Sukses

Mengenal Platform Desain Figma yang Diakuisi Adobe Rp298,52 Triliun

Figma adalah aplikasi desain dan prototipe berbasis web yang menghubungkan semua tim dalam proses desain sehingga menghasilkan hasil yang terbaik.

Liputan6.com, Bandung - Perangkat desain lunak berbasis cloud Figma akan diakusisi Adobe dalam kesepakatan senilai USD20 miliar atau Rp298,52 triliun (asumsi kurs Rp14.926 per dollas AS) dan saham pada Kamis lalu.

Figma, memiliki pendukung seperti Index Ventures, Greylock Partners, dan Kleiner Perkins, diharapkan menghasilkan lebih dari USD400 juta atau Rp5,97 triliun pendapatan berulang tahunan tahun ini. Adobe melakukan konfirmasi ARR Figma akan melampaui USD 400 juta atau Rp5,97 triliun pada 2022.

Lalu apa itu itu Figma?

Figma adalah aplikasi desain dan prototipe berbasis web yang menghubungkan semua tim dalam proses desain sehingga menghasilkan hasil yang terbaik.

Figma dapat membantu para penggunanya berkolaborasi dalam suatu proyek atau pekerjaan dengan banyak pengguna secara real-time dan di mana saja.

Aplikasi ini beroperasi pada sistem desktop untuk Mac OS dan Windows. Aplikasi pendamping Figma Mirror untuk Android dan iOS memungkinkan pengguna mendemonstrasi prototipe Figma pada perangkat seluler.

Figma berfokus pada penggunaan antarmuka pengguna dan kolaborasi waktu secara nyata. Selain itu, Figma juga merupakan aplikasi desain UI dan UX yang dapat kamu gunakan untuk membuat situs web, aplikasi, atau komponen antarmuka pengguna.

Alat sejenis yang sebanding dengan Figma adalah Sketch, Adobe XD, Invision, dan Framer. Seperti banyak alat lainnya, Figma didukung oleh komunitas desainer dan pengembang yang kuat yang berbagi plugin untuk meningkatkan fungsionalitas dan mempercepat alur kerja.

Siapa pun dapat berkontribusi dan berbagi. Figma juga digunakan oleh beberapa merek besar termasuk Slack, Twitter, Zoom, Dropbox, dan Walgreens. Sampai saat ini meski mempunyai pesaing yang juga tidak kalah terkenalnya, Figma masih merupakan opsi paling cocok yang tersedia jika bekerja dalam tim. Jadi tidak mengherankan jika Figma menjadi pilihan banyak orang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fungsi Figma

Figma adalah alat yang solid dan dengan paket gratis yang tersedia, yang bisa dicoba bagi siapa saja yang bekerja di ruang digital. Ini termasuk dalam kemampuannya untuk membantu para desainer dan penggunanya dalam kemudahan pemasaran produk atau desain mereka kepada klien dan calon pemberi kerja.

Secara umum, Figma paling dihargai dan digunakan oleh mereka yang bekerja dalam tim yang lebih kolaboratif dan aktif.

Menampilkan keunggulan banyak fitur, alat desain dan prototipe proyek sejenis tidak memiliki fitur kunci serta kemampuan seperti Figma sehingga Figma menjadi pilihan utama jika dibandingkan dengan yang lain. Fitur- fitur Figma terbukti dapat menghemat waktu desainer dan membuat proyek serta kerjasama dalam bentuk tim berjalan lebih lancar.

3 dari 4 halaman

Fitur Figma

Figma memiliki berbagai jenis fitur yang berguna untuk keperluan desain UI dan UX kamu. Fitur-fitur Figma di antaranya adalah:

  • Alat pena modern yang memungkinkan kamu menggambar ke segala arah.
  • Fitur font Open Type.
  • Automated–task melalui plugin untuk banyak elemen dalam mempercepat project.
  • Selection Tools dengan penyesuaian otomatis untuk pengaturan jarak, pengaturan, dan pengorganisasian.
  • Metode dan kemampuan fleksibel yang menghemat waktu.
  • Kemampuan membuat sistem dan komponen desain.
  • Drag and Drop dengan akses mudah.
  • Kemampuan untuk mewadahi banyak pengguna tanpa batas dalam satu project.
  • Kemampuan memeriksa file desain dan grab code snippets.
  • Fitur Export yang memiliki tautan langsung (bukan hanya format PDF).
  • Desain interaksi dan prototype yang optimal pada perangkat seluler.
  • Animasi cerdas untuk menghubungkan objek dan transisi.
  • Komentar tersemat (embedded comment).
  • Kemampuan untuk menyunting bersama banyak pengguna secara real-time.
  • Version History yang memungkinkan kamu mengetahui segala sesuatu atau progres yang telah berubah dan siapa saja yang mengubahnya.
4 dari 4 halaman

Harga dan Paket Penggunaan Figma

Figma memiliki paket gratis dan berbayar, tergantung pada volume atau banyaknya pekerjaan yang akan dilakukan, serta fitur kolaborasi premium. Berikut detail harga lengkap Figma.

Pemula (gratis)

Pengguna yang memilih menggunakan paket ini akan mendapatkan dua editor dan tiga proyek dengan riwayat versi 30 hari, serta penyimpanan cloud tanpa batas.

Profesional ($ 15 per editor per bulan)

Pengguna paket profesional ini akan mendapatkan banyak keuntungan termasuk proyek tidak terbatas, versi tidak terbatas, file kustom dan izin pengguna, proyek pribadi khusus undangan, dan perpustakaan tim yang dapat dibagikan.

Organisasi ($ 45 per editor per bulan)

Sebagai paket tertinggi dari semuanya, pengguna paket ini berhak dalam banyak kemudahan termasuk semuanya dalam sistem desain profesional plus seluruh organisasi, tim terpusat, plugin pribadi, administrasi plugin, font bersama, sistem masuk tunggal, dan juga keuntungan keamanan tingkat lanjut.

Selain tiga jenis paket diatas, Figma juga menawarkan potongan harga untuk pembayaran tahunan versus bulanan, potongan harga dan keuntungan tersendiri bagi para penggunanya dalam kategori pelajar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.