QS WUR 2023: 3 Kota Terbaik di Indonesia untuk Pelajar, Bandung Nomor 1

Oleh Huyogo Simbolon pada 27 Sep 2022, 04:00 WIB
Diperbarui 28 Sep 2022, 08:32 WIB
Kampus ITB
Perbesar
Kampus Institut Teknologi Bandung (ITB). (www.itb.ac.id)

Liputan6.com, Bandung - Quacquarelli Symonds (QS) World University Rankings (WUR) kembali merilis daftar kota terbaik bagi pelajar di Indonesia pada 2023. Kota Bandung menjadi salah satu dari tiga kota dalam rilis kota terbaik untuk pelajar kategori Best Student Cities 2023.

QS WUR sendiri adalah lembaga pemeringkat dan salah satu sumber informasi utama bagi calon mahasiswa dari seluruh dunia untuk mengetahui perguruan tinggi dan kota terbaik bagi mahasiswa.

Dalam rilisnya, QS WUR menyebutkan ada tiga kota di Indonesia yang memenuhi syarat. Pertama, Kota Bandung, diikuti kemudian Jakarta dan Surabaya. Bandung disebut menempati posisi pertama di Indonesia, sedangkan peringkat dunia kota ini berada di 120.

Adapun syarat umum untuk kota yang masuk dalam daftar adalah kota ini yaitu wilayah yang didiami oleh lebih dari 250 ribu penduduk dan memiliki setidaknya dua perguruan tinggi yang masuk dalam pemeringkatan QS WUR terbaru. Mengutip laman QS WUR, ada 164 kota di dunia yang masuk dalam kualifikasi tersebut.

Selain itu, ada lima indikator utama yang digunakan dalam pemeringkatan ini. Kelima indikator antara lain, peringkat universitas di kota tersebut, proporsi pelajar internasional, kondisi lingkungan sekitar kota, daya serap kerja kota, keterjangkauan biaya hidup, dan hasil testimoni dari para pelajar.

Terkait kondisi lingkungan sekitar kota tersebut, beberapa hal yang diperhatikan oleh QS WUR sebagai acuan dasar pemeringkatannya adalah tingkat keamanan dan kesehatan kota. Selanjutnya, tingkat polusi suatu kota, dan jumlah pelajar yang berkenan untuk melanjutkan studi di kota tersebut.

Adapun pada QS Best Student Cities 2022 sebelumnya tidak ada kota-kota di Indonesia yang masuk dalam daftar kota ramah pelajar terbaik dari 24 kota di Asia yang masuk dalam daftar.

Sedangkan, berdasarkan pemeringkatan dunia, tiga kota teratas yakni London, Munich, dan Seoul masih menempati urutan pemeringkatan kota terbaik di dunia dalam skema QS Best Student Cities seperti halnya tahun sebelumnya.

Pemeringkatan Kota Bandung dalam rilis kota terbaik untuk pelajar kategori Best Student Cities 2023 versi QS WUR memang tidak salah. Ada dua Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Bandung masuk ke dalam daftar QS WUR 2023 sebagai kampus terbaik di Indonesia.

Pertama, ada Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan posisi perguruan tinggi kedua terbaik di Indonesia. Skor ITB mencapai 39,5. Kemudian, ada Universitas Padjadjaran (Unpad), Telkom University di posisi 7 dan 11 kampus terbaik Indonesia, juga berlokasi di Bandung.

Selain itu, ada puluhan perguruan tinggi lainnya seperti Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Institusi Seni Budaya Indonesia (ISI), Universitas Katolik Parahyangan, dan masih banyak lainnya.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya