10 Akun Timnas Peserta Piala Dunia 2022 dengan Pengikut Terbanyak di Instagram

Oleh Huyogo Simbolon pada 26 Sep 2022, 10:00 WIB
Diperbarui 26 Sep 2022, 10:00 WIB
Piala Dunia 2022
Perbesar
FIFA resmi meluncurkan logo Piala Dunia 2022 di Doha, Qatar, Selasa (3/9/2019). (AFP).

Liputan6.com, Bandung - Piala Dunia Qatar 2022 tinggal beberapa minggu lagi. Perancis, Brasil, Inggris, Jerman, Spanyol dan Argentina merupakan timnas yang telah memenangkan trofi Piala Dunia FIFA yang didambakan. Mereka semua adalah tim hebat, tetapi bagaimana dengan kehadiran mereka di media sosial?

Secara keseluruhan, enam negara tersebut memiliki lebih dari satu juta pengikut di Instagram, sementara Maroko menjadi negara Afrika yang paling banyak diikuti dengan 1,9 juta penggemar.

Menurut sebuah studi oleh firma riset pasar Amerika Nielsen Media, akun Timnas Maroko @equipedumaroc Maroko di Instagram telah mengalami pertumbuhan pengikut terbesar sebesar 219,51% antara Agustus 2021 dan Juli 2022. Periode tersebut bertepatan dengan kualifikasi AFCON dan persiapan untuk Piala Dunia 2022 di Qatar. 

Sementara banyak penggemar Maroko telah mengkritik kinerja Singa Atlas di kualifikasi AFCON, yang akhirnya menyebabkan pemecatan Vahid Halilhodzic. Skuad Maroko justru kemudian tampil mengesankan.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by FIFA World Cup (@fifaworldcup)

Nielsen mencatat, distribusi 33,66% basis penggemar Maroko tinggal di luar negara asal. Sementara penelitian ini tidak merinci asal usul penggemar internasional, sebagian besar dari mereka kemungkinan besar adalah bagian dari komunitas diaspora Maroko, terutama di Eropa dan Amerika Utara.

Mengenai keterlibatan penggemar, penelitian menyimpulkan bahwa Singa Atlas memegang tingkat keterlibatan tertinggi (3,36%) di antara tim sepak bola nasional yang paling banyak diikuti di dunia. Tingkat keterlibatan Maroko melebihi skuad Peancis sebanyak 1,34%. 

Perancis saat ini memiliki pengikut Instagram terbesar dengan 11,7 juta, diikuti Brasil dengan 11,3 juta, Portugal dengan 10,3 juta, dan Inggris dengan 8,5 juta.

Argentina mengikuti di posisi kelima dengan 7,2 juta pengikut, sementara Meksiko dan Jerman memiliki basis penggemar yang relatif besar yaitu 5,7 juta dan 4,9 juta pengikut. 

Spanyol sedikit mengungguli Maroko di posisi ke-8 dalam daftar dengan 4 juta pengikut. Sementara Timnas Belanda menduduki peringkat ke-10 dengan tingkat keterlibatan tertinggi kedua di Instagram sebesar 2,09% dipimpin oleh 1,4 juta pengikut.

Dengan hanya beberapa minggu tersisa untuk Piala Dunia Qatar, popularitas akun media sosial timnas akan tumbuh di dalam dan luar negeri, karena penggemar sepak bola semakin bersemangat untuk mempelajari persiapan terbaru dari tim favorit mereka.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Équipe du Maroc (@equipedumaroc)


Pemain Paling Berpengaruh

Foto: 5 Pemain Aktif yang Pernah Mencetak Hattrick di Putaran Final Piala Dunia, Thomas Mueller Satu-satunya yang Menyabet Juara
Perbesar
Cristiano Ronaldo. Striker Timnas Portugal berusia 36 tahun yang kini menjalani musim pertama di periode kedua bersama Manchester United mencetak hattrick untuk Portugal di Piala Dunia 2018. Dalam laga kontra Spanyol di matchday pertama Grup B (15/6/2018) laga berakhir imbang 3-3. (AFP/Odd Andersen)

Nielsen Media juga menyatakan Cristiano Ronaldo memimpin dalam daftar pemain sepak bola berpengaruh di Instagram yang akan berlaga dalam Piala Dunia Qatar 2022. Pesepakbola asal Portugal ini berhasil mengungguli Lionel Messi, Neymar, dan juga Kylian Mbappe.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Nielsen (@nielsenmedia)

Peringkat ini didapat dari pengukuran influencer Nielsen, InfluencceScope. Dengan memanfaatkan platform ini, Nielsen mampu mengukur jumlah dan pertumbuhan pengikut, engagement rate, serta rata-rata brand value dari tiap unggahan yang ada di Instagram untuk menentukan pemain mana yang dapat memberikan nilai tertinggi di media sosial dengan biaya tertentu.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by GAVI (@pablogavi)

Gavi, yang debut di Barcelona dan Spanyol pada tahun lalu, telah meningkatkan pengikutnya lebih dari 5.000% sejak Agustus 2021 hingga mencapai 5,5 juta pengikut. Unggahannya di Instagram memiliki engagement rate yang luar biasa, hampir 30%.

Perpindahan Raphinha dari Leeds United ke Barcelona dan transfer Antony dari Ajax ke Manchester United pada Agustus 2022 ikut mendorong kedua pemain sayap ini untuk naik dalam jajaran breakthrough players.

Usia muda tidak menjadi syarat utama untuk dapat masuk ke jajaran 10 besar breakthrough players, hal ini terbukti dengan masuknya gelandang Argentina Rodrigo De Paul dalam usianya yang ke 28 tahun. Rodrigo telah lima kali masuk dalam jajaran ini setelah meningkatkan jumlah pengikutnya pada tahun lalu hingga 5 juta. Engagement rate-nya memiliki nilai lebih dari 13%.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Rodrigo De Paul (@rodridepaul)


Mengecek Pertandingan di Media Sosial

Telstar 18
Perbesar
Bola resmi Piala Dunia 2018, Telstar 18. (FIFA)

Riset Nielsen Media juga mengungkapkan, kira-kira 80% penggemar menjelajahi media sosial atau menggunakan aplikasi selama pertandingan. Di antara penggemar sepak bola itu, menonton olahraga secara global, 81% memeriksa media sosial mereka saat menonton pertandingan.

Namun, karakter penggemar di sejumlah negara berbeda-beda. Di Jepang, hanya 43% penggemar sepak bola yang menonton olahraga sedang memeriksa melalui media sosial saat pertandingan berlangsung. Tapi di China, hampir semua orang 90% senang melakukannya.

Adapun menurut FIFA, lebih dari 5 miliar orang akan menonton setidaknya ajang Piala Dunia. 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya