Sukses

7 Tips Mempersiapkan Pernikahan Sederhana dengan Dana Terbatas

Menggelar pesta pernikahan bagi setiap pasangan yang sudah memasuki usia ideal untuk menikah, pasti jadi satu momen yang membahagiakan sekaligus menegangkan.

Liputan6.com, Bandung - Ketika merencanakan sebuah acara pernikahan, setiap pasangan memiliki visinya masing-masing. Namun, tak sedikit pasangan yang merasa kesulitan dalam mempersiapkan pernikahan mereka karena keinginan memberikan yang terbaik di momen bersejarah itu.

Menggelar pesta pernikahan bagi setiap pasangan yang sudah memasuki usia ideal untuk menikah, pasti jadi satu momen yang membahagiakan sekaligus menegangkan untuk kedua pasangan dan keluarga serta kerabat dekatnya karena pada hari itu mereka sudah menjadi satu keluarga besar.

Ada pasangan yang membuat pesta pernikahan yang meriah di hari bersejarah tersebut, tetapi tidak sedikit pula pasangan yang mendambakan pesta pernikahan yang sederhana pada hari bahagianya.

Bagi yang menginginkan pesta pernikahan sederhana, berikut ini ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mempersiapkan pesta pernikahan secara sederhana.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lokasi Outdoor

Untuk melangsungkan pernikahan yang sederhana, tetapi tetap hangat, pilih lokasi pernikahan outdoor. Selain memberikan kesan yang berbeda, pernikahan outdoor juga dapat menekan biaya pernikahan karena Anda tak perlu memikirkan dekorasi yang berlebihan.

Katering dan Tenda Pernikahan

Pernikahan juga memerlukan adanya jasa katering dan tenda pernikahan. Untuk hal ini, Anda bisa meminta bantuan kepada teman yang mungkin ahli memasak atau juga memiliki usaha katering dan penyewaan peralatan makan serta tenda untuk pernikahan. Siapa tahu, Anda bisa mendapat diskon yang besar karena menggunakan jasa kateringnya.

Jika bujet yang ada benar-benar terbatas, Anda bisa berkreasi menggunakan peralatan seadanya, tetapi dibuat menarik agar tercipta suasana pernikahan seperti umumnya. Mintalah bantuan teman yang ahli dekorasi dan sebagainya.

Tamu Undangan

Jumlah tamu yang hadir di pernikahan Anda akan memengaruhi pengeluaran. Untuk itu, Anda dapat mengatur atau membatasi berapa banyak jumlah tamu undangan di pernikahan Anda. Hal ini perlu dilakukan untuk menentukan berapa banyak jumlah makanan yang akan Anda pesan.

Meski daftar tamu undangan Anda sedikit, tidak berarti Anda harus berhemat di berbagai aspek. Pengalaman para tamu undangan adalah yang terpenting.

Undangan dan Suvenir

Saat ini, ada berbagai macam jenis kartu undangan yang menarik, tetapi sederhana. Anda bisa memilih jenis kartu undangan seperti itu, mengingat kartu undangan hanya digunakan sekali.

Kemudian tentang suvenir pernikahan, pilih jenis suvenir yang bermanfaat dan harganya terjangkau. Anda bisa membelinya di tempat grosir souvenir khusus pernikahan.

3 dari 3 halaman

Minta Bantuan Teman

Minta bantuan teman Anda untuk menjadi MC, fotografer, atau videografer dalam perikahan Anda. Selain biayanya lebih terjangkau, mereka juga lebih mudah mengerti saat Anda menjelaskan konsep pernikahan yang akan dilaksanakan.

Buat Panitia

Bridesmaid yang Anda pilih juga bisa Anda jadikan panitia dalam pesta pernikahan. Anda bisa melibatkan mereka dalam persiapan menjelang pernikahan, bahkan memastikan semuanya berjalan dengan baik saat pesta pernikahan berlangsung.

Pesta pernikahan tidak harus selalu bermewah-mewahan. Pesta pernikahan yang sederhana juga sanggup memberikan kesan tak terlupakan pada hari bahagia Anda dan pasangan. Kalau merasa kesulitan dalam mengatur keuangan menjelang pernikahan, Anda dapat meminta bantuan wedding financing agar keuangan Anda dapat lebih tertata serta pesta pernikahan berjalan lacar sesuai harapan.

Baju Pengantin, Mahar, dan Antaran

Hindari membuat dan menjahit sendiri baju pengantin Anda, jika memang bujet yang dimiliki sangat terbatas. Pakaian pengantin hanya digunakan sekali, sebaiknya manfaatkan jasa sewa pakaian pengantin di sekitar lingkungan tempat tinggal.

Jika sewa tersebut juga memberikan paket rias pengantin, maka ini akan jauh lebih hemat dibandingkan memesan jasa make up tersendiri. Soal mahar dan antaran, sebaiknya dibicarakan dengan pihak keluarga terkait.

Idealnya mahar berupa emas, alat salat dan uang tunai yang dibayar secara tunai juga. Untuk antaran, sebaiknya berupa barang-barang yang diperlukan pengantin wanita saja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.