Kisah Mistis Legenda Urban Mbak Yayuk Penunggu Kampus Terkemuka di Yogyakarta

Oleh Switzy Sabandar pada 30 Sep 2022, 02:30 WIB
Diperbarui 30 Sep 2022, 02:30 WIB
Bangunan Angker
Perbesar
Ilustrasi bangunan angker (Liputan6.com / Edhie Prayitno Ige)

Liputan6.com, Yogyakarta - Kisah mistis inilah yang berkembang di salah satu universitas di Yogyakarta. Meski demikian, memang tak hanya kampus yang memiliki sisi misterinya, melainkan hampir semua tempat.

Kampus yang memiliki legenda urban tersebut adalah salah satu perguruan tinggi negeri di Yogyakarta. Kisah 'Mbak Yayuk', hantu mahasiswi yang sering muncul di gedung salah satu fakultasnya. 

Kisah mistis ini sudah menjadi rahasia umum di kalangan kampus hingga luar kampus. Tidak jelas sejak kapan legenda urban ini beredar, tapi yang jelas kisah ini menyebar dari mulut ke mulut.

Banyak mahasiswa perguruan tinggi ngeri itu yang menceritakan pengalamannya bertemu dengan sosok Mbak Yayuk. Bahkan, sosok Mbak Yayuk ini sering tertangkap kamera CCTV yang ada di sekitar kampus.

Menurut kabar yang beredar, kisah Mbak Yayuk berhubungan dengan proses pengerjaan skripsi. Diceritakan, Mbak Yayuk merupakan mahasiswi angkatan lama.

Suatu hari, ketika ia dalam proses mengajukan skripsi, ia mendapatkan penolakan judul skipsi oleh dosen pembimbingnya. Hal itu pun memunculkan rasa kekecewaan yang mendalam bagi Mbak Yayuk.

Tak disangka, kekecewaan itu membawa Mbak Yayuk mengakhiri hidupnya sendiri dengan cara bunuh diri. Cerita tersebut dipercayai sebagai suatu penyebab mengapa sosok Mbak Yayuk masih 'kuliah' hingga saat ini.

Beberapa sumber mengatakan, Mbak Yayuk sering muncul di sekitar koridor lantai tiga gedung. Sosoknya tak menyeramkan, hanya seperti mahasiswi biasa, tetapi dengan gaya penampilan yang lawas.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya