5 Pekerjaan Tertua di Dunia yang Sudah Eksis Sebelum Masehi

Oleh Tifani pada 23 Sep 2022, 07:00 WIB
Diperbarui 23 Sep 2022, 07:00 WIB
Ilustrasi petani cabai. Photo by Văn Long Bùi/pexels
Perbesar
Ilustrasi petani cabai. Photo by Văn Long Bùi/pexels

Liputan6.com, Yogyakarta - Profesi atau pekerjaan adalah bidang keahlian yang dilakukan agar mendapatkan nafkah. Ternyata melakukan pekerjaan sudah dilakukan sejak zaman sebelum masehi sebagai salah satu cara bertahan hidup.

Jenis pekerjaan pada zaman dahulu juga sudah cukup beragam, meskipun kebutuhan masyarakat pada saat itu tidak cukup kompleks. Ada beberapa perkejaan yang ada sejak zaman dahulu juga masih bertahan hingga saat ini.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut sederet pekerjaan tertua di dunia yang sudah ada sejak zaman sebelum masehi.

1. Penjahit

Penjahit menjadi salah satu pekerjaan atau profesi tertua di dunia. Para ahli meyakini bahwa manusia mulai berpakaian sejak 100 ribu atau 500 ribu tahun yang lalu.

Meskipun masih berupa kain yang dililitkan, tetapi seiring dengan semakin berkembangnya kebutuhan berpakaian manusia pada saat itu, profesi penjahit kemudian muncul.

Pakaian yang dijahit para penjahit diperkirakan baru muncul antara 41 ribu hingga 60 ribu tahun yang lalu. Profesi penjahit pertama kali muncul di wilayah Afrika.

2. Tukang Bangunan

Manusia zaman prasejarah hidup secara nonmaden atau berpindah-pindah. Mereka manfaatkan lanskap alam yang cukup aman ditempati, seperti gua atau cekungan bukit dan lembah.

Manusia mulai menetap disebuah wilayah sekitar 10 ribu hingga 15 ribu tahun yang lalu, saat pertanian mulai berkembang di beradapan Mesapotamia. Pada saat yang bersamaan, manusia zaman prasejarah mulai membangun rumah permanen untuk menetap.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan video pilihan berikut ini:


Pemburu

3. Pemburu

Daging adalah satu-satuya makanan yang dapat dikonsumsi manusia saat dua juta tahun yang lalu. Pada saat itu, manusia bertahan hidup dengan mengambil daging sisa dari para hewan pemangsa.

Perburuan hewan untuk dikonsumsi manusia baru terjadi 400 ribu tahun yang lalu. Sejak saat itu berburu menjadi sebuah pekerjaan yang dilakukan manusia zaman dahulu untuk bertahan hidup.

Pekerjaan berburu semakin populer pada masa kekaisaran Romawi Kuno di tahun 100 masehi. Para ahli menemukan relief-relief bergambar tukang daging yang menjual hasil buruannya, lengkap dengan kepala hewan yang digantungkan di tiang-tiang.

4. Para Pembuat Alat

Manusia memulai perburuan pertamanya saat alat-alat perburuan sudah diciptakan dan dikembangkan terlebih dahulu. Pekerjaan untuk membuat barang perkakas sudah dimulai sejak 2,6 juta tahun yang lalu.

Pada zaman itu manusia-manusia membuat perkakas dari batu api yang dikenal sebagai Oldowan. Pekakas yang pertama kali diciptakan adalah abut tumbuk hingga kampak batu yang digunakan untuk memotong daging buruan.

5. Petani

Ratusan tahun yang lalu, manusia bertahan hidup dengan berburu hewan. Gaya hidup ini lambat-laun berubah, ketika nenek moyang kita mulai mengumpulkan biji-bijian sekitar 20 ribu tahun yang lalu.

Meski begitu, pertanian sederhana baru dimulai pada 12 ribu hingga 13 ribu tahun yang lalu di Mesapotamia. Awalnya, mereka menanam gandum hitam, kemudian merambat ke jenis tanaman lain.

Sejak saat itu, orang-orang mulai meninggalkan pekerjaan sebagai pemburu dan beralih menjadi petani.

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya