Jadi Pemicu KDRT, Kenali Deretan Tanda Perubahan Pasangan Selingkuh

Oleh Huyogo Simbolon pada 02 Okt 2022, 10:00 WIB
Diperbarui 02 Okt 2022, 10:00 WIB
Ilustrasi
Perbesar
Jangan risau dan takut suami akan berpaling atau selingkuh, karena kamu sebagai istri cukup melakukan hal ini saja! Yuk, coba lakukan!

Liputan6.com, Bandung - Maraknya pemberitaan soal kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT), tak terkecuali yang berujung pada hilangnya nyawa seharusnya menjadi pengingat berharga bagi kita semua betapa kekerasan dalam pernikahan bukanlah hal yang sepele. Korban KDRT didominasi perempuan walaupun kekerasan juga dialami laki-laki.

Perselingkuhan juga dikategorikan sebagai salah satu bentuk KDRT. Saat suami atau istri berselingkuh, kebahagiaan dan kesejahteraan hidup anak-anak dan pasangan sahnya cenderung terabaikan. Dampak selingkuh tidak hanya soal terancamnya keharmonisan keluarga, tapi juga terganggunya kondisi psikologis pasangan yang menjadi korban perselingkuhan.

Adanya orang ketiga membuat sebuah hubungan tidak nyaman.  Situasi itu memunculkan rasa khawatir akan kehilangan sosok orang yang dianggap bisa memberi kenyamanan. Tidak menutup kemungkinan memicu seseorang untuk berbuat nekat demi mempertahankan orang tersebut. 

Pakar hubungan Robert Weiss pernah mengungkap bahwa kasus KDRT bisa terkait dengan perselingkuhan. Kekerasan itu bisa saja secara fisik, verbal, maupun sikap menelantarkan.

Robert Weiss juga mencontohkan bisa saja pasangan yang selingkuh melakukan kekerasan fisik supaya terlihat marah agar dipercaya pasangan. Ada juga pasangan yang bersikap "sibuk" padahal selingkuh.

Agar tidak salah langkah, berikut enam tanda pasangan selingkuh yang dapat Anda perhatikan agar tidak terjebak dalam lingkaran kebohongan seperti dilansir dari situs Allwomenstalk.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


1. Penampilan

ilustrasi pasangan selingkuh/pexels
Perbesar
ilustrasi pasangan selingkuh/pexels

Anda dapat melihat pasangan Anda selingkuh dari perubahan penampilan pada dirinya. Jika suami atau kekasih Anda biasanya tidak pernah berdiri di depan cermin selama berjam-jam, kini ia mulai terlihat memperhatikan penampilannya. Seperti gaya busana sampai wewangian yang berlebihan. Hal ini menjadi salah satu tanda ia sedang terlibat hubungan dengan wanita lain.

2. Memulai pertengkaran

Di saat Anda dan pasangan berdiskusi, pasangan memicu pertengkaran dengan ucapan yang sensitif. Sehingga hubungan Anda menjadi tidak nyaman dan tidak harmonis lagi.

3. Candu internet

Saat berada di rumah, suami Anda tidak pernah beranjak dari depan laptop atau ponsel sepanjang hari. Ia terlihat asyik berselancar di dunia maya. Mungkin ia akan beralasan karena urusan pekerjaan, namun sampai lupa dengan kegiatan lainnya dan hal itu tidak wajar.


Berikutnya

Selingkuh
Perbesar
Ilustrasi selingkuh. /copyright shutterstock.com

4. Telepon rahasia

Anda sering mendapati pasangan menerima telepon secara diam-diam? Atau menjauh dari Anda saat ponselnya berbunyi? Hal ini menjadi salah satu tanda pasangan selingkuh. Anda dapat menanyakan secara langsung dengan siapa dia berbicara dan kenapa harus terkesan sembunyi-sembunyi.

5. Tagihan bank

Saat Anda mendapatkan tagihan bank yang membengkak dari rekening sang suami, cobalah untuk menanyakan keperluan apa saja yang ia beli. Hal ini bisa menjadi indikasi pasangan Anda sedang berselingkuh.

6. Menuduh Anda selingkuh

Tanda lain pasangan selingkuh adalah menuduh Anda melakukannya. Biasanya hal ini terjadi karena ia merasa bersalah dengan hal tersebut sehingga untuk menutupinya dan berusaha terlihat sebagai pihak yang disakiti. Mereka secara tiba-tiba akan berubah mesra pada Anda untuk menutupi rasa bersalahnya.


Infografis

Infografis 7 Gelagat Pria Ketika Selingkuh via Ponsel
Perbesar
Infografis 7 Gelagat Pria Ketika Selingkuh via Ponsel. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya