Sukses

Rayakan Hari Batik, Berikut 11 Rekomendasi Toko Batik di Bandung

Kain batik biasanya dibuat dalam jenis pakaian ataupun rok yang cantik.

Liputan6.com, Bandung - Tanggal 2 Oktober 2022 kemarin, diperingati sebagai Hari Batik Nasional. Batik adalah karya seni rupa murni dua dimensi yang menjadi ikon khas Indonesia.

Motifnya yang beragam macam batik menjadi salah satu karya peninggalan budaya Indonesia yang terus dilestarikan sampai saat ini.

Kain batik biasanya dibuat dalam jenis pakaian ataupun rok yang cantik. Batik juga biasanya digunakan dalam acara yang formal maupun santai.

Banyak juga anak muda kini sering menggunakan rok batik modern sebagai bentuk pelestariannya dan menjadi mode fesyen yang menarik.

Untuk menemukan pakaian-pakaian batik yang dapat kamu gunakan, berikut adalah daftar rekomendasi toko Batik di Bandung:

1. Batik Keris

Batik Keris adalah salah satu brand batik yang terkenal di Indonesia. Berdiri sejak 1948, brand baju batik ini telah mempunyai banyak sekali cabang-cabang dan salah satunya di Bandung. Batik Keris mempunyai jenis pakaian beragam mulai dari bahan flanel, sifon, sutra, nilon, kain tenun dan masih banyak lagi.

Adapun alamat dari Batik Keris yang ada di Bandung yaitu di Trans Studio Mall (TSM) lantai 1#A170-178 Jl. Gatot Subroto No.289, Cibangkong, Kec. Batununggal, Kota Bandung. Buka setiap hari dari jam 10 pagi hingga 8 malam.

Kemudian cabang kedua ada di Mall Paris Van Java (PVJ) Lt Dasar GB-09, Jl. Sukajadi No.137-139, Cipedes, Sukajadi. Buka setiap hari dari jam 10 malam sampai 9 malam. Dan yang terakhir ada di Grand Yogya Kepatihan Jl. Kepatihan No.18, Balonggede, Kec. Regol, Kota Bandung. Buka setiap hari jam 10 pagi hingga 6 sore.

2. Rumah Batik Komar

Batik Komar adalah brand batik milik Komarudin Kudiya, dibuat sejak 1998. Batik ini mempunyai berbagai macam motif hingga terbuka untuk workshop, atau membuat desain disesuaikan.

Tempat ini mempunyai dua cabang di Bandung yaitu di Jl. Sumbawa No.22, Merdeka, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung. Serta di Jl. Cigadung Raya Timur No.1 No.5, Cigadung, Kec. Cibeunying Kaler, Kota Bandung. Buka setiap hari dari jam 9 pagi sampai 5 sore.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berikutnya

3. Batik & Resto Salma

Batik Salma adalah salah satu toko batik yang mempunyai berbagai macam batik tradisional hingga modern yang modelnya dibuat trendi serta eksklusif. Batik ini adalah batik berkualitas dari Desa Trusmi Cirebon.

Alamat dari toko batik ini ada di Jl. Citarum No.24, Cihapit, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung. Buka setiap hari dari jam 8 pagi hingga 9 malam.

4. Rumah Batik Cipaku

Rumah Batik Cipaku adalah salah satu toko yang menjual batik dengan konsep yang cantik dan tentunya nyaman. Menawarkan berbagai macam jenis kain serta motif yang beragam membuat toko batik ini dapat menjadi rekomendasi untuk kamu kunjungi.

Beralamatkan di Jl. Cipaku Indah I No.14, Ledeng, Kec. Cidadap, Kota Bandung. Toko ini buka setiap hari mulai jam 8 pagi hingga 6 sore.

5. Batik Danar Hadi Bandung

Batik ini adalah perusahaan batik yang ternama di Indonesia ditemukan sejak 1967. Hingga sekarang toko batik ini masih ada. Banyak dari kain hingga pakaiannya sangat eksklusif dan berkualitas tinggi.

Alamatnya ada di Jl. L. L. R.E. Martadinata No.60, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung. Buka setiap hari, untuk Senin sampai Jumat buka jam 9 pagi hingga 8 malam, sedangkan untuk akhir pekan buka setiap jam 10 pagi hingga 5 sore.

3 dari 4 halaman

Selanjutnya

6. Roemah Batik Toean Njonja

Roemah Batik Toean Njonja adalah toko batik warisan dari Anne Avantie, seorang desainer ternama di Indonesia yang bahkan membuat pakaian untuk ajang Putri Indonesia. Banyak model batik dan motifnya yang cantik menjadi kesukaan banyak orang.

Kamu dapat mengunjungi alamatnya di Jl. Sukajadi No.162-166, Pasteur, Kec. Sukajadi, Kota Bandung. Buka setiap hari dari jam 9 pagi hingga 8 malam.

7. Hasan Batik Bandung

Hasan Batik adalah toko batik yang menyediakan desain yang kontemporer dan eksklusif. Batik ini merupakan pelopor batik sejak 1978. Desain motifnya yang cantik menjadikan toko ini mempunyai khas tersendiri.

Beralamatkan di Jl. Cigadung Raya Timur No.136, Cigadung, Kec. Cibeunying Kaler, Kota Bandung. Toko ini buka setiap hari dari jam 8 pagi hingga 4 sore.

8. Batik Soga Bandung

Batik Soga merupakan toko batik yang memberikan penawaran berupa berbagai macam jenis kain hingga motif-motif batik yang khas dari Indonesia. Motif-motif tersebut dari berbagai daerah.

Alamatnya ada di 166th Avenue, Jl. Dr. Setiabudi No.166, RW.01, Gegerkalong, Kec. Sukasari, Kota Bandung. Buka setiap hari dari jam 8 pagi hingga 7 sore.

4 dari 4 halaman

Seterusnya

9. Manonjaya Batik

Batik Manonjaya adalah toko batik di Bandung yang mempunyai desain-desain eksklusif dan motif yang beragam. Manonjaya Batik sendiri di Bandung mempunyai dua cabang yaitu di Jalan Tamblong no. 64 serta di Jalan Sumatera no.17. Untuk di Jalan Sumatera. Toko ini buka setiap hari dari jam 10 pagi sampai 8 malam kecuali Minggu tutup jam 6 sore.

10. Toko Batik Kencana Ungu

Toko Batik Kencana Ungu adalah toko yang cukup terjangkau harganya dengan memberikan berbagai kombinasi motif. Adapun metodenya yang dijual yaitu metode tulis, printing, cap, hingga kombinasi.

Adapun alamatnya berada di Pasar Baru Lantai Dasar 1 Blok M-1 B no. 26, Jl. Otto Iskandar Dinata No.70, Kebon Jeruk, Andir, Bandung. Buka setiap hari dari jam 08.30 pagi hingga jam 5 sore, khusus untuk Kamis tutup jam 4 sore.

11. Omicraft & Batik

Omicraft & Batik adalah toko Batik yang menawarkan tidak hanya pakaian batik namun juga kain, craft, hingga aksesoris yang menarik dari berbagai daerah mereka tawarkan. Barang-barangnya juga langsung dibuat oleh pengrajin lokal nusantara.

Alamat dari Omicraft & Batik ini ada di Jl. Gatot Subroto No.42, Malabar, Kec. Lengkong, Kota Bandung. Buka setiap hari dari jam 9 pagi hingga 8 malam.

Penulis: Natasa Kumalasah Putri

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.