Pasar Murah di Palangka Raya

Oleh Marifka Wahyu Hidayat pada 26 Sep 2022, 08:00 WIB
Diperbarui 05 Nov 2022, 18:42 WIB
Operasi Pasar
Perbesar
Para ibu rumah tangga membeli ikan ketika operasi pasar yang digelar Pemerintah Daerah Kalimantan Tengah, Minggu (18/9/2022). (Foto/ Marifka Wahyu Hidayat)

Liputan6.com, Palangka Raya Mahalnya harga kebutuhan sembilan bahan pokok (sembako) pasca-kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi di Kota Palangka Raya, Kalimatan Tengah membuat Pemerintah Kota Palangka Raya memutuskan untuk menggelar operasi pasar murah. Salah satunya di Kelurahan Panarung, Sabtu (24/09/2022).

Warga rela antre berdesakan untuk membeli paket sembako murah yang ditebus dengan harga Rp 100.000. Dengan harga tersebut, warga memperoleh beras 5 kilogram (kg), gula pasir 2 kg, minyak goreng 2 Liter, dan 4 bungkus mie instan.

Sri Sumarni, warga Panarung mengaku terbantu dengan diadakannya operasi sembako pasar murah ini, menurutnya harga sembako saat ini di pasaran terlalu tinggi terutama untuk wilayah Kota Palangka Raya.

"Dengan adanya operasi pasar murah ini, kami merasa terbantu sebab harga di pasar terlalu tinggi," ungkapnya.

Sementara Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil Menengah (DPKUKM) Kota Palangka Raya, Amandus Frenaldi mengimbau kepada masyarakat agar tidak panik membeli sembako, yang nantinya akan menyebabkan kelangkaan sembako di pasaran.

"Operasi pasar murah ini diadakan untuk membantu masyarakat, mendapatkan sembako dengan harga murah," ujar Amandus Frenaldi.

Angka inflasi di Kota Palangkaraya menyentuh 6,61 persen. Untuk menekan laju inflasi tersebut, dibentuk Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) yang salah satu kegiatannya adalah mengadakan oeprasi pasar murah.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya