Sukses

Melihat Kontribusi Jakarta Travel Fair 2022 untuk Kota Makassar

Bagi Makassar, event Jakarta Travel Fair adalah salah satu kegiatan yang selalu dinanti.

Liputan6.com, Makassar - Jakarta Travel Fair (JTF) 2022 yang diselenggarakan di Trans Studio Mall Makassar pada 16-18 September 2022 ternyata banyak membawa manfaat khususnya bagi kota berjuluk Kota Daeng ini. Selain bermanfaat bagi warga Kota Makassar yang hendak berwisata ke Jakarta, event tahunan tersebut juga membawa dampak baik bagi sektor pariwisata Makassar. 

Kepala Dinas Pariwisata Kota Makassar, Muhammad Roem menjelaskan bahwa Jakarta Travel Fair 2022 adalah event yang telah lama dinanti. Event yang konsisten dilaksanakan di Makassar tersebut sempat terhenti akibat dari pandemi Covid-19 yang melanda Tanah Air selama 2 tahun terakhir. 

"Di tahun ini baru dilaksanakan kembali tentu ini sudah pasti memberi dampak bagi kami karena kan teman-teman JTF ini tidak hanya datang satu orang, seller yang didatangkan banyak sekali dari Jakarta, berarti kan okupansi kamar di Makassar naik lagi dengan adanya even eksebisi ini," kata Roem kepada wartawan, Sabtu (17/9/2022). 

Selain itu, lanjut Roem, pada Jakarta Travel Fair 2022 ini tentu terjadi transaksi antara berbagai pihak yang terlibat dalam event tersebut. Roem pun berharap kegiatan-kegiatan lintas wilayah seperti ini bisa terus terlaksana dan melibatkan banyak kota-kota lain di penjuru Tanah Air. 

"Selain itu ada transaksi juga yang saling menguntungkan antara Makassar dan Jakarta, begitu pun kami di Jakarta kemarin, ini saling menguntungkan. Mungkin kegiatan seperti ini harus selalu diadakan dan melibatkan kota-kota lain di Indonesia, kolaborasinya. Artinya kita membuat event di kota lain tapi kota tersebut juga membuat event di kota kita, itu memberikan hal yang positif sekali," ucapnya.

Apalagi, Jakarta adalah Ibu Kota negara yang mana ada begitu banyak transaksi terjadi dalam setiap lini aktivitasnya, mulai dari wisata hingga bisnis. Roem pun sangat yakin dengan kolaborasi yang baik maka kegiatan Business to Customer (B2B) dan Business to Customer (B2C) akan memberikan sumbangsih yang besar untuk Kota Makassar. 

"Apalagi Jakarta adalah Ibu Kota negara yang jelas pasti buyers yang datang sangat banyak, dengan durasi 7 hari antara B2B dan B2C ini digabungkan ini memberikan sumbangsih yang sangat baik sekali bagi kita di Makassar," jelasnya. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kolaborasi

Roem berharap ke depannya Jakarta dan Makassar bisa terus berkolaborasi dalam berbagai event. Jika perlu, lanjutnya, kota-kota lain seperti Surabaya, Yogyakarta hingga Balikpapan juga bisa dilibatkan. 

"Kolaborasi yang bisa kita lakukan adalah salah satunya dengan selling bareng, sale promotion bareng, kalau perlu dengan kota-kota yang juga mempunyai target yang sama, entah itu Surabaya, Yogyakarta, Balikpapan yang memang menjadi target Jakarta juga. Ini kan bisa bareng, apalagi bisa di bilang Jakarta juga memang hampir mirip potensinya antara kuliner, sejarah, bahari ini kan sama dengan Makassar," paparnya. 

Sebagai contoh, kolaborasi itu bisa dilaksanakan dengan event olahraga seperti lari maraton. Roem menjelaskan jika di Jakarta dilaksanakan Jakarta Maraton maka dalam event tersebut bisa jadi ajang promosi event maraton lainnya hingga kegiatan tersebut bisa dibikin berseri.  

"Bisa berbarengan juga promosinya. Misalnya, pelaksanaannya bisa Jakarta Marathon sambil mempromosikan Makassar Marathon, begitu. Jadi jenis eventnya sama, tapi para peserta bisa diarahkan bahwa setelah Jakarta Marathon ada event Makassar Marathon. Bahkan kalau perlu dibuka pembelian tiket Makassar Marathonnya di lokasi kegiatan Jakarta Marathon," dia memungkasi. 

3 dari 3 halaman

Lokasi Favorit Endah and Rhesa di Jakarta

Jakarta Travel Fair 2022 di Trans Studio Mall Makassar pun semakin meriah dengan penampilah Endah and Rhesa. Bagi musisi duo kenamaan Tanah Air itu, Jakarta begitu berarti lantaran dari sanalah keduanya memulai karir bermusik mereka. 

"Kota Jakarta terhadap karir kami tentu saja sangat besar, karena memang kami mengawali karir dengan nge-gigs di sana, main festival juga pada saat itu banyak di Jakarta," kata Endah.

Tak hanya mengawali karir di Ibu Kota, Rhesa menambahkan bahwa musik mereka bertumbuh di Jakarta. Bagi dia, Jakarta adalah tempat dimana mereka banyak belajar dan brkreasi. 

"Kita tumbuh di Jakarta, jadi dari pengalaman yang kita dapat di Jakarta, jadi dari pengalaman yang kita dapat di Jakarta itu memang banyak," Rhesa menimpali. 

Endah dan Rhesa pun mengakui saat ini Jakarta memang banyak sekali berevolusi. Saat ini ada banyak sekali lokasi wisata urban yang bisa menjadi tempat musis seperti mereka untuk berkumpul dan menyalurkan hobby mereka dalam bermusik. 

"Kalau aku sejauh ini masih nyangkut sama M Bloc. Karena memang selain memugar tempat-tempat yang bersejarah, misalnya bangunan yang dulu dipakai untuk Departemen Keuangan, Kantor POS. Selain memberikan satu napak tilas sejarah, tempat itu juga memberikan banyak sekali tempat atau venue-venue yang bisa anak-anak main musik atau menikmati musik dan kreativitas. M Bloc jadi memang (jadi tempat) fasilitas anak muda untuk berkarya dan berkreasi," ucap keduanya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.