Dukungan BTS ARMY Indonesia untuk Korban Tragedi Stadion Kanjuruhan

Oleh Tifani pada 06 Okt 2022, 12:00 WIB
Diperbarui 06 Okt 2022, 12:00 WIB
Fans BTS ARMY Indonesia Galang Dana Untuk Korban Kanjuruhan, Kini Terkumpul Lebih Rp 400 Juta
Perbesar
Fans BTS ARMY Indonesia Galang Dana Untuk Korban Kanjuruhan, Kini Terkumpul Lebih Rp 400 Juta (Kitabisa.com)

Liputan6.com, Yogyakarta - BTS ARMY Indonesia galang dana untuk keluarga korban tragedi Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur. Mereka memanfaatkan platform urun dana (crowdfunding) untuk menggalang donasi.

Dengan judul ARMY INDONESIA UNTUK KORBAN KANJURUHAN dana yang sudah terkumpul bahkan lebih dari Rp400 juta. Dana yang sudah terkumpul ini diprediksi akan terus bertambah mengingat penggalangan akan dibuka sampai tiga hari ke depan.

Dikutip dari berbagai sumber, penggalang dana yang menggunakan nama BTS ARMY Project mengatakan bahwa donasi yang terkumpul akan disalurkan langsung oleh tim ARMY Malang2728. Donasi akan disalurkan untuk santunan bagi keluarga korban terdampak, sebagai modal usaha bagi keluarga yang kehilangan sosok tulang punggung keluarga dan santunan pendidikan bagi anak-anak yang ditinggalkan.

Lalu siapa sebenarnya ARMY ini? ARMY merupakan fandom atau penggemar grup idol Korea Selatan, BTS. BTS memiliki fandom terbesar di dunia Korean Pop dengan jumlah penggemar yang fantastis.

Di Indonesia, anggota ARMY BTS mencapai lebih dari 80 ribu orang pada tahun 2021. ARMY merupakan singkatan dari Adorable Representative M.C For Youth.

Rupanya sejarah ARMY cukup panjang. ARMY terbentuk pada 9 Juli 2013. ARMY juga memiliki makna yang mendalam. Dalam bahasa Inggris, ARMY berarti berarti tentara.

Menilik arti dari BTS (Bangtan Sonyeondan atau Bangtan Boys) yang berarti baju anti-peluru, BTS dan ARMY, bak selayaknya tentara dan pelindung tubuh yang selalu bersama-sama.

Tak sedikit penggemar yang percaya bahwa fanbase ini seperti satu keluarga besar dengan BTS sebagai pemimpinnya. ARMY merupakan salah satu komunitas online paling aktif yang pernah ada.

Anggotaya ada sekitar 40 juta orang. Penggemar ini berlangganan saluran YouTube BTS dan lebih dari 30 juta orang mengikuti akun Twitter yang dikelola anggota dan akun Instagram resmi BTS Big Hit.

ARMY mampu menarik perhatian media internasional ketika mendorong BTS untuk memenangkan Artis Sosial Teratas yang dipilih penggemar, dengan lebih dari 300 juta suara, di Billboard Music Awards 2017. BTS mengakhiri kemenangan artis internasional beruntun selama enam tahun dalam kategori tersebut. Kala itu, BTS mengalahkan Justin Bieber, Ariana Grande, Shawn Mendes, dan Selena Gomez.

ARMY berdiri terpisah dari fandom lain melalui cara mereka memobilisasi dengan tingkat organisasi yang tak tertandingi. Termasuk ARMY Indonesia yang kompak menggalang dana untuk keluarga korban tragedi Stadion Kanjuruhan.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya