Tak Hanya Kanjuruhan, Berikut Deretan Penggalangan Dana Sosial ARMY BTS Indonesia

Oleh Huyogo Simbolon pada 04 Okt 2022, 19:59 WIB
Diperbarui 04 Okt 2022, 20:03 WIB
Penggalangan dana ARMY fans BTS untuk korban tragedi Kanjuruhan. (Foto: Tangkapan Layar Kitabisa.com/ BTS ARMY PROJECT LOMBOK)
Perbesar
Penggalangan dana ARMY fans BTS untuk korban tragedi Kanjuruhan. (Foto: Tangkapan Layar Kitabisa.com/ BTS ARMY PROJECT LOMBOK)

Liputan6.com, Bandung - Penggemar Bangtan Sonyeondan alias BTS di Indonesia, ARMY Indonesia saat ini tengah gencar melaksanakan penggalangan dana untuk korban dari tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur.

Donasi yang dilaksanakan di platform kitabisa.com tersebut dilaksanakan pada 3 Oktober 2022 dan telah terkumpul sekitar Rp447.415.115 rupiah melebihi target yaitu 400 juta.

Dana tersebut dialokasikan untuk para korban dari tragedi Kanjuruhan sebagai bentuk empati serta soldiaritas dari keluarga setanah air. Bentuk donasi ini tidak hanya mengajak seluruh penggemar ARMY Indonesia saja namun juga seluruh masyarakat Indonesia.

Penggalangan dana yang dilakukan oleh para penggemar BTS tersebut tidak hanya sekali dilakukan. Ada beberapa penggalangan dana yang pernag mereka lakukan terutama oleh fanbase ARMY. Berikut daftarnya.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Selanjutnya

Ilustrasi bersolidaritas
Perbesar
Campaign.com Gelar 'Aksi Seminggu Berbagi', Ajak Masyarakat Berpartisipasi Sambil Berdonasi (dok. Pexels/Pixabay/Brigitta Bellion)

1. Konservasi Penyu

Kegiatan penggalangan dana yang sempat dilakukan oleh ARMY salah satunya adalah konservasi penyu. Penggalangan dana ini juga dalam rangka merayakan ulang tahun leader BTS yaitu Kim Namjoon dan anggota termuda mereka yaitu Jeon Jungkook.

Konservasi Penyu ini nantinya untuk mengadopsi 2.000 ekor penyu atas nama kedua idol tersebut melalui bantuan dari BBC Senggigi serta Pokmaswas Pandanan yang lokasinya akan berada di taman laut yang sempat dibuat para ARMY sebelumnya. Penggalangan dana yang dimulai pada 25 Juli 2022 lalu telah terkumpul sebanyak Rp9.832.271

2. Taman Laut BTS

Seperti dijelaskan sebelumnya, ARMY juga sempat membuat proyek untuk membuat Taman Laut atau Transplantasi Terumbu Karang pada media tanam yang bentuknya logo BTS serta membuat taman laut bertemakan BTS.

Kegiatan penggalangan dana tersebut tidak hanya sebagai bentuk menjaga ekosistem laut saja. Namun, juga dalam rangka merayakan Anniversary BTS yang ke-9 tahun. Banyaknya ARMY yang turut melakukan donasi sampai terkumpul dana sekitar Rp9.936.380

3. BTS Peduli Laut dan Anak Yatim

Penggalangan dana yang satu ini dibuat pada 22 Maret 2022 lalu sebagai rangkaian dari ARMY Indonesia yang merayakan Anniversary BTS ke-9 tahun. Target penggalangan dana ini sekitar 20 juta dan terlah terkumpul sebanyak Rp12.400.273

Adapun penggalangan dana ini dilakukan untuk membantu pelestarian laut bersama Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN) serta untuk membantu anak-anak yatim atau anak-anak yang kehilangan pengasuhan orangtua dalam program SOS Children’s Villages Indonesia.


Berikutnya

Ilustrasi Donasi
Perbesar
Ilustrasi donasi. (dok. Unsplash.com/@unitednations)

4. ARMY Indonesia Peduli Lingkungan dan Sesama

Dilansir dari akun kitabisa.com, ARMY Indonesia Festa, fanbase BTS juga pernah melakukan penggalangan dana dalam merayakan ulang tahun BTS. Acara penggalangan dana ini dilaksanakan pada 2 Januari 2021.

Adapun dana donasi tersebut dialokasikan untuk beberapa hal seperti 40%nya untuk biaya produksi konten AIF 2021, 30% pertama digunakan untuk menanam 1.300 bibit mangrove di pesisir Pantai Desa Bedono, Demak dalam rangka untuk koordinasi dengan lindungi hutan, dan 30% dananya dialokasikan untuk membiayai pendidikan anak-anak berkebutuhan khusus yang berkoordinasi dengan UNICEF. Dari target donasi sekitar 20 juta dana yang terkumpul adalah sekitar Rp17.685.375

5. Sambut BTS Meal & BTS Anniv dengan Berbagi

Pada Juni 2021 lalu, para ARMY Indonesia juga membuat penggalangan dana yang merayakan hadirnya kolaborasi BTS bersama Mc Donald’s yaitu BTS Meal serta dalam merayakan BTS Anniversary. Adapun donasi ini adalah untuk berbagi kepada driver ojek online.

Penggalangan dana ini sebagai bentuk apresiasi juga kepada driver ojek online yang telah mendedikasi waktunya dalam menunggu serta mengantarkan pesanan kepada para ARMY yang memesan BTS Meal. Adapun dana telah terkumpul sekitar Rp48.729.800 dari target donasi sekitar Rp50 juta.

 

Penulis: Natasa Kumalasah Putri

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya