Ratusan Sapi di Sulteng Terjangkit PMK, Gorontalo Perketat Akses di Perbatasan

Oleh Arfandi Ibrahim pada 29 Sep 2022, 11:00 WIB
Diperbarui 29 Sep 2022, 11:00 WIB
Pengawasan PMK
Perbesar
Polda Gorontalo dan Dinas terkait menjaga perbatasan Gorontalo dan Sulawesi Tengah (Arfandi/Liputan6.com)

Liputan6.com, Gorontalo - Ratusan sapi di Kabupaten Morowali dan Morowali Utara, Sulawesi Tengah, terkonfirmasi positif terjangkit Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Otoritas Veteriner Sulteng bahkan mencatat, hingga 22 September sebanyak 168 sapi dinyatakan positif PMK. Temuan itu berdasarkan hasil pemeriksaan sampel yang dilakukan di Laboratorium di Makassar.

Dengan temuan tersebut, jalur masuk perbatasan Gorontalo dijaga ketat. Satu per satu kendaraan yang mengangkut ternak dari luar Gorontalo diperiksa secara teliti oleh pihak kepolisian dan dinas terkait.

Kapolda Gorontalo Irjen Pol Helmy Santika menekankan kepada jajarannya untuk mengantisipasi penyebaran PMK. Sebab, hingga kini belum ada satu pun kasus PMK yang ditemukan di Gorontalo.

“Sampai dengan saat ini, belum ada laporan wabah PMK di Provinsi Gorontalo, namun demikian di beberapa wilayah kabupaten di Provinsi Sulawesi Tengah sudah ada hewan ternak yang terjangkit," kata Irjen Pol. Helmy  

"Oleh karena itu, saya tegaskan perkuat pengawasan di pintu masuk perbatasan  dan koordinasikan dengan pemda dan dinas terkait,” tegasnya, Senin (26/9/2022)

Jenderal bintang dua itu mengatakan, penyebaran wabah PMK hampir sama dengan Covid-19 begitu juga cara penanganannya.

“Melaksanakan desinfeksi untuk hewan. Apabila hasil testing dinyatakan terkonfirmasi PMK, agar ini semua dikoordinasikan dengan dinas terkait untuk diantisipasi,” tuturnya.

Selain itu Kapolda Helmy juga memerintahkan jajaran Polres untuk segera membentuk posko-posko guna penanganan PMK ini. Polda Gorontalo juga sudah membentuk Satuan Tugas (Satgas) Penanganan PMK.

“Silakan baik Polda maupun Polres buat posko-posko untuk memantau penanganan PMK ini, lakukan pengecekan dikandang libatkan bhabinkamtibmas beserta tiga pilar lainnya," ia menandaskan.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

Simak juga video pilihan berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya