Sukses

Rekor, KAI Sumut Sosialisasi Keselamatan di 77 Perlintasan Sebidang Serentak

Sebagai upaya menekan angka kecelakaan dan mengedukasi masyarakat agar tertib berlalu lintas saat di pelintasan sebidang, PT Kereta API Indonesia Divisi Regional I Sumatera Utara (Divre I Sumut) sosialisasi keselamatan serentak di 77 titik.

Liputan6.com, Medan Sebagai upaya menekan angka kecelakaan dan mengedukasi masyarakat agar tertib berlalu lintas saat di perlintasan sebidang, PT Kereta API Indonesia Divisi Regional I Sumatera Utara (PT KAI Divre I Sumut) sosialisasi keselamatan serentak di 77 titik.

Vice President PT KAI Divre I Sumut, Yuskal Setiawan selaku mengatakan, sosialisasi dilakukan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 PT KAI, sekaligus Hari Perhubungan Nasional yang diperingati September setiap tahunnya.

"Maka, PT KAI Divre I Sumut melakukan kosialisasi keselamatan serentak di 77 titik perlintasan wilayah kerja kita," kata Yuskal, Jumat (30/9/2022).

Adapun 77 titik perlintasan sebidang di wilayah PT KAI Divre I Sumut yang menjadi lokasi sosialisasi keselamatan tersebar di beberapa kota dan kabupaten, seperti Medan, Deli Serdang, Serdang Bedagai, Tebing Tinggi, Simalungun, Siantar, Batu Bara, Asahan, Tanjung Balai, Labuhanbatu Utara, dan Binjai.

"Dikatakan serentak, karena sosialisasi keselamatan ini dalam satu waktu yang sama, yakni pukul 09.00 WIB di 77 perlintasan sebidang," terang Yuskal.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kerahkan Ratusan Pekerja

Dalam pelaksanaan sosialisasi di 77 titik lokasi perlintasan ini, PT KAI Divre I Sumut mengerahkan 350 pekerja dari berbagai unit dan jabatan, serta turut mengundang Direktorat Keselamatan Perkeretaapian, Balai Teknik Perkeretaapian Sumatera Bagian Utara, Dinas Provinsi Sumut, Dinas Perhubungan Kota/Kabupaten, Kepolisian, dan TNI.

Diterangkan Yuskal, sosialisasi keselamatan di perlintasan sebidang yang mencapai 77 titik dalam waktu serentak ini memang belum pernah dilakukan sebelumnya di wilayah lain, dan rekor angka ini akan dicatatkan oleh Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

"Tajuk rekor adalah sosialisasi keselamatan di lintasan sebidang kereta api serentak di lokasi terbanyak," terangnya.

3 dari 4 halaman

Tak Sekadar Rekor

Sosialisasi keselamatan kepada masyarakat dan pengguna jalan di sekitar pelintasan sebidang bukan kali pertama ini dilakukan. Hampir setiap bulan, PT KAI Divre I Sumut melaksanakan di lokasi perlintasan sebidang yang berbeda-beda.

Namun pada momentum HUT ke-77 PT KAI ini ingin menjangkau lebih banyak lagi, yakni di 77 pelintasan sebidang secara serentak. Bukan hanya sekadar rekor, tapi juga mampu meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menaati aturan lalu lintas di perlintasan sebidang.

"Sesuai tema HUT tahun ini, yaitu bangkit lebih cepat melayani lebih baik," sebut Yuskal.

4 dari 4 halaman

Total Perlintasan Sebidang

Perlintasan sebidang merupakan perpotongan antara jalur kereta api dan jalan yang dibuat sebidang. Banyaknya perlintasan sebidang di sepanjang rel dikarenakan meningkatnya mobilitas masyarakat pengguna kendaraan yang harus melintas atau berpotongan langsung dengan jalan kereta api.

Hal tersebut juga menjadikan perlintasan sebidang sebagai salah satu titik rawan kecelakaan. Di wilayah PT KAI Divre I Sumut, tercatat ada 96 perlintasan sebidang berpalang dan 232 tidak berpalang.

Diharapkan melalui sosialisasi keselamatan ini, masyarakat dapat semakin disiplin saat melintas di perlintasan sebidang, mengutamakan perjalanan kereta api saat palang pintu perlintasan sudah tertutup dan sirine dibunyikan.

"Serta selalu berhenti tengok kanan kiri aman jalan," Yuskal menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.