Pernah Dipakai Idol K-Pop, 3 Motif Batik Ini Banyak Diburu

Oleh Tifani pada 05 Okt 2022, 07:00 WIB
Diperbarui 05 Okt 2022, 07:00 WIB
FOTO: Gaya Idol K-Pop yang Pernah Gunakan Batik, Keren Banget
Perbesar
Kwon Hyun Bin juga pernah gunakan batik saat menjadi cover majalah. Ia menghiasi cover majalah tersebut dengan batik lengan panjang dengan paduan celana hitam dan sepatu coklat. (Liputan6.com/IG/@komurola)

Liputan6.com, Yogyakarta - Batik merupakan salah satu warisan budaya tak benda Indonesia yang diakui oleh UNESCO pada tahun 2009 lalu. Pembuatan batik memerlukan proses pengerjaan yang cukup lama dan harus dilakukan dengan sangat detail, sehingga tak heran guratan motif pada kain batik dinilai sangat cantik.

Motif batik yang kompleks dan kaya akan makna filosofis, menjadikan batik banyak dilirik oleh para tokoh dunia. Bahkan tak hanya para tokoh politikus yang ketahuan menggunakan batik.

Para idol k-pop pun pernah tepergok bangga menggunakan batik khas Indonesia. Dikutip dari berbagai sumber.

Brikut sederet motif batik idol k-pop.

1. Batik Parang Sehun EXO

Sehun, salah satu anggota boyband EXO pernah terlihat menggunakan batif motif parang saat sedang promosi lagu Ko Ko Bop pada 2017 lalu. Sehun memakai kemeja dengan motif batik parang saat tampil di acara musik SBS Inkigayo.

Gara-gara Sehun, banyak fans yang mengunggah orang-orang Indonesia yang memakai kemeja batik serupa. Batik parang salah satu motif yang paling tua di Indonesia dan sudah ada sejak era keraton Mataram Kartasura.

Mataram Kartasura atau Kasunanan Kartasura yang kini lebih sering disebut Solo berdiri pada 1600-an. Motif batik ini diciptakan oleh pendiri Keraton Mataram dan jadi pedoman utama dalam menentukan derajat kebangsawanan seseorang.

Bahkan pada masa itu, motif parang hanya boleh dikenakan oleh raja dan keturunannya. Batik parang ini memiliki petuah untuk tidak pernah menyerah, ibarat ombak laut yang tak pernah berhenti bergerak. Batik Parang juga menggambarkan jalinan yang tidak pernah putus, baik dalam arti upaya untuk memperbaiki diri, upaya memperjuangkan kesejahteraan, maupun bentuk pertalian keluarga.

2. Batik Mega Mendung Leeteuk Super Junior

Leeteuk pernah membuat para fans Super Junior di Indonesia histeris. Sebab salah satu member boyband asal Korea ini menggugah potret dirinya tengah menggunakan kemeja batik.

Leeteuk menggenakan perpaduan kemeja batik motif megamendung berwarna merah dan jas batik berwarna biru. Rupanya pakaian yang digunakan Leeteuk dirancang olrg Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Batik motif megamendung merupakan motif batik yang berasal dari Cirebon, Jawa Barat. Batik Motif Mega Mendung melambangkan awan pembawa hujan sebagai lambang kesuburan dan pemberi kehidupan.

Motif batik ini memiliki sejarah yang berkaitan dengan kedatangan bangsa Tiongkok di Cirebon, yaitu Sunan Gunung Jati yang menikah dengan wanita Tionghoa bernama Ong Tie.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


3. Batik Benang Bintik Kai EXO

Kai anggota EXO terlihat menggunakan batik saat tampil di acara SBS Inkigayo. Pemilik nama asli Kim Jongin ini tertangkap kamera mengenakan kemeja batik cokelat.

Ia menggunakan motif batik benang bitnik yang dipadukan dengan outer berwarna hitam sehingga membuat Kai semakin memesona. Motif batik benang bitnik merupakan salah satu motif batik khas Suku Dayak, Kalimantan Tengah.

Motif Batik Benang Bintik, motif ini merupakan batang garing yang memiliki bentuk seperti mata tombak. Motif Benang Bintik bersumber pada kepercayaan dayak yang meyakini batang garing sebagai sumber segala kehidupan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya