Patut Bangga, Ini 8 Brand Lokal Indonesia yang Mendunia

Oleh Switzy Sabandar pada 23 Sep 2022, 04:00 WIB
Diperbarui 23 Sep 2022, 04:00 WIB
Eiger Adventure
Perbesar
Eiger Adventure sebagai metaverse pertama di RansVerse.

Liputan6.com, Yogyakarta - Banyak brand lokal Indonesia mendunia. Kendati, sebagian orang mengira merek lokal itu bukan berasal dari dalam negeri. Tak hanya laris manis di negara sendiri, beberapa lokal ini menjajal eksistensinya dengan menjelajah pasar dunia.

Berikut beberapa merek lokal Indonesia yang populer dan mendunia:

1. Eiger

Eiger dikenal sebagai brand lokal Indonesia yang menjual peralatan rekreasi alam, seperti mendaki gunung, berkemah, panjat tebing, dan berbagai aktivitas outdoor lainnya. Tak hanya populer di Indonesia, Eiger juga cukup populer hingga ke luar negeri.

Eiger didirikan sekitar 1992-1993. Selain di Indonesia, kamu juga bisa menjumpai toko Eiger di beberapa negara Asia, seperti Malaysia, Singapura, Filipina, hingga Jepang.

2. Indomie

Siapa yang tak kenal Indomie? Makanan penyelamat akhir bulan ini tak hanya digandrungi masyarakat Indonesia, melainkan hingga dunia.

Tak hanya di negara-negara Asia, Indomie juga populer di negara Eropa, Amerika, hingga Australia. Bahkan, Indomie sudah diekspor ke lebih dari 80 negara di dunia.

Indomie sudah ada sejak 1969 dengan menghadirkan satu varian rasa, yakni kaldu ayam. Seiring berjalannya waktu, kini Indomie tercatat memiliki lebih dari 30 varian rasa.

Kebanyakan varian rasa yang diciptakan Indomie adalah rasa khas makanan Indonesia, seperti rasa soto ayam, soto mie, soto lamongan, soto padang, rendang, ayam geprek, mie aceh, dendeng balado, dan masih banyak lagi. Berkat ciri khas rasa inilah keberadaan Indomie menjadi sangat terkenal di luar negeri.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan video pilihan berikut ini:


Kopiko

3. Kopiko

Kopiko adalah merek permen kopi ternama yang sebenarnya sudah populer di Indonesia. Belakangan, Kopiko menjadi sangat populer karena kemunculannya pada beberapa serial drama Korea.

Kopiko sudah dipasarkan di beberapa negara Asia seperti Singapura, Jepang, Thailand, hingga Korea Selatan. Tak hanya di Asia saja, Kopiko juga bisa dijumpai di negara-negara yang ada di Australia dan Eropa, seperti Jerman hingga Portugal.

4. La Fonte

La Fonte menjadi salah satu merek pasta yang seringkali diduga merupakan brand asal luar negeri. Padahal, La Fonte adalah brand lokal Indonesia yang tak hanya populer di negeri sendiri, tetapi juga di negara lain.

La Fonte merupakan merek pasta yang dibuat oleh PT Bogasari pada tahun 1991. Keberadaannya ini sudah merambah ke negara-negara Asia, seperti Filipina, Jepang, Korea Selatan, Thailand, Malaysia, Hongkong, Brunei Darussalam, Singapura, hingga Uni Emirat Arab.

Tidak hanya di Asia, La Fonte ternyata juga bisa dijumpai di negara-negara Afrika. Sebut saja Nigeria, Zambia, dan masih banyak lagi.

5. Silver Queen

Silver Queen sudah sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia sebagai merek cokelat ternama yang bisa dengan mudah dijumpai di minimarket hingga supermarket. Iklannya pun sering menghiasi layar kaca televisi dengan slogan dan lagunya yang ikonik.

Memiliki nama yang kebarat-baratan, membuat banyak orang mengira bahwa Silver Queen adalah merek dari luar negeri. Terkait hal ini, diceritakan pada 1942 atau saat Jepang menjajah Indonesia, pemilik pabrik cokelat di Indonesia yang merupakan orang Belanda berusaha kabur untuk meninggalkan pabriknya di Garut dan menjualnya.

Barulah pada 1950, pabrik tersebut memproduksi cokelat batangan yang diberi merek Silver Queen. Selain Silver Queen, cokelat meises Ceres juga dibuat di pabrik yang sama.

 


Terry Palmer

6. Terry Palmer

Mungkin beberapa di antara kamu ada yang menduga jika merek handuk yang satu ini asalnya dari luar negeri. Padahal, Terry Palmer adalah brand asli Indonesia yang diklaim menjadi handuk paling higienis.

Namanya yang kebarat-baratan memang bisa membuat banyak orang menduga kalau Terry Palmer adalah merek luar negeri. Terry Palmer adalah brand milik PT Indah Jaya.

Perusahaan ini sudah ada sejak 1962. Berkat kualitasnya yang bisa bersaing dengan merek luar negeri lainnya, Terry Palmer kini sangat populer di negara Eropa, Australia, dan Amerika.

7. The Executive

The Executive dikenal sebagai brand lokal Indonesia yang memiliki produk pakaian formal dan pakaian kerja dengan kualitas tinggi. Brand ini adalah merek ternama yang membanderol produknya dengan harga cukup tinggi.

Tak heran karena setiap produk dari brand ini memiliki kualitas yang ciamik. The Executive merupakan brand asli Indonesia dari Bandung.

The Executive adalah brand di bawah naungan PT Delami Garment Industries dan sudah ada sejak tahun 1984. Toko The Executive tidak hanya tersebar di kota-kota yang ada di Indonesia saja, tapi juga di Asia seperti Malaysia, Singapura, dan lainnya.

8. Tolak Angin

Tolak Angin adalah brand jamu atau obat tradisional lokal Indonesia yang bisa menjangkau pasar dunia. Produk ini bisa mengobati beragam penyakit, seperti masuk angin, mual, menjaga daya tahan tubuh, dan lain sebagainya.

Menjadi produk herbal yang sudah ada sejak tahun 1951, keberadaan Tolak Angin di luar negeri pun tak perlu diragukan lagi. Tolak Angin cukup populer di Australia, Amerika Serikat, Belanda, Hongkong, dan lainnya.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya