Banjir Merusak Puluhan Hektare Lahan Sayuran di Palangkaraya, Petani Gigit Jari

Oleh Marifka Wahyu Hidayat pada 22 Sep 2022, 09:41 WIB
Diperbarui 22 Sep 2022, 09:41 WIB
Lahan Pertanian Rusak
Perbesar
Lahan pertanian yang rusak akibat banjir di Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Rabu 21 September 2022. Foto: Marifka Wahyu Hidayat

Liputan6.com, Palangkaraya - Banjir akibat luapan Sungai Kahayan juga berdampak pada sektor pertanian, salah satunya yang terjadi Kelurahan Kelampangan, Kota Palangkaraya, Kalimanan Tengah, Rabu (21/9/2022).

Puluhan hektar sayuran petani terendam banjir selama sepekan. Akibatnya, para petani mengalami gagal panen. Padahal, kawasan ini merupakan salah satu daerah penyuplai bahan pangan untuk Kota Palangkaraya.

"Dua hari lalu banjirnya sempat setinggi paha, kalau masalah sektor pertanian repot betul, saat ini petani tidak bisa apa apa," ujar Sugimin, seorang petani

Kejadian ini bukan hanya dialami Sugimin, rekan satu profesinya yakni Sarji juga mengalami hal serupa. Ia juga menambahkan, banjir di Palangkaraya merusak lahan perkebunan miliknya.

"Ini yang terendam ada jagung, sawi, bayam, kangkung terus di sebelah sana ada bawang," Saji menambahkan.

Para petani berharap kepada pemerintah, agar segara mengatasi permasalah banjir tersebut. Jika hal tersebut tidak segera diselesaikan, dipastikan pasokan sayuran di Kota Palangkaraya akan terganggu.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Potensi Hujan

Sementara itu, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebagian wilayah kota besar di Indonesia berpotensi diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga lebat, Kamis (22/9/2022).

Prakiraan cuaca di wilayah Sumatera, khususnya Bandar Lampung, Pangkal Pinang, Bengkulu Jambi, dan Pekanbaru diperkirakan terjadi hujan dengan intensitas ringan, kecuali wilayah Palembang diperkirakan terjadi hujan dengan intensitas sedang.

Wilayah Medan dan Tanjungpinang berpotensi terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang. Wilayah Padang dan Banda Aceh diperkirakan berawan.

Untuk wilayah Pulau Jawa, seperti Bandung, Semarang dan Yogyakarta diperkirakan terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang. Wilayah Serang, Jakarta dan Surabaya diperkirakan berawan hingga cerah berawan.

Prakiraan cuaca di wilayah Kalimantan, seperti di Pontianak, Palangkaraya berpotensi akan terjadi hujan dengan intensitas ringan.

Masyarakat perlu mewaspadai potensi hujan yang dapat disertai kilat dan petir yang diperkirakan terjadi di wilayah Banjarmasin.

Bergeser ke wilayah Bali dan Nusa Tenggara, untuk masyarakat di wilayah Mataram diperkirakan akan terjadi hujan dengan intensitas ringan.

Sedangkan wilayah Denpasar dan Kupang diperkirakan berawan. Wilayah Sulawesi seperti Makassar dan Mamuju akan terjadi hujan dengan intensitas ringan.

Hujan dengan intensitas sedang diperkirakan mengguyur Gorontalo dan Kendari. Manado berpotensi hujan lebat, kecuali Palu berawan.

Prakiraan cuaca untuk wilayah Indonesia bagian timur seperti Ternate, Ambon dan Jayapura diperkirakan akan terjadi hujan dengan intensitas ringan. Manokwari diperkirakan berawan.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya