Sukses

Siap-Siap Nonton Konser di Akhir Pekan, Ini 10 Fakta di Balik JogjaROCKarta Festival 2022

Sebelum bersenang-senang di Jogjarockarta 2022, ada beberapa fakta yang harus kamu tahu.

Liputan6.com, Yogyakarta - Belakangan, banyak konser musik yang sudah mulai digelar di berbagai daerah. Setelah sempat diterpa pandemi selama dua tahun tanpa konser musik offline, kini keseruan menonton acara musik sambil bernyanyi lantang sudah bisa kembali dirasakan.

Salah satu festival musik yang rutin digelar tahunan adalah Jogjarockarta Festival 2022. Tahun ini, festival musik yang ditunggu para penikmat musik rock ini akan digelar pada 24-25 September.

Sebelum bersenang-senang di Jogjarockarta 2022, ada beberapa fakta yang harus kamu tahu. Yuk, simak!

ha

1. Jogjarockarta pertama tanpa band luar negeri

Jogjarockarta Festival selalu menghadirkan banyak musisi atau band ternama. Tak terkecuali menghadirkan band dari luar negeri.

Kilas balik pada pagelaran Jogjarockarta Festival di tahun-tahun sebelumnya, pada 2017, Jogjarockarta menghadirkan Dream Theater. Selanjutnya pada 2018, Megadeth hadir memeriahkan festival tahunan tersebut.

Selanjutnya pada 2019, Jogjarockarta dimeriahkan oleh aksi panggung Extreme. Gelaran Jogjarockarta pada 2020 pun tak tanggung-tanggung, mereka menghadirkan Scorpions dan Whitesnake sekaligus.

Namun tahun ini, gelaran Jogjarockarta hadir tanpa band dari luar negeri. Tahun ini, Jogjarockarta Festival hanya diisi band dari dalam negeri, termasuk beberapa band daerah.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hoobastank Batal Tampil

2. Batalnya Hoobastank

Tidak adanya kehadiran band dari luar negeri kali ini bukan tanpa alasan. Sebelumnya, telah diumumkan bahwa tahun ini Hoobastank akan menjadi band luar yang memeriahkan Jogjarockarta.

Namun, kabar terbarunya, band asal Amerika Serikat tersebut batal hadir lantaran kaki sang gitaris, Dan Estrin, patah saat melakukan persiapan ke Indonesia. Hal tersebut disampaikan pihak Hoobastank dalam akun media sosial Instagram @hoobastank, Rabu (21/9) malam.

Atas saran dokter, Dan diminta beristirahat atas cedera yang ia alami. Grup band yang digawangi Doug Robb, Dan Estrin, Chris Hesse, dan Jesse Charland itu pun meminta maaf atas pembatalan ini.

3. Menghadirkan tiga panggung dengan lebih dari 50 musisi

Meski tanpa kehadiran band dari luar negeri, sejumlah band tanah air masih akan tampil dan memeriahkan acara tersebut. Dijadwalkan akan ada lebih dari 50 band yang akan tampil di tiga panggung yang disediakan.

Sejumlah band ternama tersebut, di antaranya The Hydrant, Serigala Malam, Superman is Dead, Burgerkill, Sangkakala, Ahmad Band, Deadsquad, Voice of Baceprot, Death Vomit, EDANE, Seringai, Jamrud, dan masih banyak lagi.

4. Dibanjiri band dari Jateng dan DIY

Lebih dari 50 band akan tampil di panggung Jogjarockarta Festival 2022. Selain band ternama, ada juga band lokal dari Jateng dan DIY.

Beberapa band tersebut, di antaranya Los Fugos, Untitled Joy, End of Julia, Gamma Blaster, The Diegos, Eastern Gangster, Buktu, SMSTR 10, Psychoriot, Havinhell, The Kick, Saintjimmy, dan masih banyak lagi.

5. Penampilan dua band pemenang Rockfivetival Goes to Jogjarockarta Festival 2022

Rockfivetival Goes to Jogjarockarta Festival 2022 merupakan program aktivasi bagi band dari Jawa Timur, Bali, san Nusa Tenggara. Mereka dipilih setelah mengirimkan submisi dan mendaftarkan band mereka untuk tampil di Jogjarockarta Festival 2022.

Setelah melalui penyisihan 20 besar hingga 10 besar, kini terpilih dua band yang berkesempatan tampil di festival musik ini. Kedua band tersebut adalah Easy Peacy dari Ponorogo dan Hiatus Mantra dari Malang.

 

3 dari 3 halaman

Satu Panggung Utama dan Dua Panggung Sisi

6. Satu panggung utama dan dua side stage

Sejumlah band ternama, seperti Deadsquad, Jamrud, Ahmad Band, Burgerkill, Seringai, Voice of Baceprot dan lainnya akan mengguncang panggung utama. Tak hanya itu, bagi band Jateng dan DIY juga disediakan dua stage side, yakni Arena Rock dan Panggung Petir.

7. Lokasi yang berbedaJika sebelumnya penyelenggaraan festival ini berlangsung di Stadion Kridosono, tahun ini Jogjarockarta Festival 2022 akan digelar di lokasi yang berbeda. Semula, Landasan Udara (Lanud) Gading Wonosari, Gunungkidul, Yogyakarta diumumkan akan menjadi lokasi penyelenggaraan festival ini.

Namun, lokasi tersebut mengalami perubahan. Dipastikan, Jogjarockarta Festival tahun ini akan digelar di Tebing Breksi Yogyakarta.

Tebing Breksi Yogyakarta berlokasi di selatan Candi Prambanan, tepatnya di Desa Sambirejo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Hal ini menjadi pengalaman baru bagi penikmat setia festival musik ini.

8. Perubahan konsep

Pihak promotor dan penyelenggara, Rajawali Indonesia, merespons pandemi Covid-19 yang mulai bisa dikendalikan. Konsep Rock on Jeep yang sebelumnya ditetapkan demi menjaga jarak antarpenonton akhirnya diganti.

Semua penonton dipastikan bisa berdiri berdekatan di area panggung JogjaROCKarta Festival 2022. Hal ini membuat atmosfer keseruan menonton konser semakin terasa.

9. Harga tiket yang lebih terjangkau

Rajawali Indonesia juga menurunkan harga tiket gelaran Jogjarockarta kelima ini. Jika dulu dibanderol harga Rp500.000 hingga Rp.750.000, tahun ini harganya relatif lebih terjangkau.

Untuk tiket Early Entry hanya dibanderol Rp150.000 dengan jumlah terbatas. Sementara itu untuk tiket Reguler hanya dibanderol harga Rp200.000 dan tiket On The Spot berada di angka Rp300.000.

10. Merangkul UMKM

Selain dapat menikmati serunya aksi panggung para band yang tampil, pihak Rajawali Indonesia juga merangkul para pelaku UMKM. Sebut saja Pasar Kangen, yang menyajikan wisata kuliner dan barang antik dalam gelaran konser musik Jogjarockarta Festival.

(Resla Aknaita Chak)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.