Sukses

Rajai APRC 2022 Danau Toba, Rifat Sungkar: Balapan Bukan Hanya Kencang, Nasib Juga

Rifat Sungkar berhasil menjadi juara Asia Pasific Rally Championship (APRC) 2022 Danau Toba. Reli digelar di Hutan Taman Industri Sektor Aek Nauli, Parapat, Simalungun, Sumatera Utara (Sumut), 23 hingga 25 September 2022.

Liputan6.com, Simalungun Rifat Sungkar merajai Asia Pasific Rally Championship (APRC) 2022 Danau Toba. Reli digelar di Hutan Taman Industri Sektor Aek Nauli, Parapat, Simalungun, Sumatera Utara (Sumut), 23 hingga 25 September 2022.

Pereli Mitsubishi Xpander Rally Team yang naik podium bersama co-driver, Benjamin Searcy, mengucapkan terima kasih kepada pembalap-pembalap muda yang ikut reli, terkhusus pembalap Team Jagonya Ayam, Sean Gelael.

Menurut Rifat, Sean bisa menunjukan atlet muda Indonesia ternyata sebetulnya lebih kencang dari senior. Tapi yang harus diketahui oleh semuanya, bahwa dalam balapan bukan hanya soal kencang saja yang harus diperhatikan, tapi nasibnya juga.

"Apresiasi sekali kepada Sean yang luar biasa hebat. Yang hebat juga, mohon maaf kepada yang muda-muda, sebab yang tua-tua ada di atas (podium). Jadi, besok-besok kami semua dikejar dari belakang," kata Rifat dari atas podium di Terminal Sosor Saba, Parapat, Minggu, 25 September 2022.

Rifat Sungkar juga mengucapkan terima kasih kepada semuanya yang terlibat dalam menyukseskan acara reli, tekhusus kepada tim. Bagi Rifat, dirinya tidak akan ada apa-apanya dalam reli, hanya bagian kecil.

"Saya hanay tiga pedal dan satu stir. Tapi, dalam tim ini ada sekitar 20 orang yang kerja keras. Ini adalah hal yang luar biasa," ucapnya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Pecahkan Rekor

Rifat juga menyinggung pernyataan Sean Gelael yang menyatakan bahwa mission imposible to possible. Sebab, mobil yang dikendarainya dalam reli APRC 2022 Danau Toba adalah mobil yang memecahkan rekor APRC sepanjang masa.

Hal itu dikarenakan mobil Mitshubishi yang dikendarainya berukuran besar. Artinya, Indonesia akan lebih mendunia berkat ide-ide gila, sehingga bisa dipandang dunia dengan prestasi internasional.

"Next time, mobil-mobil lain bisa ikutan. Terima kasih kepada Tim Mitsubishi yang mendukung, dan terima kasih kepada semua yang hadir," sebutnya.

3 dari 6 halaman

Sampaikan Strategi

Sebelumnya Rifat Sungkar menyampaikan strategi yang dipakainya dalam reli adu cepat di APRC 2022 Danau Toba. "Kita mapping dulu di atas seperti apa, pesaing di bawah bagaimana. Di situ kita bisa tahu kapan harus kencang dan harus lepas,” ungkapnya.

Sebagai pemenang, Rifat memberi tips kepada para pereli muda untuk terus memperbanyak pengalaman atau jam terbang. Karena dengan jam terbang, pereli muda juga akan bisa menentukan strategi apa yang dipakai.

"Terkadang pola pikirnya bagaimana, cara nyetir kenceng sampai menang aja, tapi enggak tahu strategi," katanya.

4 dari 6 halaman

Nikmati Semua Lintasan

Rifat Sungkar mengaku menikmati semua lintasan di APRC 2022, meskipun lintasan di Aek Nauli cukup kasar. Namun begitu, Rifat mengaku trek di Danau Toba layak untuk perhelatan World Rally Championship (WRC).

"Saran saya ke panitia, ke depan buat reli lebih komplek, kalau bisa jangan hanya Jumat sampai Sabtu, tapi Rabu sampai Minggu. Jadi peserta bisa memanfaatkan waktu lebih produktif," tandasnya.

5 dari 6 halaman

Tercepat di APRC 2022

Federation Internationale de I’Automobile (FIA) Steward mengumumkan Rifat Sungkar menjadi juara APRC 2022 Danau Toba. Sedangkan Musa Rajekshah sebagai peringkat kedua.

Pereli Mitsubishi Xpander Rally Team, Rifat Sungkar, bersama co-driver, Benjamin Searcy, merajai APRC Danau Toba dengan total waktu SS1 hingga SS12 02:02:24.1. Sementara Musa Rajekshah dengan co-driver Hervian Soejono dari Bla Bla Bla Motorsport tercepat kedua, dengan waktu 02:04:13.0.

Posisi ketiga disusul pereli dari Team Jagonya Ayam Motorsport, Ricardo Galael bersama co-driver Rony Maroun dengan total waktu 02:12:33.0, disusul Atuy Faturahman bersama co-driver Achmad Faisal dengan total waktu 02:13:19.1.

6 dari 6 halaman

Sean Gelael Gagal Finish

Empat peserta lainnya tidak menyelesaikan balapan hingga SS 12 yang digelar di lintasan Hutan Tanaman Industri Sektor Nauli, Parapat, termasuk Sean Gelael yang sebelumnya menjadi juara di Danau Toba Kejurnas 2021 dan Ryan Nirwan juara Kejurnas Danau Toba Agustsu 2022 lalu.

Musa Rajekshah mengungkapkan rasa syukur atas perolehan waktu tercepat di APRC kali ini. Dengan menunggangi mobil barunya, Skoda Fabia, Ijeck, sapaan akrabnya, dapat mendominasi catatan waktu di setiap SS dan keluar sebagai runner-up tercepat.

"Alhamdulillah senang. Selama ini mobil aman dan tidak ada masalah," ucap pria yang menjabat sebagai Wakil Gubernur Sumut itu saat diwawancarai wartawan di garis finish.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.