Sukses

7 Hamparan Hijau di Jawa Barat yang Cocok Dikunjungi untuk Hilangkan Penat

Tidak hanya kebun teh yang membentang luas, kawasan ini pun menjadi objek wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Liputan6.com, Bandung - Daun teh atau dalam Bahasa Latin Camellia sinensis merupakan salah satu komoditas strategis di Jawa Barat. Tak heran jika provinsi di ujung Pulau Jawa ini memiliki hamparan hijau khas perkebunan teh.

Tidak hanya kebun teh yang membentang luas, kawasan ini pun menjadi objek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Dengan dominasi warna hijau yang membentang luas, ditambah dengan udara yang sejuk akan membuat siapapun betah berlama-lama menikmati suasana kebun teh untuk melepas penat dari hiruk pikuknya kota.

Dalam buku Semerbak Bunga di Bandung Raya karya Haryoto Kunto, diceritakan tentang sejarah Jawa Barat yang pada zaman kolonial Hindia Belanda dan diterapkannya cultuurstelsel. Adapun wilayah Jawa barat dipaksa untuk menanam teh dan kopi.

Nah, berikut adalah beberapa daftar kebun teh yang dihiasi dengan panorama nan eksotis di Jawa Barat versi Liputan6.com. Selamat menyimak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Kebun Teh Pangalengan

Salah satu daerah di Jawa Barat, terutama di Bandung selatan yang terkenal dengan hamparan kebun tehnya adalah Pangalengan. Kawasan Pangalengan adalah salah satu wilayah Bandung berjarak sekitar 48 km dari Kota Bandung, yang menyimpan potensi alam seperti panas bumi yang bisa digunakan untuk listrik dan potensi alam yang sangat indah sebagai tujuan wisata Jawa Barat.

Salah satu tujuan wisata alam yang sangat populer saat ini adalah Puncak Cukul Sunrise Point. Di sini, pengunjung bisa melihat matahari terbit menyembul di balik Gunung Wayang pada pagi hari dan di siang hari pengunjung bisa menikmati hijaunya kebun teh yang berada di bawahnya terbentang jalan berkelok yang yang indah berserta semilirnya angin sejuk sepoi-sepoi.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Official Sunrise Point Cukul (@sunrisepointcukul)

Di Puncak Cukul sendiri, pengunjung bisa melakukan aktivitas seperti hiking, jalan-jalan, berfoto, bahkan tempat ini juga sangat cocok untuk kegiatan kemah atau camping.

3 dari 8 halaman

2. Pesona Padawaas

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Diva Ardila (@divardila)

Kawasan Pangalengan memang memiliki sejumlah spot pemandangan kebun teh. Selain Puncak Cukul, tempat lainnya yang menjadi favorit wisata kebun teh di kawasan ini adalah Pesona Padaawas.

Berlokasi di Wanasari, Pangalengan, Pesona Padawaas merupakan destinasi wisata kebun teh yang sering dijadikan sebagai spot wisata keluarga ataupun sekedar tempat untuk melepas penat dari aktivitas sehari-hari.

Wisata kebun teh Pangalengan ini tentunya memiliki daya tarik yang beragam seperti hamparan kebun teh yang luas, jembatan kayu yang bisa digunakan untuk berfoto, sunset dan sunrise, hingga bersantai di gazebo yang telah disediakan.

4 dari 8 halaman

3. Kebun Teh Rancabali

Selain di Pangalengan, kawasan kebun teh terkenal lainnya di kawasan Bandung selatan adalah Ciwidey. Lokasi tepatnya berada di Rancabali yang merupakan salah satu wisata kebun teh terbaik di wilayah Jawa Barat, tepatnya di kawasan Patengan.

Kebun Teh Rancabali ini telah dikembangkan sejak 1870 saat zaman penjajahan Belanda. Oleh karena itu, Kebun teh Rancabali memang sudah dikenal dengan penghasil teh berkualitas tinggi. Sehingga daun teh yang berasal dari Kebun Teh Rancabali ini disukai oleh pasar lokal maupun mancanegara.

Sambil menikmati panorama yang menakjubkan dari hamparan teh serta suasana sejuk perkebunan, di destinasi wisata kebun teh ini kamu juga bisa belajar mengenai seluk beluk pengelolaan Perkebunan Teh Rancabali. Di lokasi ini, bisa mendapatkan informasi mulai dari cara pembibitan serta tata cara pemetikan daun teh dengan kualitas terbaik sehingga menghasilkan cita rasa teh yang nikmat.

5 dari 8 halaman

4. Kebun Teh Sukawana

Kebun Teh Sukawana berada di wilayah Jawa Barat tepatnya di Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Keberadaan perkebunan teh ini sangat terkenal, sehingga banyak wisatawan yang berdatangan setiap harinya.

Lokasi kebun teh ini pernah menjadi salah satu lokasi pengambilan gambar film Petualangan Sherina. Dalam adegan kejar-kejaran antara Sadam dan Sherina dilakukan di kebun teh tersebut.

Popularitasnya menjadikan Kebun Teh Sukawana sebagai ikon pariwisata Bandung. Pemandangan alamnya memang begitu eksotis. Apalagi dengan keberadaan Gunung Burangrang dan Tangkuban Perahu sebagai latar belakangnya. Sudah pasti siapa saja yang menyaksikannya akan berdecak kagum dengan keindahan panoramanya.

6 dari 8 halaman

5. Kebun Teh Gunung Mas

Bagi warga Jakarta, kebun teh ini memang sudah tidak asing lagi karena lokasinya yang berdekatan. Ya, Kebun Teh Gunung Mas yang terletak di Bogor, Jawa Barat relatif dekat dengan ibukota membuat kebun ini menjadi alternatif wisata kebun teh favorit bagi warga Jakarta yang ingin melepas penat dari kesibukan pekerjaan.

Di kebun ini, kamu bisa menyusuri petak-petak sambil menikmati suasana sejuknya perkebunan. Jika beruntung saat musim panen tiba, kamu juga berkesempatan menikmati pemandangan para petani teh yang sedang memetik daun teh terbaik dari wisata kebun teh di Bogor ini.

7 dari 8 halaman

6. Kebun Teh Gedeh

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Santi Susilawati (@susilawatisanti585)

Perkebunan Teh Gedeh adalah salah satu tempat wisata yang berada di Desa cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Perkebunan ini dikelola PTPN VIII. Terletak di Kecamatan Cugenang, pemandangan di kebun teh ini ditunjang dengan pemandangan gunung, yaitu Gunung Gede dan Pangrango.

Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari hari. Obyek wisata ini memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi.

8 dari 8 halaman

7. Kebun Teh Ciater

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by KEBUN TEH CIATER (@kebuntehciater.id)

Tak hanya Bandung, Bogor, dan Cianjur. Subang juga memiliki perkebunan teh di Jawa Barat yang bisa menjadi salah satu destinasi wisata alam yang bisa anda kunjungi bersama keluarga tercinta. Salah satunya Kebun Teh Ciater.

Ini merupakan salah satu objek wisata alam memesona di Subang. Panorama hijau yang menyegarkan akan memanjakan sejauh mata memandang. Objek wisata alam ini lokasinya berada di Ciater, Kec. Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Anda bisa mengunjungi tempat wisata di Subang satu ini menggunakan kendaraan karena akses jalan yang sudah baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.