C20 Mampir Yogyakarta Sosialisasi Vaksin untuk Kelompok Rentan, Ini Alasannya

Oleh Tifani pada 01 Okt 2022, 11:30 WIB
Diperbarui 01 Okt 2022, 11:30 WIB
C20
Perbesar
Rombongan Civil 20 (C20) melakukan Summit People Caravan Roadshow bertema “Pelayanan Kesehatan bagi Kelompok Rentan, termasuk Akses Vaksin bagi Transgender dan Disabilitas” di Pendopo Parasamya, Kabupaten Sleman, Jumat (30/9/2022).

Liputan6.com, Yogyakarta - Rombongan Civil 20 (C20) melakukan Summit People Caravan Roadshow bertema “Pelayanan Kesehatan bagi Kelompok Rentan, termasuk Akses Vaksin bagi Transgender dan Disabilitas” di Pendopo Parasamya, Kabupaten Sleman, Jumat (30/9/2022). Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian walk to G20 yang akan dilaksanakan di Bali, tanggal 5-7 Oktober 2022.

Sesi bincang dan diskusi ini diisi Jenny Mikha dari Yayasan Kebaya Yogyakarta, Ngumar selaku Tokoh Agama TPKJM Godean, Sri Hascaryo dari kelompok Swabantu Ngudi Laras, Dinar Rizky dari Yakkum Emergency Unit, dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman Cahya Purnama. Para narasumber memaparkan inovasi dan bentuk kerja kolaboratif yang telah dilaksanakan untuk mempermudah pelayanan kesehatan bagi kelompok rentan.

“Akses vaksin untuk seluruh masyarakat menjadi salah satu isu yang kami bawa, terutama akses vaksin untuk masyarakat rentan,” ujar Astrid Simbolon selaku anggota C20 people caravan roadshow.

C20 People Caravan Roadshow ingin menggelar dikusi bersama masyarakat sipil apakah masyarakat rentan sudah dapat mengakses vaksin. Masyarakat high to risk yang dimaksud adalah penyandang disabilitas, ODGJ, pengidap HIV/AIDS dan yang lainnya.

C20 melalui People Caravan Roadshow mengunjungi berbagai daerah di Indonesia seperti Cirebon dan Yogyakarta. Tujuannya untuk menggelar diskusi dengan masyarakat sipil mengenai isu-isu yang menjadi fokus gelaran G20.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

Saksikan video pilihan berikut ini:


Masyarakat Sipil

C20 merupkan wadah organisasi masyarakat sipil dari seluruh dunia untuk terlibat dengan para pemerintah di G20 dalam menghadapi isu-isu krusial di dunia. Wadah ini menyatukan masyarakat sipil untuk memberikan pengaruh pada G20.

Anggota C20 berperan sebagai penghubung antara masyarakat sipil dengan para pembuat kebijakan di G20 agar suara masyarakat tersampaikan secara lebih efektif. Civil 20 bertujuan mendengar suara publik, sehingga menjadikan Pertemuan G20 bersifat lebih inklusif untuk memperoleh dukungan yang lebih luas terhadap kerja sama G20.

Agung prakoso selaku Koordinator Working Group Vaccine Access and Global Health Civil 20 menjelaskan Yogyakarta dipilih menjadi salah satu tujuan karena memiliki basis anggota Civil 20 terbayak.

“Kami juga tau di Yogyakarta juga terdapat bebrapa lembaga yang selama ini melakukan pendampingan-pendampingan untuk teman-teman disabilitas agar dapat mengakses layanan kesehatan, termasuk vaksinasi,” kata Agung.

Agung juga menjelaskan dalam Caravan Roadshow, akan ditunjukkan kerja dan praktek yang sudah dilakukan melalui kerja kolaboratif dari berbagai stakeholder di lapisan masyarakat sipil dan pemerintahan terkait akses vaksin. Serta berbagai layanan kesehatan yang sudah dilakukan khususnya di Sleman dan Yogyakarta.

Rombongan Civil 20 People Caravan Roadshow melakukan beberapa kegiatan selama di Yogyakarta. Mulai dari mengunjungi bengkel kursi roda untuk penyandang disabilitas, berdikusi tentang masalah gender dan akses vaksin, lalu mengunjungi desa Sidoluhur untuk melihat peran organisasi masyarakat sipil dalam masalah kesehatan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya