Sukses

Sempat Terputus Akibat Longsor, Jalur Selatan Garut Berangsur Pulih

Intensitas hujan yang cukup tinggi sejak petang kemarin, membuat material longsor dari tebing yang berada di sepanjang wilayah gunung Gelap longsor, hingga menutup bahu jalan.

Liputan6.com, Garut - Jalur lalu lintas di kawasan Gunung Gelap, Kecamatan Cisompet, Garut, Jawa Barat yang sempat terhenti akibat tertutup material longsor, kini sudah mulai kembali normal.

Kasatlantas Polres Garut AKP Undang Syarif Hidayat mengatakan, intensitas hujan yang cukup tinggi sejak petang kemarin, membuat material longsor dari tebing yang berada di sepanjang wilayah Gunung Gelap longsor, hingga menutup bahu jalan.

"Kejadiannya tadi malam sekitar pukul 9 malam (21.00 WIB), namun saat ini untuk arus lalu lintas sudah bisa dilalui, kita laksanakan buka tutup," kata dia, Jumat (23/9/2022).

Sejak informasi material longsor menutup bahu jalur utama wilayah Garut selatan itu, lembaganya langsung berkoordinasi dengan semua dinas teknis untuk melakukan pembersihan jalan. "Tadi malam juga dari provinsi sudah menurunkan alat berat ke lokasi," kata dia.

Di tengah ancaman curah hujan tinggi, Undang meminta masyarakat yang melintasi jalur selatan khususnya kawasan Gunung Gelap, selalu waspada memperhatikan cuaca dan ancaman bahaya longsor.

"Tetap berhati-hati saat jalan, mohon bersabar kita sedang melakukan proses rekayasa lalu lintas," kata dia.

Untuk mengamankan jalur, lembaganya telah menyiagakan sejumlah aparat gabungan dari Satlantas polres Garut, Sabhara, BPBD, termasuk Dinas Perhubungan. "Sudah kami siapkan di lokasi longsor," kata dia.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.