Sukses

7 Rekomendasi Wisata Alam Jawa Tengah yang Cocok untuk Healing dan Refreshing

Jika kamu sedang berada di Jawa Tengah dan berencana untuk berlibur, berikut 7 rekomendasi destinasi wisata alam Jawa Tengah.

Liputan6.com, Yogyakarta - Destinasi wisata di Indonesia memiliki berbagai keragaman, mulai dari wisata sejarah, wisata edukasi, wisata alam, dan lainnya, tak terkecuali Jawa Tengah. Untuk menghilangkan rasa penat karena rutinitas harian, wisata alam menjadi salah satu pilihan yang cocok.

Wisata alam biasanya menyajikan pemandangan yang memikat mata, menyejukkan, dan menenangkan hati serta pikiran. Jika kamu sedang berada di Jawa Tengah dan berencana untuk berlibur, berikut 7 rekomendasi destinasi wisata alam Jawa Tengah:

1. Air Terjun Jumog, Karanganyar

Wisata Jawa Tengah berupa air terjun ini terletak di lereng kaki Gunung Lawu, tepatnya di Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar. Air terjun di kawasan ini sangat jernih dan segar, bahkan tak jarang ada wisatawan yang mengonsumsi air ini dengan meminumnya secara langsung.

Selain berenang di arus sungai dan kolam air terjun, pengunjung juga bisa berenang di kolam buatan pengelola. Tidak jauh dari sini, terdapat tempat wisata yang cukup populer, yaitu Grojokan Sewu.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dusun Semilir, Bawen

2. Dusun Semilir, Bawen

Dusun Semilir mengusung konsep tempat wisata yang beragam. Pengunjung bisa menikmati berbagai wahana menarik, mulai dari wisata air, wisata permainan, wisata foto, wisata makanan, dan lainnya.

Terdapat bangunan yang didesain mirip candi yang berdiri megah di area wisata. Candi ini disebut terinspirasi dari stupa di Candi Borobudur.

Selain itu, ada juga perosotan raksasa setinggi 40 meter. Untuk anak-anak, telah disediakan wahana, seperti kereta, boom-boom car, trem, hingga playground yang luas.

Sementara itu, untuk remaja dan dewasa, juga tersedia wahana menarik. Pengunjung dewasa bisa menikmati wahana perosotan, panahan, tembak-tembakkan, ATV, JIP, sepeda listrik, hingga wisata omah suwung.

3. Kopeng Treetop Getasan

Kopeng Treetop terletak di Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang. Destinasi ini menyajikan adventure park atau taman petualangan yang seru dan cocok untuk kamu yang suka memacu adrenalin.

Pengunjung bisa menikmati berbagai tantangan outbond, zipcoaster (gabungan flying fox dan roller coaster), skiban (seluncuran dengan menggunakan ban), caving (menelusuri gua buatan), serta ATV. Selain itu, ada juga pusat hobi yakni membuat pottery atau barang pecah belah dan keramik.

Pengunjung juga bisa camping dengan fasilitas setara hotel. Sedangkan untuk urusan kuliner, ada juga restoran berkonsep rumah pohon.

 

3 dari 4 halaman

Sakura Hills

4. Sakura Hills, Tawangmangu

Sakura Hills berlokasi di Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar. Terdapat berbagai macam tempat yang dapat kamu kunjungi, di antaranya Japanese Park, Water Onsen Park, Sakura Park, Forest Canopy Tour, dan masih banyak lagi.

5. Sigandul View, Kledung

Sigandul View yang berlokasi di Kledung, Temanggung, ini menawarkan panorama Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro. Destinasi wisata ini mengusung konsep wisata alam, restoran, kafe, dan penginapan sekaligus.

Selain itu, destinasi wisata ini juga menyajikan wahana hiburan dan edukasi. Wisata edukasi yang dihadirkan yakni teropong di lantai dua dan tiga, taman kelinci, serta kolam ikan di taman bawah.

Selain taman kelinci dan teropong, juga terdapat jembatan kaca yang sangat indah. Jembatan kaca ini memiliki ujung berbentuk lingkaran dengan latar pemandangan Gunung Sumbing.

Pengunjung boleh menaiki dan melewati jembatan kaca ini. Meski demikian, jembatan ini memiliki kapasitas terbatas, yakni hanya boleh dinaiki oleh maksimal 20 orang dalam waktu yang sama.

 

4 dari 4 halaman

Guci Tegal

6. The Onsen Guci, Tegal

The Onsen Guci berlokasi di Kecamatan Bojong, Kabupaten Tegal. Onsen Guci merupakan tempat pemandian air hangat dengan bentuk kolam estetik dan unik yang tak banyak ditemui di kolam renang lain.

Nama 'onsen' diambil dari istilah bahasa Jepang yang berarti sumber air panas dan tempat mandi berendam dengan air panas yang keluar dari perut bumi. The Onsen Guci menyajikan kolam pemandian berbentuk lingkaran berwarna putih yang estetik, baik lingkaran besar maupun lingkaran kecil.

Tak hanya itu, pemandangan yang disuguhkan dari The Onsen Guci juga tak kalah indah. Dari kolam renang, pengunjung dapat langsung melihat pemandangan bukit-bukit dan sawah yang hijau dan asri.

7. Wisata Terasering Sitegong, Sukomakmur

Sesuai namanya, Wisata Terasering Sitegong menawarkan pemandangan sawah terasering yang tersusun rapi dan indah. Berada di kaki Gunung Sumbing, tak heran jika udara dan suasana di lokasi ini sangat sejuk.

Tempat wisata yang disebut sebagai 'Majalengkanya Magelang' ini juga menyediakan banyak spot foto menarik. Pengunjung bida berfoto dengan latar pemandangan Gunung Sumbing serta berfoto dengan pose duduk bersantai di tempat duduk yang beratapkan tumpukan kayu.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.