Sukses

Nikmatnya Kopi Luwak Liar ala Warkop Mendai di Medan, Bisa Tingkatkan Stamina Tubuh

Aktivitas nongkrong sambil ngopi atau minum kopi menjadi salah satu tren saat ini. Banyak orang-orang dari berbagai kalangan menghabiskan waktu hanya untuk sekadar ngopi sambil ngobrol bersama teman dan keluarga.

Liputan6.com, Medan Aktivitas nongkrong sambil ngopi atau minum kopi menjadi salah satu tren saat ini. Banyak orang-orang dari berbagai kalangan menghabiskan waktu hanya untuk sekadar ngopi sambil ngobrol bersama teman dan keluarga.

Di Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut) banyak tempat ngopi yang tersedia dengan menu dan ciri khas masing-masing. Salah satu tempat ngopi yang baru meramaikan lokasi ngopi di Kota Medan adalah Warkop Mendai.

Berlokasi di pelataran parkir Istana Maimun, Jalan Brigjend Katamso, Kecamatan Medan Maimun, Kota Medan, Warkop Mendai menawarkan menu andalan, yaitu Kopi Luwak Liar yang disajikan dalam bentuk sanger.

"Kopi Luwak Liar yang disajikan dalam bentuk sanger ini memiliki banyak khasiat untuk kesehatan," kata Owner Warkop Mendai, Okri Ananda, saat berbincang dengan Liputan6.com, Minggu (18/9/2022).

Diungkapkan Okri, jika selama ini Kopi Luwak dikenal dengan harga yang mahal, namun di Warkop Mendai untuk segelas Kopi Luwak Liar dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau.

"Hanya Rp 15.000, sudah bisa menikmati kenikmatan Kopi Luwak Liar di sini," ungkapnya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Biji Kopi dari Takengon

Diterangkan Okri, biji Kopi Luwak Liar didapat langsung dari petani yang berada di Bener Meriah, Kabupaten Takengon, Provinsi Aceh. Di sana, luwak atau musang liar dipelahara kemudian dilepaskan di perkebunan kopi.

"Jadi, bukan dikandangkan," ujarnya.

Musang-musang tersebut memakan biji-biji kopi pilihan, karena musang sejatinya memilih buah yang baik dan berkualitas bagus. Setelah dimakan, sisa-sisa kotoran musang yang memakan biji kopi dikutip dan dilakukan sterilisasi.

"Setelah itu, dikumpulkan lalu diproses roasting di Galeri Kopi Gayo, di Takengon. Nah, setelah jadi beans dan disortir, diproses roasting, saya beli untuk jadi sanger di sini," Okri menerangkan.

3 dari 4 halaman

Memiliki Berbagai Khasiat Kesehatan

Disebutkan Okri, alasannya menghadirkan Kopi Luwak Liar sebagai salah satu menu andalan di Warkop Mendai karena minuman tersebut memiliki berbagai khasiat kesehatan, yaitu aman untuk lambung, meningkatkan kesehatan kardiovaskular.

"Nah, khasiat-khasiatnya saya ketahui saat saya mencari referensi dari Google," sebutnya.

Khasiat lainnya, juga mampu meningkatkan kesehatan jantung. Tidak hanya itu, lanjut Okri, dari mengkonsumsi Kopi Luwak Liar juga dapat menjaga kesehatan hati, menjaga kesehatan gigi, baik untuk penderita diabetes, dan sumber antioksidan.

"Manfaatnya juga mendukung kesehatan syaraf, pencegahan penyakit batu empedu, dan meningkatkan stamina tubuh," Okri menandaskan.

4 dari 4 halaman

Kandungan Dalam Kopi

Dilansir dari berbagai sumber, minum kopi dapat bermanfaat bagi kesehatan. Kopi merupakan minuman andalan untuk membuat tubuh tetap berenergi dan terjaga. Para peneliti telah melihat manfaat minum kopi untuk mencegah penyakit tertentu.

Manfaat minum kopi didapat berkat kandungan kafeinnya. Ada sekitar 80 hingga 100 miligram kafein dalam secangkir kopi 8 ons. Selain itu, kopi mengandung sejumlah nutrisi yang bermanfaat, termasuk riboflavin (vitamin B2), niasin (vitamin B3), magnesium, kalium, dan antioksidan.

Manfaat minum kopi bisa membuat tubuh merasa berenergi dan waspada. Minum kopi mungkin dikaitkan dengan efek kesehatan tertentu seperti GERD, tekanan darah tinggi, atau kecemasan. Tapi, jika dikonsumsi sewajarnya, manfaat minum kopi bisa didapat.

Banyak sumber merekomendasikan 400 mg kafein per hari sebagai batas atas yang aman untuk orang dewasa yang sehat. Manfaat minum kopi untuk kesehatan dikaitkan dengan perlindungan terhadap diabetes, penyakit hati, jantung, stroke, dan kanker.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.