Sukses

6 Hal Wajib Diperhatikan Sebelum Menyewa Bus Pariwisata

Ada beberapa keunggulan bus pariwisata dibandingkan kendaraan pribadi untuk piknik.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi Anda yang berencana melaksanakan liburan ke luar kota bersama keluarga besar atau komunitas, memilih bus pariwisata sebagai sarana transportasi adalah pilihan yang bijak dan tepat.

Dengan kapasitas serta fasilitas yang dimilikinya, bus pariwisata memiliki banyak keunggulan dibandingkan kendaraan pribadi. Selain bisa memuat banyak penumpang, bus pariwisata memiliki beragam layanan yang akan membuat liburan keluarga semakin nyaman dan menyenangkan.

Sepanjang perjalanan, Anda akan bisa bercengkerama bersama keluarga besar. Suasana di dalam bus yang sangat nyaman juga membuat segala aktivitas tetap dapat dilakukan. Sehingga perjalanan ke tempat liburan semakin seru dan hangat.

Namun, sebelum memutuskan untuk menyewa bus pariwisata. Ada beberapa hal yang wajib diperhatikan sebelum menyewa bus pariwisata. Berikut ini adalah enam tips agar Anda tak salah dalam memilih bus pariwisata :

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Informasi Bus

1. Cari informasi mengenai perusahaan bus

Tips yang pertama adalah melakukan riset terlebih dulu mengenai perusahaan bus pariwisata yang akan kita sewa. Menurut Oscar Tosagena, CEO PT.Melodi Trans Wisata, mencari informasi tentang perusahaan bus ini sangat penting untuk memastikan track record dan reputasi dari perusahaan bus.

“Dengan teknologi informasi, kita dapat dengan mudah menemukan infonya seperti alamat perusahaan, nomor telepon atau kontak lain. Kita bisa mendatangi langsung kantornya,” ungkap Oscar, Kamis (22/9/2022).

Atau cara lain yang dapat ditempuh adalah dengan mencari info dan review seputar layanan bus pariwisata tersebut, baik secara offline maupun secara online via internet dan sosial media. Anda juga bisa melihat forum penyewaan bus pariwisata di internet atau melalui aplikasi. Dengan begitu, Anda juga dapat mengetaui feedback dari konsumen yang pernah menyewa bus tersebut.

“Jika review-nya bagus, biasanya juga memiliki kualitas yang baik. Jadi, jika melakukan riset terlebih dahulu, agar tidak ada kata menyesal dikemudian hari,” terang pemimpin perusahaan Bus Pariwisata Melody Transport itu.

 

3 dari 7 halaman

Kapasitas Bus

2. Tentukan kapasitas bus

Setelah mendapat informasi lengkap mengenai perusahaan bus pariwisata dan layanannya, selanjutnya Anda harus memperkirakan banyaknya calon penumpang.

Hal ini penting untuk menghindari risiko kapasitas bus yang sempit saat perjalanan nanti. Dengan mengetahui jumlah penumpang sejak awal, Anda juga dapat menentukan jenis dan tipe bus pariwisata secara tepat.

Oscar menjelaskan, secara umum kapasitas bus dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu bus kecil, bus medium, dan bus besar. Jika Anda bepergian dengan anggota keluarga yang berjumlah kurang dari 15 orang, sebaiknya memilih tipe bus kecil. Tipe bus ini cocok untuk perjalanan dekat hingga menengah dengan tak terlalu banyak barang bawaan.

Untuk penumpang yang lebih banyak, Anda bisa menggunakan bus medium atau yang dikenal juga dengan sebutan bus tanggung dengan kapasitas sampai 25-31 penumpang.

Sedangkan untuk rombongan besar, bisa menggunakan bus besar berkapasitas hingga 59 kursi. Untuk beberapa tipe bus besar ini ada yang dilengkapi fasilitas toilet. Namun tentu saja adanya fasilitas ini akan mengurangi kapasitas penumpangnya. Bus besar dengan toilet biasanya berkapasitas 40 hingga 45 penumpang saja.

“Untuk yang mengutamakan kenyamanan, bus Premium Class dari Melody Transport menjadi tipe yang paling direkomendasikan. Dengan kapasitas 45 orang, bus berukuran besar ini memiliki berbagai fasilitas mewah seperti toilet, karaoke, smoking area, hingga kursi yang nyaman,” ungkap Oscar.Selain itu, Melody Transport juga memiliki bus dengan fasilitas VVIP/luxury berkapasitas 28 seat dilengkapi dengan fasilitas legrest, bantal, selimut dan welcome drink.

 

4 dari 7 halaman

Aman Nyaman

3. Pastikan keamanan dan kenyamanan bus

Tips yang ketiga ialah mengecek fasilitas yang tersedia di dalam bus pariwisata. Pada umumnya, fasilitas ini terbagi menjadi dua bagian, yakni yang terkait dengan fitur keselamatan (safety) dan kenyamanan.

Untuk sisi keselamatan, bus pariwisata yang baik sudah menyediakan fasilitas standar seperti alat P3K, palu pemecah Kaca, pemadam kebakaran dan pintu darurat. “Sedangkan untuk fasilitas kenyamanan di antaranya AC, toilet, karaoke, charger, tour guide, LCD, dan lainnya” ujar Oscar.

 

5 dari 7 halaman

Pastikan Rute

4. Perhatikan kondisi dan rute jalan menuju destinasi

Selain jumlah calon penumpang, rute dan kondisi jalan juga harus menjadi pertimbangan Anda dalam memilih tipe bus yang akan disewa.

Jika destinasi yang dipilih memiliki akses jalan yang kecil dan berliku, sebaiknya urungkan niat untuk menggunakan bus dengan kapasitas besar.

“Sebaiknya Anda melakukan survei terlebih dahulu atau menghubungi customer relation penyedia layanan sewa bus yang Anda pilih untuk mendapatkan saran terbaik terkait pilihan armada yang akan digunakan,” tambah Oscar.

 

6 dari 7 halaman

Kwitansi Resmi

5. Minta bukti kwitansi resmi

Jika Anda sudah melakukan pembayaran untuk booking layanan sewa bus, pastikan Anda mendapatkan bukti pembayaran atau kwitansi dari pihak penyedia layanan bus pariwisata. Hal ini penting sebagai pegangan dan bukti sah transaksi Anda dengan pihak penyedia layanan bus.

Di dalam kwitansi biasanya terdapat perincian biaya yang telah dibayarkan dan menjadi tanggung jawab penyedia bus pariwisata. “Harga sewa yang diinformasikan biasanya sudah termasuk supir dan bahan bakar. Namun harga belum termasuk biaya lainnya,” tambah Oscar.

 

7 dari 7 halaman

Waspada Tarif

6. Jangan tergiur harga sewa bus murah

Tips yang keenam ialah jangan cepat tergiur dengan penawaran harga sewa yang murah. Oscar menilai, penawaran harga murah biasanya hanya trik untuk menarik minat konsumen, walaupun kenyataanya sering kali tidak sesuai harapan.

“Konsumen perlu teliti agar tidak terjebak. Harga yang murah belum tentu sesuai dengan spesifikasi yang kita inginkan. Sebaiknya tanyakan secara detil paket yang ditawarkan,” imbuhnya.

Selain enam hal di atas, ada pula hal lain yang bisa menjadi pertimbangan dalam memilih layanan bus pariwisata. Salah satunya adalah kemudahan dalam pemesanan serta cakupan layanan yang tersedia.

Bus Pariwisata Melody Transport misalnya, memiliki layanan customer service 24 jam, serta informasi lengkap seputar layanan sewa bus pariwisata melalui website https://buspariwisatajakarta.co.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.