Sukses

Sedang Berlibur ke Riau? Jangan Lupa Wisata Kuliner 6 Makanan Ini

Jika kamu sedang berlibur ke Riau, kamu wajib mencicipi keunikan kuliner Riau berikut ini

Liputan6.com, Riau - Riau berdekatan dengan Malaysia dan Singapura yang hanya dibatasi dengan Selat Malaka. Hal ini membuat Riau secara kultural juga banyak dipengaruhi dengan kebudayaan Melayu, mulai dari logat bicara, seni arsitektur bangunan, hingga urusan kulinernya.

Jika kamu sedang berlibur ke Riau, kamu wajib mencicipi keunikan kuliner Riau berikut ini:

1. Gulai belacan

Gulai merupakan salah satu makanan khas riau yang banyak diminati. Ada berbagai jenis gulai di daerah ini, salah satunya gulai belacan.

Gulai belacan merupakan olahan udang berkuah kental yang terbuat dari santan. Kuah gulai belacan memiliki cita rasa khas yang terbuat dari campuran kemiri, lada, dan asam jawa.

Ada yang mengolah gulai belacan dengan menggunakan bahan dasar udang air tawar maupun udang laut. Keduanya sama-sama menyajikan cita rasa nikmat yang cocok dikombinasikan dengan kuah kental bercita rasa khas.

2. Gulai ikan patin

Masih seputar gulai, makanan khas Riau selanjutnya yang patut kamu coba adalah gulai ikan patin. Hidangan ini menggunakan bahan dasar ikan patin yang dipotong besar.

Hidangan ini mudah ditemukan karena banyak tersedia di restoran atau warung makan di Pekanbaru, Riau. Biasanya, cita rasa gulai dengan campuran kecombrang akan lebih nikmat.

Kamu juga bisa menambahkan pucuk daun ubi rebus sebagai hidangan pelengkap. Kombinasi cita rasa makanan tersebut akan terasa nikmat untuk dimakan bersama keluarga.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Ikan cuka

Olahan ikan goreng selalu menjadi primadona bagi banyak kalangan. Biasanya, ikan yang dipilih untuk bahan dasar adalah ikan tenggiri.

Cita rasa kuah cukanya terbuat dari berbagai bahan, seperti cabai merah iris, cabai giling, lada, pala, jahe, serai, dan bumbu-bumbu lainnya.

4. Lakse kuah

Lakse kuah merupakan hidangan bersantan khas Riau yang juga sayang untuk dilewatkan. Kuah dari hidangan ini terbuat dari campuran ketumbar, adas manis, dan beragam rempah lainnya.

Meski menyerupai mi, bahan dasar mi dari sajian ini terbuat dari tepung sagu. Santapan ini semakin nikmat jika dinikmati bersama dengan hidangan pelengkap lain, seperti olahan ikan laut segar, ikan tongkol, atau ikan teri yang sudah ditumbuk halus.

5. Mi lendir

Sepintas, nama makanan ini terkesan kurang enak didengar. Namun jangan salah, makanan yang terbuat dari kuah kacang ini bercita rasa lezat.

Kuahnya memang kental menyerupai lendir, tapi cita rasa bumbu khasnya cukup menggugah selera. Kombinasi mi kuning, telur rebus, tauge, dan potongan cabe rawit membuat cita rasa hidangan ini makin nikmat.

6. Mi sagu

Sagu menjadi bahan olahan selain beras yang banyak diminati. Kadar gula dalam tepung sagu lebih rendah ketimbang nasi.

Salah satu makanan khas Riau yang menggunakan olahan sagu adalah mi sagu yang berbentuk mirip seperti kwetiau goreng. Hidangan ini akan lebih nikmat jika disantap bersama dengan sambal goreng ikan teri, tauge rebus, dan daun kucai.

(Resla Aknaita Chak)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.