Sukses

Wisata Semarang, Hutan Pinus Kayon yang Bisa Jadi 'Sweet Escape' dari Rutinitas

Hutan Pinus Kayon terletak di Desa Batur, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang.

Liputan6.com, Semarang - Kawasan wisata Hutan Pinus Kayon merupakan salah satu rekomendasi destinasi wisata baru di Jawa Tengah. Wisata Hutan Pinus Kayon yang terletak di lereng gunung Merbabu ini sangat cocok untuk menjadi lokasi wisata ketika kalian penat dengan kegiatan sehari-hari.

Hutan Pinus Kayon terletak di Desa Batur, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang. Destinasi wisata ini menyuguhkan nuansa alam teduh dan pemandangan hijau, cocok untuk para wisatawan yang ingin menghabiskan sore sembari duduk-duduk santai.

Kawasan wisata Hutan Pinus Kayon masih asri dan memiliki udara segar dan sejuk, dapat membuat pikiran para wisatawan lebih tenang dan nyaman. Tidak seperti Hutan Pinus Mangunan yang sudah banyak diubah, Hutan Pinus Kayon ini berada di wilayah konservasi hutan Merbabu sehingga kelestariannya sangat terjaga.

Walaupun didalam wilayah konservasi hutan, ada banyak juga spot foto yang Instagramable di sini, sehingga para wisatawan dapat berswafoto dengan bebas sesuai selera.

Salah satu spot foto yang enggak boleh dilewatkan saat berada di Hutan Pinus Kayon adalah sebuah pohon pinus yang memiliki bengkokan yang mirip huruf "U". Banyak wisatawan yang duduk di bagian tersebut dan mengabadikan keindahan Hutan Pinus Kayon.

Selain itu, ada juga sumber air jernih yang berada di sekitaran hutan. Para wisatawan dapat dengan bebas membawa tikar, cemilan atau makanan berat dari rumah. Namun, jangan lupa untuk membawa kantong plastik sampah.

Rute atau jalur perjalanan menuju Hutan Pinus Kayon cukup mudah dijangkau. Dari arah Salatiga, beloklah ke kiri saat sampai di pertigaan Desa Jampelan Getasan.

Setelah itu, saat sampai di perempatan Wonosari, ambil arah ke Desa Krangkeng (belok kanan). Lima menit kemudian para wisatawan sudah sampai di lokasi.

Tiket masuk kawasan wisata Semarang Hutan Pinus Kayon ini dibanderol cukup terjangkau, yakni sebesar Rp 5.000 per orang. Sedangkan untuk biaya parkir kendaraan di kawasan destinasi wisata ini dibanderol Rp2.000 untuk sepeda motor dan Rp5.000 untuk mobil.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.