Resep Mudah Membuat Kue Apem Kukus di Rumah

Oleh Panji Prayitno pada 20 Sep 2022, 08:00 WIB
Diperbarui 20 Sep 2022, 08:00 WIB
Resep Mudah Membuat Kue Apem Kukus di Rumah
Perbesar
Kue Apem salah satu kuliner khas Cirebon yang keluar setiap bulan safar dalam kalender jawa. Foto (Liputan6.com / Panji Prayitno)

Liputan6.com, Jakarta - Kue apem merupakan makanan tradisional khas Jawa yang sudah banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia. Uniknya, kue ini biasanya dibuat mengikuti momen kalender Jawa memasuki bulan Safar.

Makanan yang satu ini memiliki rasa yang manis dengan tekstur yang lembut. Selain itu kue apem sangat menarik dengan berbagai macam warna seperti merah, hijau, kuning, coklat dan lainnya.

Dengan warna yang unik ini membuat orang yang melihatnya tertarik untuk mencicipinya. Kue apem hampir disukai di semua kalangan mulai dari kalangan bawah hingga kalangan atas.

Secara garis besar ada tiga jenis kue apem yang umum kita jumpai yakni kue apem kukus, panggang, dan selong. Perbedaan dari ketiga jenis kue apem tersebut pada dasarnya terletak pada cara memasaknya.

Bagi Anda yang ingin merasakan kue apem tanpa harus pergi ke toko kue dan acara hajatan, Anda dapat membuatnya sendiri di rumah. Kue ini pun cukup mudah untuk dibuat sendiri, Penasaran? Langsung saja simak resep membuat kue apem kukus berikut ini.

Bahan Kue Apem Kukus

- 120 gram gula

- 120 gram tepung beras

- 40 gram tepung terigu

- 1 sdt fermipan

- 1 sdt baking powder

- 200 ml air

- Pasta pandan secukupnya

Saksikan video pilihan berikut ini: 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Cara Membuatnya

- Siapkan gula dan air di dalam panci lalu masak hingga gula larut dan air mendidih. Diamkan hingga agak hangat atau suam-suam kuku.

- Dalam wadah terpisah, campurkan tepung beras, tepung terigu dan tuang rebusan air dan gula yang sudah suam.

- Masukkan fermipan dan beberapa tetes pasta pandan.

- Aduk hingga semua bahan tercampur rata.

- Diamkan kurang lebih selama 30 menit.

- Aduk adonan hingga busa adonan hilang dan masukkan baking powder.

- Siapkan cetakan apem.

- Masukkan adonan ke dalam cetakan namun jangan terlalu penuh. Lakukan hingga semua adonan habis.

- Kukus adonan apem selama 20-25 menit hingga apem matang. Angkat dan sajikan apem bersama dengan parutan kelapa.

Selamat mencoba

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya