Sukses

Mengenal Akun Alter dalam Media Sosial

Salah satu fenomena unik yang sering kita temui di Twitter adalah akun alter.

Liputan6.com, Bandung - Tidak bisa dipungkiri media sosial sudah menjadi hal yang wajib dimiliki oleh kaum milenial saat ini. Salah satunya yaitu bermain aplikasi Twitter.

Mulai dari scrolling-scrolling di timeline, cari-cari info info penting tentang perkuliahan atau pekerjaan, atau mungkin sekedar bersenang-senang buat mengisi waktu luang di sela-sela kesibukan sehari-hari.

Terkadang suatu hal yang belum banyak diketahui orang juga awalnya diketahui dari Twitter. Selain itu, Twitter juga sering menampilkan informasi yang lucu dan bermanfaat yang bisa terus diikuti.

Tidak bisa dipungkiri juga bahwa banyak fungsi Twitter yang bisa dimanfaatkan di hampir seluruh kesibukan kita. Platform ini juga bisa jadi wadah yang positif dan juga negatif, tergantung cara kita memandang dan berperilaku di dalamnya.

Ada yang memakai Twitter untuk berjualan, promosi dagangan, atau kampanye perusahaan. Semuanya bisa dilancarkan di Twitter.

Untuk yang baru main di Twitter, seringkali menemukan istilah yang asing. Sehingga mereka terkadang bingung saat muncul sesuatu yang belum diketahui.

Salah satu fenomena unik yang sering kita temui di Twitter adalah akun alter. Akun anonim tersebut biasa berkegiatan dengan istilah ngalter, di mana seseorang mempunyai akun anonim selain akun utama buat melakukan kegiatan-kegiatan tertentu.

Kegiatan ngalter sendiri belakangan sering dikonotasikan ke hal-hal yang kurang baik di mata sosial. Salah satunya, menjajaki akun-akun bot alter base atau menfess yang isinya berbau 18+.

Berikut penjelasan akun alter di media sosial Twitter yang perlu kamu ketahui.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Definisi Akun Alter

Akun alter sebenarnya bukan gejala yang baru di media sosial. Sejak medsos seperti Facebook muncul, tren akun alter sudah menyeruak. Namun belakangan ini di Twitter lebih banyak muncul akun alter.

Jika melihat pada definisinya, alter sendiri berasal dari kata kerja dalam Bahasa Inggris yang berarti mengubah karakter atau komposisi dengan cara yang kecil namun berdampak besar. Terkait dengan fenomena media sosial, maka akun alter berarti akun yang dibuat berdasarkan tujuan dan pencitraan yang berbeda.

Jika ditelaah lebih dalam, alter berarti seperti perubahan identitas. Karena biasanya akun alter tidak akan menampilkan fakta sesungguhnya tentang identitas asli pemiliknya.

Secara harfiah, akun alter dibuat untuk menunjukkan sisi lain dari penggunanya. Sebagian besar akun alter bersifat anonim karena kecemasan akan tidak diterimanya sisi lain penggunanya oleh orang-orang yang mereka kenal. Selain itu, akun alter juga dapat menjadi wadah untuk meluapkan sesuatu yang mereka sembunyikan dari orang-orang yang ditemui setiap harinya.

Namun, fenomena belakangan ini dalam jagat maya, akun alter justru muncul untuk menjual foto-foto syur atau bahkan menjual badan dengan akun palsu. Tren alter ini memang tergolong negatif dan tabu. Untuk menghentikan hal-hal seperti itu agak sulit karena alter merupakan akun dengan identitas palsu. Apalagi pengguna jagat Twitter sudah jutaan dan sulit membedakan mana alter dan akun asli.

3 dari 4 halaman

Alter Ego

Banyak yang menyebut, akun alter merupakan identitas jagat maya yang dibuat dan dimiliki oleh pengguna dengan tujuan mengelabui pengguna lainnya berkaitan dengan alter ego. Adapun istilah ini dipergunakan untuk mendeskripsikan watak atau kepribadian lain yang ada dalam individu yang dibuat secara sadar sebagai bagian dari individu tersebut.

Padanannya dalam bahasa Inggris adalah sockpuppet account atau secara harfiah artinya ‘akun boneka’. Sedangkan padanannya dalam bahasa Perancis adalah faux-nez yang artinya ‘akun hidung’.

Alter ego merupakan kosa kata yang dipakai untuk menjelaskan akun yang digunakan buat menunjukkan sisi lain dari si pemilik dari akun tersebut. Dan umumnya, hal ini juga memperlihatkan sisi aslinya di akun seperti ini dibandingkan dengan sisi yang sedang ditunjukkan pada akun pribadi yang biasa orang terdekatnya tahu.

Awalnya, akun alter sering diisi dengan konten mengenai kesukaan, passion pribadi, pandangan kritis atau tidak biasa, dan yang lainnya.

Ada juga yang memasukkan hasil foto dari hobi memotretnya, mengunggah puisi atau narasi yang dibuat sendiri, atau hanya sekadar menyampaikan keluh kesah pemerintah di media sosial.

4 dari 4 halaman

Mengapa Orang Membuat Akun Alter?

Pada dasarnya, seseorang membuat akun alter karena ingin menyembunyikan jati diri saat membangun relasi dengan pengguna Twitter lain. Hal ini dilakukan agar membuat orang tersebut lebih bebas dalam berekspresi dan berkreasi.

Adapun orang tersebut dapat melakukannya tanpa takut mendapat komentar dari pengguna Twitter lain. Selain itu, jati diri yang tidak terungkap menjadi daya tarik tersendiri. Sedangkan, pengguna Twitter lain akan memberikan perhatian lebih kepada akun alter.

Kemudian, pengguna Twitter lain juga menjadi penasaran dengan sosok di balik akun alter. Pengguna Twitter lain kemudian menebak-nebak jati diri sosok tersebut.

Ada kalanya orang membuat akun alter juga karena ingin populer. Orang tersebut kemudian membuat nama, gaya bahasa, dan karakter unik pada akun alternya. Jika pengguna Twitter lain menyukai nama, gaya bahasa, dan karakter unik tersebut, jumlah pengikut akun alter tersebut akan menjadi banyak.

Jika pengguna Twitter lain sangat menyukainya, jumlah pengikut akun alter tersebut akan lebih banyak daripada jumlah pengikut akun personal.

Bukan hanya itu, orang membuat akun alter karena tertarik dengan kesuksesan akun-akun alter yang telah muncul sebelumnya. Orang tersebut ingin akun alternya juga meraih kesuksesan.

Adapun indikator kesuksesan ini adalah jumlah pengikut yang banyak dan popularitas. Jika suatu akun alter benar-benar sukses, akun alter tersebut akan menjadi akun promosi berbagai merek. Sebagai akun promosi, akun alter tersebut membuat kicauan berbayar.

Akun alter tersebut juga bisa menjadi buzzer. Sebagai buzzer, akun alter tersebut juga membuat kicauan berbayar. Sebagai akun promosi maupun buzzer, akun alter tersebut harus kreatif dalam membuat kicauan berbayar. Jika tidak kreatif, pemilik akun alter tersebut bisa kehilangan penghasilan.

Meskipun tampaknya mengasyikkan, penggunaan akun alter harus berhati-hati. Sebab, pemilik akun alter harus bisa membedakan antara karakter diri pada akun alter dan kehidupan nyata. Dua karakter diri tersebut harus saling terpisah, tidak boleh saling menyatu atau tertukar. Karena ada perbedaan antara relasi yang dibangun pada Twitter dan relasi yang dibangun di dunia nyata.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.