekuensi pertanggungjawaban hukum mengenai Pimpinan Unit Kerja maupun PPK Instansi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Memeriksa Data Tenaga Non ASN Pra-finalisasi

Untuk memeriksa data pra-finalisasi dari pendataan non ASN tersebut, dapat diperiksa langsung dalam situs resmi pengumuman yang dibuat oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) yaitu pengumuman-nonasn.bkn.go.id.

Untuk memeriksa data dari tenaga non-ASN yang telah didata oleh admin instansi dan pengumuman BKN yang ditampilkan adalah data Pra-Finalisasi per tanggal 03 Oktober 2022 dapat mengikuti langkah-langkah seperti berikut:

1. Buka situs resmi pengumuman-nonasn.bkn.go.id.

2. Kemudian Anda tinggal memilih instansi tempat anda bekerja dan mencarinya.

3. Setelah itu masukan nama lengkap anda, lalu klik "Cari".

4. Jika nama anda terdaftar otomatis data akan muncul mulai dari nama instansi, nama anda, jabatan serta unit kerjanya.

3 dari 3 halaman

Cara Lihat Pengumuman

Adapun di bawah ini adalah langkah lebih jelasnya untuk melihat pengumuman dari instansi secara lengkap:

1. Pertama periksa di situs resmi pengumuman BKN yaitu pengumuman-nonasn.bkn.go.id.

2. Setelah itu anda tinggal mencari nama instansi tempat anda bekerja.

3. Jika nama Instansi sudah muncul anda tinggal klik bagian “pengumuman” yang ada dibawah keterangan Link Pengumuman Instansi.

4. Setelah Itu Anda tinggal klik tautan dokumen yang ada di setiap situs instansi tempat Anda bekerja.

5. Jika file sudah terbuka atau terunduh anda dapat melihat data pendataan pegawai non-ASN yang telah terdata di BKN pada tahap Pra-Finalisasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.