Jangan Sampai Ketinggalan, Ayo Kampanyekan Balikpapan Kota Paling Dicintai di Dunia

Oleh Apriyanto pada 25 Sep 2022, 14:00 WIB
Diperbarui 25 Sep 2022, 14:00 WIB
Kota Paling Dicintai
Perbesar
Pemkota Balikpapan mengampanye dukungan agar Kota Balikpapan menjadi kota paling dicintai di dunia. (Istimewa)

Liputan6.com, Balikpapan - Kota Balikpapan menjadi salah satu finalis tingkat nasional One Planet City Challenge (OPCC) 2021-2022 dari 24 daerah se-Indonesia yang mengikuti pelaporan aksi adaptasi dan mitigasi. Tak hanya Balikpapan, Probolinggo dan Jakarta juga turut menjadi pemenang tingkat nasional yang diumumkan pada Mei 2022 lalu.

Ketiga kota ini pun mewakili Indonesia untuk bersaingan dengan 72 kota dari 32 negara yang mengampanyekan We Love Cities untuk memperebutkan gelar The Most Lovable City, yang dipilih berdasarkan tingginya dukungan yang diberikan para publik di media sosial, yang dilaksanakan pada September 2022.

Agar Kota Balikpapan menjadi kota paling dicintai di dunia, Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan pun terus mengampanyekan ke seluruh masyarakat. Sebagai bentuk dukungan Pemkot meresmikan kampanye untuk menjadikan Balikpapan menjadi Kota paling dicintai di dunia, di Gedung Parkir Klandasan Balikpapan pada Senin (19/9/2022) malam lalu.

Peresmian yang dilakukan oleh Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Balikpapan, Muhaimin, dihadiri Ketua DPRD Kota Balikpapan, Abdulloh, Dandim Balikpapan, Kepala Kementerian Agama Balikpapan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Balikpapan, beberapa komunitas dan lainnya.

Muhaimin mengatakan, bahwa kampanye We Love Cities adalah kampanye digital yang diinisiasi World Wide Fund for Nature (WWF). Bertujuan untuk menggalang dukungan publik terhadap upaya-upaya pengurangan emisi gas rumah kaca (GRK) yang dilakukan di kotanya masing-masing untuk menjadi kota yang berkelanjutan.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

Saksikan Video Pilihan Ini:


Balikpapan Ditetapkan Sebagai Kota LEDS

3 Hal Penting Sebelum Berkunjung ke Balikpapan
Perbesar
Kota Balikpapan.

Dalam sejarahnya di tahun 2013 Balikpapan ditetapkan sebagai kota Low Emission Development Strategy (LEDS) oleh International Council for Local Environmental Initiatives (ICLEI) yaitu jaringan global yang menghubungkan kota-kota di seluruh dunia untuk membangun kota yang rendah emisi dan adaptif terhadap ancaman dampak perubahan iklim.

Kemudian sejak tahun 2015 Balikpapan aktif ikut serta untuk melakukan pelaporan aksi iklim melalui Platform Internasional dengan nama Climate Change Registry (CCR).

"Ada 75 kota dari 32 negara yang akan memperebutkan gelar 'The Most Lovable City' ini. Saya berharap seluruh pihak bisa mengajak masyarakat agar dapat memilih atau vote Kota Balikpapan hingga menjadi kota yang paling dicintai sedunia pada kampanye 'We Love Cities' ini,” ungkap Muhaimin.

Kampanye ini sendiri dimulai sejak 19 September 2022 kemarin, masyarakat dapat menyampaikan dukungan dengan mengakses website www.welovecities Org/balikpapan serta dengan menambahkan tagar #WeLoveBalikpapan pada setiap postingan di media sosial.

Tak kalah penting Muhaimin katakan, masyarakat diminta juga untuk mencintai Kota Balikpapan dengan tindakan nyata. Misalnya, dengan menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan sekitar membuang sampah pada tempatnya, menaati peraturan berlalu lintas, mengurangi penggunaan sampah plastik, serta menjaga kerukunan antar sesama warga.

"Mari kita ciptakan situasi Balikpapan yang nyaman dimulai dari diri sendiri, keluarga, dan masyarakat di sekitar kita," dia menandasi.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya