Tak Hanya Bersepeda, 'Gowes Sulbar to IKN' Bentuk Dukungan Pembangunan Ibu Kota Nusantara

Oleh Abdul Rajab Umar pada 30 Sep 2022, 08:40 WIB
Diperbarui 30 Sep 2022, 08:40 WIB
ISSI Sulbar
Perbesar
Ketua ISSI Sulbar Muhammad Idris melepas peserta 'Gowes Sulbar to IKN' (Foto: Liputan6.com/Abdul Rajab Umar)

Liputan6.com, Mamuju - Ikatan Sepeda Sport Indonesia Sulawesi Barat (ISSI Sulbar) memulai tour mereka yang bertajuk 'Gowes Sulbar to IKN'. Kurang lebih 57 peserta tour itu dilepas untuk bersepeda ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang baru di depan Kantor Gubernur Sulbar, Jumat (30/09/22).

Ketua ISSI Sulbar, Muhammad Idris mengatakan, tour 'Gowes Sulbar to IKN' bukan hanya sekedar bersepeda, namun sebagai bentuk dukungan dalam pembangunan IKN. Dia yang juga menjabat Sekprov Sulbar menambahkan, mendukung IKN sudah menjadi keharusan bagi provinsi ke-33 itu.

"Karena itu kami dari ISSI Sulbar bersama dengan berbagai pihak dari sejumlah komunitas dan pengurus ISSI kabupaten ikut terlibat di dalam tour ini," kata Idris kepada wartawan.

Idris menambahkan, tour ini juga menjadi ajang silaturahmi dengan pengurus ISSI yang ada di Kalimantan Timur (Kaltim). Yang paling utama dalam tour ini adalah membangun kerjasama ekonomi yang ke depannya akan menguntungkan dan memberi dampak perkembangan ekonomi bagi Sulbar.

"Sekali lagi silaturahmi itukan banyak pembicaraan di dalamnya, sepeda ini hanya instrumen saja untuk mendorong bagaimana kebiasaan kita membangun komunikasi dengan sejumlah user yang akan menjadi pemain utama dalam mewujudkan IKN," ujar Idris.

Sekertaris ISSI Sulbar, Adi Jumardin menambahkan, tour 'Gowes Sulbar to IKN' masuk dalam cycling for all kategori hobi. Dia menegaskan, tour ini untuk semua kalangan yang ingin berpartisipasi tidak terbatas pada kalangan tertentu saja, karena mereka mengundang sejumlah komunitas dan pecinta sepeda.

"ISSI ini juga bukan semata untuk prestasi, tapi juga olahraga rekreasi dan pembudayaan olahraga,bagaimana mengajak masyarakat untuk berolahraga. Disana juga kita ada sharing session dengan ISSI Kaltim untuk peningkatan prestasi," jelas Adi.

Untuk peserta tour 'Gowes Sulbar to IKN' kurang lebih 150 orang, dimana peserta dari Sulbar sebanyak 57 orang selebihnya dari ISSI Kaltim. Setelah pelepasan di Mamuju tour akan dilanjutkan setelah sampai di Kaltim pada 2 Oktober 2022, tepatnya tour dilanjutkan dari kilometer 24 ke Titik Nol IKN.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya