6 Rekomendasi Tempat Makan Pisang Ijo Makassar yang Segar

Oleh Switzy Sabandar pada 27 Sep 2022, 12:00 WIB
Diperbarui 27 Sep 2022, 12:00 WIB
es pisang ijo
Perbesar
Ilustrasi es pisang ijo./Copyright shutterstock.com

Liputan6.com, Makassar - Pisang ijo atau es pisang ijo merupakan kuliner khas Makassar, Sulawesi Selatan. Sesuai namanya, sajian ini berbahan dasar pisang yang dibalut dengan adonan tepung berwarna hijau.

Adonan tepung tersebut terbuat dari tepung, air, dan pewarna hijau yang berasal dari campuran air dengan daun suji atau pandan. Adonan tersebut kemudian dimasak dengan cara dikukus di dandang.

Cara penyajiannya pun cukup sederhana, yakni pisang ijo dipotong-potong bulat, lalu ditambah es serut dan bubur sumsum. Terakhir, guyuran sirup merah dan susu kental manis menjadi pelengkap kesegaran es ini.

Kuliner Makassar ini sering ditemui ketika bulan ramadan tiba. Pisang ijo merupakan salah satu menu buka puasa favorit warga Makassar.

Namun, pisang ijo juga bisa dinikmati di bulan-bulan lain. Saat siang hari atau saat sedang bersantai di sore hari merupakan waktu yang tepat untuk menyantap kesegaran es pisang ijo ini.

Jika kamu sedang berjalan-jalan ke Makassar, kuliner yang satu ini wajib dicicipi. Berikut beberapa rekomendasi tempat makan es pisang ijo Makassar:

1. Warung Bravo

Rekomendasi yang pertama adalah Warung Bravo. Warung ini berlokasi di Jalan Andalas No 254, Parang Layang, Kecamatan Makassar, Kota Makassar.

Buka dari pukul 8 pagi sampai 10 malam, kamu bisa menikmati seporsi es pisang ijo seharga Rp22.500. Selain pisang ijo, warung ini juga menjual nasi campur, gado-gado, rawon, nyuk nyang baso, dan lainnya.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


2. Rumah Makan Muda Mudi

Rekomendasi selanjutnya adalah Rumah Makan Muda Mudi. Kamu bisa berkunjung ke Jalan Rusa No 45 A, Maricaya, Kecamatan Makassar, Kota Makassar, untuk dapat menikmati pisang ijo ala Rumah Makan Muda Mudi.

Rumah Makan Muda Mudi buka mulai pukul 9 pagi hingga 9 malam. Rumah Makan Muda Mudi juga menyajikan menu makanan lain, seperti otak-otak, mie titi, sop buntut, dan lainnya.

3. Kios La Galigo

Kios Laga Ligo berlokasi di Jalan Pengayoman No 18, Makassar. Tak hanya menyajikan es pisang ijo, kios ini juga menjual es pallubutung, es teler, es sarang burung, es campur, kopi, cokelat, dan lainnya.

Soal makanan, kios ini juga memiliki deretan menu yang mengenyangkan, seperti mie pangsit lagaligo, siomay, mie ayam lagaligo, bubur ayam, nasi goreng merah, nasi campur, dan lainnya.

Seporsi es pisang ijo dibanderol harga Rp 20.000 saja. Kios ini buka mulai pukul 10 pagi hingga 10 malam.

 


4. Pisang Ijo Amanda

Saat berkunjung ke Makassar, kamu bisa menikmati sajian Pisang Ijo Amanda di beberapa lokasi. Salah satunya di Pasar Segar Pengayoman, Blok KBD No 21, Makassar, Pandang, Panakkukang.

Tempatnya cukup nyaman dan tenang. Cocok dijadikan tempat berkumpul bersama keluarga, sahabat, atau pasangan.

5. Warung Raja Pisang Ijo

Warung ini terletak di Jalan Daeng Tata Raya, Parang Tambung, Kota Makassar. Warung ini buka setiap hari dari pukul 10 pagi hingga 6 sore.

Selain es pisang ijo, di sini juga menjajakan es teler. Menurut masyarakat, harga es pisang ijo di sini pun tidak mahal dan pas di kantong.

6. Mama Toko Kue & Es Krim

Selain roti dan es krim, Café Mama juga menyediakan hidangan es pisang ijo yang menyegarkan. Semangkuk kenikmatan es ini bisa kamu peroleh dengan harga sekitar Rp 18.000.

Selain pisang ijo, roti, dan es krim, kamu juga bisa menikmati sajian lainnya, seperti kue-kue tradisional, aneka es, bubur manado, dan lainnya. Kafe ini berlokasi di Jalan Serui No. 15, Pattunuang, Wajo, Makassar.

(Resla Aknaita Chak)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya