Kisah-Kisah Mencekam dari Gedung Pencakar Langit Angker di Jakarta

Oleh Tifani pada 07 Okt 2022, 03:00 WIB
Diperbarui 07 Okt 2022, 03:00 WIB
Bangunan atau gedung pencakar langit angker
Perbesar
Ilustrasi bangunan atau gedung pencakar langit angker (Liputan6.com / Edhie Prayitno Ige)

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah gedung pencakar langit di kawasan Stasiun Cawang, disebut-sebut sebagai salah satu bangunan paling angker Jakarta. Cerita keangkeran gedung bertingkat ini bahkan sempat diangkat menjadi film layar lebar pada tahun 2015.

Gedung ini dibangun sebagai salah satu pusat perkantoran pada tahun 2001. Kemudian bangunan ini dikabarkan miring beberapa derajat, sehingga dianggap membahayakan.

Gedung ini kemudian ditinggalkan dan terbengkalai sejak tahun 2007. Alhasil, ada banyak cerita urband legend yang berkembang tentang gedung ini.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut sederet cerita seram mengenai gedung pencakar langit angker di kawasan Stasiun Cawang, Jakarta.

Dibangun di atas kuburan

Konon gedung bertingkat ini dibangun diatas tanah kuburan yang tak dipindahkan. Masyarakat yang tinggal di sekitar gedung pun tahu bahwa sebelum adanya gedung ini, lahannya merupakan tanah kosong dan kuburan.

Saat pembangunan gedung bertingkat ini, para pekerja juga diganggu oleh sosok-sosok makhluk astral. Bahkan dikabarkan ada beberapa pekerja tertimpa musibah dengan cara yang tidak wajar di proyek pembangunan gedung ini.

Penampakan perempuan berbaju merah

Penampakan perempuan berbaju merah juga menjadi salah satu kisah mistis paling terkenal dari bangunan ini. Beberapa orang mengaku melihat adanya penampakan perempuan berbaju merah di salah satu lantai gedung.

Ada pula cerita mengenai satpam yang bertemu dengan perempuan berbaju merah di bangunan angker ini. Perempuan itu meminta satpam mengantarkannya ke lantai 14, tetapi tiba-tiba perempuan misterius itu menghilang begitu saja.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

Saksikan video pilihan berikut ini:


Tangisan di Basement

Saat gedung ini masih beroperasi, para karyawan enggan memasuki basement gedung sendirian, terlebih pada malam hari. Pasalnya, kerap terdengar suara tangisan dari basement gedung ini.

Pernah suatu kali satpam yang tengah berjaga mencari asal suara tangisan ini, tetapi tak menemukan sumber suara ini. Cerita tangisan misterius di basement gedung angker ini tentu membuat bulu kuduk para pegawai gedung ini meremang.

Belum lagi basement gedung pencakar langit terkenal gelap dan minim pencahayaan.

Lampu Menyala Sendiri

Kisah angker mengenai gedung ini yang selanjutnya ialah lampu yang menyala sendiri. Meskipun bangunan ini telah lama ditinggalkan, ada beberapa orang yang mengaku melihat bahwa lampu di bangunan ini kerap menyala sendiri.

Padahal, petugas keamanan menyatakan bahwa tidak ada lampu yang dinyalakan.

 


Sosok Penunggu Lift

Sebelum kosong dan ditinggalkan penyewa, diketahui gedung ini mempunyai lift yang geraknya sangat lambat. Oleh karena itu, lift gedung ini diyakini ditunggui oleh sosok makhluk halus.

Satu cerita mengenai lift ini, di mana dulu ada karyawan yang ingin mengambil barangnya yang tertinggal di lantai tempatnya bekerja. Dia memutuskan untuk naik lift, namun lift enggan menutup dan lampunya meredup.

Dia lalu memutuskan berjalan lewat tangga, tetapi dia justru selalu menemukan lift yang kosong dan terbuka di setiap lantai yang dia lewati.

Keranda Mayat Misterius

Kisah mistis mengenai gedung bertingkat ini berikutnya adalah adanya keranda mayat misterius. Beberapa orang mengaku menemukan sebuah keranda mayat di salah satu lantai gedung ini pada malam hari. Namun tiba-tiba, keranda mayat tersebut menghilang.

Orderan Misterius 

Para pengemudi ojek online (ojol) menyimpan kisah seram tersendiri tentang gedung ini. Beberapa dari mereka mengaku kerap mendapat order misterius dari lobby gedung angker di kawasan Stasiun Cawang ini pada malam hari. Mereka menerima orderan pengiriman paket dari gedung ini. Padahal, gedung ini sudah kosong sejak lama.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya