Mau Beli BBM Subsidi di Kalimantan? Begini Caranya

Oleh Apriyanto pada 17 Sep 2022, 22:00 WIB
Diperbarui 17 Sep 2022, 22:00 WIB
BBM Subsidi Tepat Sasaran
Perbesar
Petugas SPBU saat mencatat nopol kendaraan yang hendak mengisi BBM subsidi. (Liputan6.com)

Liputan6.com, Balikpapan - Berbagai upaya terus dilakukan agar Bahan Bakar Minyak atau BBM Subsidi dapat tepat sasaran. Salah satu upaya yang dilakukan PT Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan yakni dengan mulai menerapkan sistem pencatatan nomor polisi (nopol) kendaraan oleh petugas di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di wilayah Kalimantan.

Sistem pencatatan nopol ini berfungsi untuk memastikan identitas kendaraan dan jumlah BBM subsidi yang dibeli, apakah sudah sesuai dengan aturan yang berlaku serta tepat sasaran atau tidak.

Masyarakat yang sudah mendaftar program subsidi tepat sasaran dan memiliki Barcode/ QR Code, tinggal menunjukkan barcode tersebut kepada operator SPBU untuk dilakukan scan melalui alat EDC sebelum membeli BBM Subsidi. Hal ini untuk memastikan kendaraan yang mengisi BBM subsidi sesuai dengan data yang ada di dalam barcode tersebut.

Area Manager Communication & CSR Regional Kalimantan, Susanto August Satria membenarkan bahwa Pertamina mulai membiasakan pelayanan dengan sistem pencatatan nopol maupun penggunaan barcode subsidi tepat.

"Apabila masyarakat sudah mendaftar di subsiditepat.mypertamina.id dan sudah menerima QR Code/barcode, maka pengendara cukup menunjukkan barcode tersebut di setiap transaksi BBM Subsidi," ujarnya, pada Jumat (16/9/2022).

Para pengendara yang memiliki barcode nantinya tidak akan lagi dilakukan pencatatan nopol kendaraan yang digunakan.

"Apabila sudah memiliki barcode maka tinggal tunjukkan ke operator SPBU, lebih mudah dan tidak memakan waktu. Hal ini agar masyarakat terbiasa bertransaksi dengan scan barcode," tegas Satria.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Tiga Cara Registrasi Program Subsidi Tepat

BBM Subsidi tepat sasaran
Perbesar
Pengendara melakukan scan barcode saat melakukan pengisian BBM subsidi. (Liputan6.com)

Satria mengimbau bagi masyarakat yang belum memiliki barcode, untuk segera mendaftar ke program subsidi tepat. Pertamina menyediakan tiga acara untuk melakukan registrasi, yakni melalui website subsiditepat.mypertamina.id, melalui aplikasi MyPertamina maupun datang langsung ke booth subsidi tepat yang tersedia di SPBU.

"Apabila pengendara lolos verifikasi akan dikirimkan barcode yang dapat digunakan untuk melakukan pembelian BBM subsidi di SPBU," ungkapnya.

Pertamina juga mengajak masyarakat mampu untuk mengonsumsi bahan bakar non subsidi yakni Pertamax Series dan Dex Series, agar BBM subsidi dapat disalurkan tepat sasaran.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya