Sukses

5 Makanan Tradisional Khas Indonesia Ini Ternyata Ada Kemasan Kalengnya

Berikut ini beberapa rekomendasi makanan kaleng tradisional yang bisa kamu coba

Liputan6.com, Yogyakarta - Selain murah, makanan kaleng juga cukup awet sehingga cocok untuk kamu yang memiliki mobilitas tinggi dan tetap ingin berhemat. Umumnya makanan kaleng yang banyak tersedia di pasaran adalah jenis sarden san kornet.

Sarden merupakan makanan kaleng berbahan ikan, sedangkan kornet berbahan daging. Selain itu, ada juga makanan kaleng yang berbahan buah-buahan, sayuran, serta kacang-kacangan.

Buah-buahan yang dikemas dan diawetkan di dalam kaleng biasanya digunakan sebagai bahan pelengkap isian es buah dan semacamnya. Sementara itu, makanan kaleng yang berisi sayuran berupa mentimun, jagung, atau sayuran lain, dimanfaatkan sebagai acar.

Adapun, kacang-kacangan seperti kacang merah dan kacang polong juga ada yang berbentuk kaleng. Makanan kaleng berupa kacang-kacangan ini bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan.

Seiring berkembangnya zaman, kini varian makanan kaleng semakin beragam. Bahkan, ada beberapa makanan tradisional kaleng yang bisa diolah dan memilki masa simpan yang cukup lama.

Berikut ini beberapa rekomendasi makanan kaleng tradisional yang bisa kamu coba:

1. Empal Gentong

Empal Gentong merupakan makanan khas Cirebon yang banyak dicari dan digandrungi masyarakat. Tak heran karena makanan ini memiliki cita rasa yang gurih, pedas, dan lezat.

Tak perlu jauh-jauh ke Cirebon untuk mencicipi empal gentong asli dan khas Cirebon. Salah satu makanan kaleng berisi daging empal yang bisa kamu coba adalah Empal Gentong Haji Apid.

Kamu bisa membelinya melalui sosial media resmi atau secara online di e-commerce. Selain awet dan higienis, makanan kaleng ini juga mudah dan cepat untuk diolah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Gudeg

Gudeg merupakan kuliner khas Yogyakarta dengan cita rasa manis. Tak harus ke Yogyakarta karena saat ini sudah tersedia gudeg dalam kemasan kaleng yang bisa kamu coba kapan saja.

Salah satu makanan kaleng gudeg yang populer adalah Gudeg Bu Tjitro dan Gudeg Yu Djum yang bisa dipesan secara online. Bahkan, keduanya sudah berjualan gudeg sejak awal tahun 1900-an.

3. Rendang Daging Sapi

Makanan Indonesia lainnya yang juga diolah menjadi makanan kaleng adalah rendang daging sapi. Menjadi salah satu makanan populer di dunia, rendang daging sapi kini telah tersedia dalam bentuk kaleng.

Selain awet, rendang daging sapi kaleng juga lebih higienis. Makanan khas Padang yang dikemas dalam kaleng ini banyak tersedia di mini market atau supermarket terdekat.

4. Sambal Goreng Hati

Salah satu produk makanan khas Indonesia berikutnya yang bisa ditemui dalam bentuk kaleng adalah sambal goreng hati Bernardi. Merek ini cukup terkenal dalam berbagai penyajian masakan olahan daging sapi dan ayam, seperti bakso, sosis, hingga kornet.

Sambal goreng hati kaleng ini terbuat dari hati ayam, kentang, wortel, cabai, bawang merah, minyak nabati, bawang putih, lengkuas, gula merah, serta garam. Makanan yang cocok dijadikan lauk pendamping opor ayam saat lebaran ini, kini bisa kamu nikmati kapan saja.

5. Sup Domba

Sup domba juga menjadi salah satu makanan kaleng yang bisa kamu coba. Dalam satu kaleng sup domba terdapat 4-5 potong daging domba berkualitas.

Kamu hanya perlu menghangatkannya ke dalam microwave sebelum mengonsumsinya. Tak lupa, tambahkan potongan wortel atau kentang untuk rasa yang lebih mantap.

(Resla Aknaita Chak)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.