Sukses

Melihat Serunya SKJ Bareng Menpora di Kota Makassar

Senam Kebugaran Jasmani bersama Zainudin Amali itu digelar bekerja sama dengan Universitas Negeri Makassar yang diselenggarakan di Pelataran Menara Pinisi UNM

Liputan6.com, Makassar - Setalah melaunching Gerakan 1.000.000 Senam Kebugaran Jasmani (SKJ) bagi Pelajar di Gelora Bung Karno beberapa waktu lalu, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali pun kini berkeliling ke berbagai provinsi untuk menggalakkan kegiatan tersebut.

Terbaru, kegiatan Senam Kebugaran Jasmani bersama Zainudin Amali itu digelar bekerja sama dengan Universitas Negeri Makassar yang diselenggarakan di Pelataran Menara Pinisi UNM dan diikuti oleh ribuan tenaga pendidik, mahasiswa, hingga pelajar pada Jumat (30/9/2022). 

"Jadi ini adalah kelanjutan dari setelah saya launching SKJ yang diikuti oleh 1 juta orang tiga minggu yang lalu, maka saya keliling ke berbagai provinsi," kata Zainudin di Makassar, Jumat (30/9/2022). 

Dia menjelaskan bahwa nantinya kegiatan ini akan kembali digalakkan di seluruh sekolah dan instansi pemerintah. Pasalnya SKJ sebelumnya pernah menjadi suatu kegiatan wajib namun kini hilang tergerus zaman. 

"Kita sosialisasikan senam ini terutama di kalangan pelajar. Kan kita dulu punya tapi kemudian hilang. Semua instansi pemerintah di tingkat pusat, provinsi kemudian kabupaten dan kota kita lakukan lagi," ucapnya. 

Zainudin bahkan mengaku bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian terkait pengaktifan kembali SKJ di sekolah dan instansi pemerintah. 

 

“Saya sudah bicara dengan Pak Mendagri karena SMA itu kan di Provinsi, kemudian SMP dan SD di Kabupaten dan Kota. Ini sudah disampaikan ke para wali kota akan digerakkan lagi di sekolah-sekolah sebelum masuk pelajaran kita senam dulu supaya anak-anak kita menjadi bugar," ucapnya. 

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemkot Parepare akan Wajibkan SKJ

Sementara itu, Wali Kota Parepare Taufan Pawe yang juga turut hadir dalam kegiatan tersebut menyambut baik kegiatan SKJ yang kembali digalakkan oleh Kemenpora. Dia pun berjanji akan mulai kembali mengajak para pelajar dan stakeholder terkait untuk melakukan SKJ setiap Jumat pagi. 

"Jadi saya berpikir bahwa kebijakan ini bersifat linear dari pemerintah pusat melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga, kami di daerah-daerah ini termasuk semua stakeholder harus aktif giat melaksanakan senam ini," kata Taufan Pawe. 

Apalagi, lanjutnya, SKJ merupakan kegiatan yang sangat positif untuk menjaga kebugaran dan kesehatan masyarakat. Oleh sebab itu menurut Wali Kota Parepare dua periode itu, SKJ harus kembali menjadi rutinitas para pelajar demi masa depan generasi muda yang sehat. 

"Karena senam ini seperti yang kita ketahui tadi itu adalah untuk menguatkan anak bangsa ini, itu tidak bisa dipungkiri. Anak-anak kita di sekolah dasar dan sekolah menengah pertama adalah harapan kita di masa depan, maka sekarang kita sehatkan melalui senam ini," dia memungkasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.