Sukses

Resep Kue Asidah Khas Riau, Jajanan Tradisional yang Mulai Tak Dikenal

Kamu pun juga bisa mencicipi kue ini dengan mengikuti resep kue asidah berikut

Liputan6.com, Riiau - Salah satu provinsi yang memiliki khazanah kuliner adalah Riau. Riau berada di ujung Pulau Sumatera dan berdekatan dengan Malaysia serta Singapura, yang hanya dibatasi dengan Selat Malaka.

Secara kultural, Riau juga banyak dipengaruhi dengan kebudayaan lain, salah satunya Arab. Hal tersebut terbukti dalam seporsi kuliner manis bernama asidah, yang masuk dalam kategori kue.

Kue asidah khas Riau ini merupakan adaptasi dari camilan manis Arab bernama asida. Meskipun dipengaruhi dari kudapan Arab, tetapi kue asidah sudah disesuaikan dengan selera masyarakat Indonesia, khususnya Riau.

Tekstur kenyal dengan rasa dan aroma rempah yang kuat adalah ciri khas dari kue ini. Kuatnya aroma dan rasa kue asidah ini didapatkan dari bahan baku yang digunakan, seperti kayu manis, pandan, dan cengkeh.

Berbeda dari asida khas Arab yang memiliki bentuk bulat dengan cekungan di tengah, kue asidah Riau memiliki bentuk yang unik dan beragam. Ragam bentuk kue asidah bergantung dari keinginan dan keterampilan dari pembuatnya.

Pembuat kue ini biasanya juga menyesuaikan kebutuhan acara atau permintaan pelanggan. Namun, yang paling sering ditemui adalah bentuk bunga, daun, anggur, atau bulat.

Tak hanya bentuk, warna dari kue asidah Riau pun lebih terang dari kue asida Arab. Adapun, kue asidah ternyata sudah ada sejak zaman dahulu.

Kue kenyal ini menjadi makanan para raja-raja di Indragiri, Riau, dan menjadi salah satu hidangan yang hanya dibuat untuk acara-acara penting di sana. Namun, kini kue asidah sering ada dalam perayaan keagamaan, pernikahan, hajatan, atau menjadi seserahan pengantin.

Kini, kue asidah semakin jarang ditemui dan lebih sering dibuat sendiri di rumah sebagai camilan ngobrol santai bersama keluarga. Kamu pun juga bisa mencicipi kue ini dengan mengikuti resep kue asidah berikut:

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bahan

Resep Kue Asidah 4 Porsi

Bahan-bahan:

250 gram terigu protein sedang

200 gram gula merah

1 sdm margarin

400 ml air

2 batang kayu manis

5 butir kapulaga

3 butir cengkeh

2sdm margarin, dilelehkan untuk topping

Cara membuat:

1. Campur air, gula merah, kayu manis, kapulaga, dan cengkeh, kemudian rebus sampai gula larut dan mendidih

2. Saring airnya dan dinginkan

3. Masukkan terigu ke dalam wadah, lau tuang air gula sebagian

4. Aduk hingga licin, kemudian masukkan sisa air gula

5. Masak adonan hingga tekstur mengental, jangan lupa tambahkan 1 sendok makan margarin

6. Masak sambil terus diaduk hingga teksturnya kalis seperti dodol

7. Bentuk adonan seperti mangkuk, kemudian tekan bagian atasnya sampai membentuk lubang

8. Isi lubang bagian atas dengan margarin leleh

9. Kue asidah khas Riau siap disajikan

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.