5 Tips Kemping Bareng Anak-Anak di Alam Terbuka

Oleh Panji Prayitno pada 26 Sep 2022, 06:00 WIB
Diperbarui 26 Sep 2022, 06:00 WIB
Paket Kemping Sambil Healing Selama Ramadhan di Taman Wisata Alam Capolaga
Perbesar
Kesempatan kemping di bulan Ramadan di Wisata Capolaga. (dok. Wisata Capolaga)

Liputan6.com, Jakarta - Kemping dengan anak adalah salah satu kegiatan seru yang dirasakan orang tua saat menikmati liburan di alam.

Kemping dengan anak akan memberikan pengalaman positif. Namun, bersama anak tentu harus memiliki persiapan matang.

Persiapan matang untuk mengantisipasi sesuatu yang tidak diinginkan. Banyak hal yang harus disiapkan supaya anak bisa tetap aman dan nyaman selama kemah.

Nah, apa saja persiapan kemping dengan anak yang harus dilakukan? 

Pilih Tempat Kemping yang Tepat

Satu hal paling krusial dalam melakukan persiapan kemping dengan anak adalah pemilihan tempat kemping. Tempat yang aman, luas, berpemandangan alam yang cantik.

Namun tetap memiliki fasilitas yang bagus akan membuat anak menjadi nyaman. Sebaiknya, pilih bumi perkemahan jika kegiatan kemping dengan anak baru pertama kali anda lakukan. 

Pesan tempat tersebut jauh-jauh hari bahkan lakukan observasi untuk tahu apa saja fasilitas yang dimiliki tempat tersebut.

Apakah sudah tersedia tenda, sleeping bag hangat, hingga lampu di tempat yang dipilih? Jika tersedia, cek apakah benda-benda tersebut bersih dan nyaman untuk digunakan anak yang akan anda bawa? Pertanyaan-pertanyaan tersebut harus sudah jelas terjawab supaya kegiatan tidak terganggu oleh ketidaknyamanan yang dirasakan oleh anak.

Peralatan yang Lengkap

Tidak hanya tenda, tempat tidur, selimut, ataupun lampu, anda juga harus mempersiapkan peralatan kebersihan dengan baik.

Bumi perkemahan biasanya memiliki toilet yang digunakan bersama. Namun, karena banyaknya pengunjung yang ada di bumi perkemahan, bisa saja toilet tersebut akan penuh ketika anda ingin menggunakannya.

Anda harus membawa tisu basah untuk cadangan yang bisa digunakan untuk membersihkan si anak ketika air tidak tersedia. 

Tisu basah ini juga bisa berguna untuk membersihkan tangan ataupun kaki si anak ketika mereka sudah puas bermain di tanah lapang.

Selain tisu basah, anda juga sangat membutuhkan lotion agar tubuh si anak tetap lembab di daerah terbuka yang biasanya akan lebih panas atau dingin sehingga membuat kulit kering. Lotion anti nyamuk juga sangat dibutuhkan karena banyak nyamuk di tempat terbuka.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Bawa Mainan Kesayangan

Anak-anak yang belum terbiasa menghabiskan waktu lama di alam terbuka bahkan hingga menginap beberapa hari tentu saja akan mengalami tantrum. Maka dari itu, membawa mainan kesayangan harus dilakukan.

Boneka, bantal, robot, hingga mobil-mobilan harus dibawa untuk membuat si anak merasa bahwa lokasi tersebut tetap rumahnya, untuk sementara. Namun, tentu saja jangan berlebihan. Cukup bawa satu atau dua untuk mengalihkan perhatian anak ketika dia rewel.

Jaga Kondisi Tubuh

Menginap di alam terbuka akan memberikan sensasi peralihan kondisi tubuh yang berbeda dibanding tinggal di rumah. Ketika orang dewasa saja bisa sakit, anak-anak tentu saja lebih rentan, bukan?

Menjaga kondisi tubuh si anak menjadi salah satu hal penting dalam persiapan camping dengan anak. Jaga tubuh mereka tetap fit dengan memberikan makanan sehat hingga meminum multivitamin.

Jangan Bawa Gawai

Salah satu tujuan kemping dengan anak adalah mengenalkan mereka kepada alam. Ketika keseharian mereka adalah sekolah, hanya melihat gedung-gedung, bahkan ketika di rumah adalah bermain gadget, kemping menjadi satu kegiatan yang membuat mereka lebih bebas mengeksplor diri dan lingkungan sekitarnya.

Persiapan kemping dengan anak salah satunya adalah jangan membawa gadget. Gadget akan mendistrak mereka dari kebebasan mengeksplor alam yang ada di sekitarnya dan hanya terpaku pada permainan atau video di gadget.

Ketika anda ingin mengambil foto, gunakan kamera. Biarkan anak-anak bermain dengan bebas dan taruh gadget di mobil atau simpan di dalam tenda. 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya