Sukses

Mencoba Snorkeling di Umbul Ponggok Klaten, Kawasan Pabrik Gula Era Hindia Belanda

Umbul Ponggok menjadi wahana air pertama di Indonesia yang memberikan sensasi snorkling dan diving tidak di laut, melainkan di kolam mata air alami yang dingin dan menyegarkan

Liputan6.com, Klaten - Bukan di laut, destinasi wisata yang satu ini menawarkan sensasi snorkeling dan diving di kolam mata air alami. Adalah Umbul Ponggok yang terletak di Jalan Delanggu-Polanharjo, Ds Ponggok, Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Umbul Ponggok menjadi wahana air pertama di Indonesia yang memberikan sensasi snorkeling dan diving tidak di laut, melainkan di kolam mata air alami yang dingin dan menyegarkan. Keberadaan Desa Ponggok sudah dikenal lebih dari ratusan tahun lalu dan menjadi kawasan industri pada 1920.

Saat itu, terdapat Pabrik Gula Ponggok (Suikerfabriek Ponggok) yang terletak di seberang jalan raya, tepatnya timur Umbul Ponggok sekarang. Pabrik-pabrik gula yang berdekatan dengan Ponggok antara lain Suikerfabriek TjokroToeloeng, Suikerfabriek Karanganom, dan Suikerfabriek Delanggoe.

Sekitar 1930-an, saat kondisi ekonomi, sosial, dan politik dunia sedang krisis, masa perjuangan Indonesia membawa dampak kemunduran bagi Pabrik Gula Ponggok. Akhirnya, operasional pabrik gula ditutup dan menyisakan peninggalan kejayaan Pabrik Gula Ponggok yang sekarang masih ada, yakni Umbul Ponggok.

Dahulu, Umbul Ponggok adalah mata air yang dijadikan sebuah water reservoir (tempat penampungan air). Fungsinya sebagai tempat penampungan air untuk kebutuhan operasional Pabrik Gula Ponggok dan Pabrik Gula Karanganom.

Selain itu, air ini juga berfungsi sebagai pengairan perkebunan tebu di wilayah Polanharjo, Karanganom, Ceper. Setelah pabrik gula tidak beroperasional lagi, keberadaan water reservoir Ponggok masih difungsikan sebagai pengairan sawah dan perkebunan hingga sekarang.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Destinasi Wisata Air

Saat ini, kekayaan air tersebut telah diolah menjadi sebuah destinasi wisata air yang memesona. Ada banyak hal yang bisa dilakukan pengunjung di wisata air Umbul Ponggok ini.

Selain snorkling dan diving, di sini juga menawarkan permainan air yang menyegarkan. Tak hanya itu, pengunjung juga bisa memotret keindahan di bawah air dengan beragam tema dan properti.

Soal peralatan foto, pihak Umbul Ponggok telah menyediakan fasilitas persewaan kamera underwater lengkap dengan operator yang berpengalaman.

Sementara itu, bagi kamu yang ingin mencoba diving, juga tersedia persewaan paket untuk diving lengkap dengan peralatannya, seperti tabung oksigen, kaki katak (fin), wet suit, serta googles. Selain itu, juga tersedia paket underwater 'walker dive'.

Selain diving, kamu juga bisa menjajal pengalaman seru snorkling. Tersedia persewaan alat untuk snorkling berupa pelampung (life jacket), kaki katak (fin), serta masker snorkle yang dapat disewa secara terpisah sesuai kebutuhan.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.