Wajib Tahu, Fungsi, Penempatan Hingga Cara Kerja Airbag Dalam Kendaraan

Oleh Panji Prayitno pada 21 Sep 2022, 04:00 WIB
Diperbarui 21 Sep 2022, 04:00 WIB
Wajib Tahu, Fungsi, Penempatan Hingga Cara Kerja Airbag Dalam Kendaraan
Perbesar
Ilustrasi airbag mobil mengembang. (ist)

Liputan6.com, Jakarta - Di dalam sebuah mobil, keselamatan menjadi sebuah bagian yang sangat penting. Salah satu cara meningkatkan keselamatan pengendara adalah pemasangan airbag dalam mobil.

Airbag merupakan fitur yang berada di bagian depan sebagai pencegah terjadinya benturan di kepala pengemudi serta penumpang bagian depan. Fitur keselamatan akan membantu pengendara dengan lebih aman.

Tetapi, sekarang ini sudah banyak mobil yang meletakkan airbag atau fitur keselamatan di bagian samping mobil selain airbag yang berada di bagian depan.

Airbag mobil merupakan inovasi keselamatan yang penting dalam beberapa waktu belakangan ini. Fitur keselamatan yang dimiliki mobil ini akan memberi perlindungan saat pengendara mengalami kecelakaan.

Dimana letak airbag pada mobil? Biasanya, airbag mobil tersembunyi dan muncul ketika terjadi kecelakaan yaitu di bagian depan dan samping. Bahkan, airbag depan sudah menjadi keselamatan untuk seluruh kendaraan dari tahun 1999.

Sedangkan, untuk airbag bagian samping bukan sebuah kewajiban, tetapi banyak pabrik yang memasukkannya sebagai komponen standar. Penempatan airbag di depan serta samping akan membantu menyelamatkan banyak nyawa.

Contohnya, di bagian depan saja bisa mengurangi kecelakaan fatal hingga 29% untuk sang pengemudinya. Kemudian di penumpang bagian depan hingga 32%. Sedangkan, airbag yang berada di samping bisa melindungi kepala dan dapat mengurangi risiko meninggalnya pengemudi di kecelakaan dari samping hingga 37%.

Hingga sekarang, para insinyur terus menerus mencari cara agar dapat menggunakan airbag dengan aman. Di bagian kaca belakang airbag sengaja dibuat untuk melindungi orang-orang yang duduk di kursi bagian belakang ketika terjadi kecelakaan dari belakang.

Kemudian, airbag yang berada di samping bisa mengurangi kemungkinan saling menyakiti antar penumpang ketika terjadi kecelakaan.

Saksikan video pilihan berikut ini: 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Fungsi Airbag

Airbag adalah fitur keselamatan yang dapat mengurangi cedera penumpang serta pengemudi ketika terjadi kecelakaan. Tetapi, fitur ini tidak selalu muncul ketika terjadi kecelakaan tertentu sehingga pengendara juga harus memahami kapan airbag dapat muncul serta tetap menggunakan sabun pengaman untuk pelindung utama.

Airbag akan membantu menjadi pelindung ketika terjadi kecelakaan yang terbentur keras. Fitur ini juga bisa membantu pengendara serta penumpang agar tidak mengalami cedera fatal.

Lebih-lebih cedera fatal ini umumnya mengenai bagian dada, leher, serta kaki. Airbag umumnya akan langsung muncul sesudah kecelakaan terjadi dan berbagai bagian tubuh tersebut dapat terlindungi.

Pada dasarnya, lokasi airbag bergantung dari tipe mobil Anda. Umumnya airbag ada di bagian depan. Tetapi, seperti yang sudah disinggung di atas, ada pula airbag yang lokasinya berada di samping.

Bila hanya menggunakan pelindung seperti sabuk pengaman, hal ini akan membuat cedera di bagian kepala serta dada yang parah. Tetapi, dengan adanya airbag, airbag bisa membantu memperlambat gerak laju penumpang dalam waktu yang singkat ketika kecelakaan terjadi.

Airbag ini bekerja dengan otomatis ketika sensor merasa terdapat perlambatan kecepatan yang cukup tinggi serta terjadi benturan keras di beberapa bagian. Sensor airbag ini biasanya berada di depan serta langsung mengirim sinyal agar katup udara menjadi panas dan gas nitrogen mengisi airbag ini.

Ketika terjadi kecelakaan, kepala pengemudi serta penumpang akan langsung terkena benturan airbag serta kantong udara akan mengeluarkan gas nitrogen yang ada. Perlu diketahui bahwa gas di airbag bukanlah jenis gas berbahaya.

Setelah mengetahui apa itu airbag mobil, cara kerja airbag, hingga fungsinya pastikan untuk selalu memeriksa kerusakan pada sistem airbag apakah dalam kondisi baik atau rusak.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya