Sukses

Manis Gurih Martabak Sagu, Kuliner Populer Khas Fakfak Papua Barat

Martabak ini diolah dari bahan sagu yang sudah dihaluskan kemudian digoreng dan diberi gula aren atau gula merah merah

Liputan6.com, Jakarta - Martabak merupakan salah satu kuliner populer di kalangan masyarakat. Kuliner berbahan tepung terigu tersebut banyak ditemukan di sejumlah daerah.

Namun, yang unik, kuliner martabak yang satu ini terbuat dari bahan non tepung. Kuliner bernama Martabak Sagu ini hanya ditemukan di wilayah Kabupaten Fakfak Papua Barat.

Martabak sagu memiliki cita rasa yang manis dan gurih. Martabak ini diolah dari bahan sagu yang sudah dihaluskan kemudian digoreng dan diberi gula aren atau gula merah.

Makanan ini biasanya disajikan sebagai kudapan untuk menyambut tamu oleh masyarakat Papua, khususnya oleh masyarakat Papua barat. Martabak ini berbeda dari umumnya. Sagu yang sudah dihaluskan akan digoreng sampai kecoklatan. Kemudian, bagian dalam martabak sagu ini diberi olesan gula merah untuk menambah citarasa manisnya.

Dirangkum dari berbagai sumber, Martabak Sagu sudah terkenal hampir dari luar pusat kota Fakfak. Keunikan rasanya yang enak menjadikan Martabak Sagu sebagai salah satu makanan khas dari kota Fakfak.

Martabak Sagu menjadi makanan yang paling diburu oleh para masyarakat kota maupun luar Fakfak. Adapun cara pembuatannya yaitu bahan sagu diolah dengan dihaluskan kemudian digoreng dan diberikan gula arena tau gula merah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gula Aren

Rasa makanan khas ini cukup enak dan manis juga tidak kalah dengan martabak jenis martabak yang sudah umum kita makan seperti martabak manis. Jika penasaran dengan maratabak tersebut kita langsung bisa temukan di Fakfak karena martabak ini banyak ditemukan di Kabupaten ini.

Rasa dari Martabak Sagu khas Papua ini sangat legit dan manis. Rasa manis sendiri berasal dari campuran gula aren atau gula merah.

Makanan ini biasanya di sajikan sebagai kudapan untuk menyambut tamu oleh masyarakat Papua, khususnya oleh masyarakat Papua Barat.

Untuk para pecinta kuliner martabak yang selama ini hanya mengenal martabak manis dan asin, maka Martabak Sagu ini tak boleh dilewatkan untuk disantap ketika berada di Papua.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.