3 Rekomendasi Wisata Alam Akhir Pekan Saat Berkunjung ke Bone Bolango

Oleh Arfandi Ibrahim pada 18 Sep 2022, 07:00 WIB
Diperbarui 18 Sep 2022, 07:00 WIB
Puncak Bumi Cerah
Perbesar
Wisata Alam di Bone Bolango, Puncak Bumi Cerah yang berada di Desa Bulotalangi, Kecamatan Bulango Timur (Foto:Arfandi Ibrahim/Liputan6.com)

Liputan6.com, Gorontalo - Kabupaten Bone Bolango (Bonebol) merupakan daerah dengan kawasan hutan hampir 70 persen dari luas daerah. Itulah mengapa jika Bonebol banyak potensi wisata alam.

Nah, bagi kalian yang ingin berkunjung ke Gorontalo saat akhir pekan, bisa mendatangi sejumlah wisata alam tersebut. Berikut tiga wisata alam yang direkomendasikan oleh Liputan6.com untuk kalian.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

Simak juga video pilihan berikut:


Pemandian Lombongo

Air Panas Lombongo Gorontalo
Perbesar
Air Panas Lombongo Gorontalo. (Liputan6.com/Arfandi Ibrahim)

Wisata Lombongo secara umum terkenal dengan air kawah panas. Wisata yang berada di Kecamatan Suwawa Tengah, Kabupaten Bonebol ini memang sudah tersohor sejak lama.

Pemandian yang berada di tengah hutan ini, menyuguhkan sensasi tersendiri bagi pengunjungnya. Perpaduan udara dingin dan air hangat memberikan kesejukan kepada para pengunjung. Ini berbeda dengan pemandian lain yang berada di Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo.

Di lokasi pemandian ini, pengunjung akan dimanjakan dengan suasana sunyi di tengah hutan alami Taman Nasional Bogani Nani Wartabone sambil berendam air hangat dari kawah.

Selain itu, terdapat dua kolam air panas dengan luas 500 meter persegi dan kedalaman berkisar satu hingga dua meter. Di kolam ini, pengunjung bisa berendam untuk meregangkan ketegangan tubuh, sembari menikmati sejuknya pemandangan hutan hujan tropis Gorontalo.

Pemandian Lombongo merupakan pemandian air panas alami yang bersumber dari mata air panas. Karena tanah Gorontalo merupakan daratan vulkanik, maka di Desa Lombongo ini terdapat banyak mata air panas yang tersebar di sekitar desa.

Beberapa di antaranya dialirkan dan menjadi sumber air dari pemandian ini. Sumber air panasnya kaya akan mineral seperti sulfur (belerang). Sehingga, selain membuat rileks, ada manfaat lain berendam di pemandian air panas Lombongo ini, yaitu menyehatkan kulit.

Bagi Anda yang ingin menikmati kesejukan air pegunungan, di lokasi ini juga ada satu kolam air dingin yang bersumber dari aliran mata air pegunungan sekitar.

Pemandangan di sekitar pemandian yang indah pun tak kalah menarik dan memanjakan mata. Selain itu, dengan berendam di kolam air hangat itu mampu menghilangkan kepenatan sehingga pengunjung bisa kembali segar.


Sungai Longalo

Bupati Bone Bolango saat mencoba adrenalin di wisata arung jeram Longalo River Tubing (Arfandi Ibrahim/Liputan6.com)
Perbesar
Bupati Bone Bolango saat mencoba adrenalin di wisata arung jeram Longalo River Tubing (Arfandi Ibrahim/Liputan6.com)

Sungai di Desa Longalo atau kerap disebut Sungai Bulango yang ada Kecamatan Bulango, Kabupaten Bone Bolango (Bonebol), Gorontalo, tidak hanya menjadi lokasi objek wisata arung jeram. Segarnya air sungai tersebut, menjadikan pinggiran sungai sebagai objek wisata ciamik.

Sebagian besar pengunjung yang datang ke lokasi itu membawa peralatan camping, mulai dari tenda hingga tempat tidur portabel. Tidak hanya sekedar bersantai, bahkan sebagian dari pengunjung ada yang menginap.

Apa yang menarik dengan Sungai Bulango? Ternyata selain memiliki air yang jernih, Sungai Bulango punya suasana yang berbeda dengan sungai pada umumnya. Gemericik air serta suara alam yang masih terbilang asri membuat sungai ini menjadi primadona.

Hutan yang masih terjaga hingga kini memberikan magnet tersendiri bagi para pelancong. Maka tak heran, meskipun siang hari udara di sepanjang Sungai Bulango terasa sangat sejuk.

Terlebih jika pengunjung yang menginap, bisa merasakan dinginya udara pagi serta suara alam yang begitu mengesankan. Kicauan burung kala pagi mampu melengkapi suasana saat itu.


Kolam Bidadari

Kolam bidadari Kabupaten Bone Bolango yang Ciamik (Arfandi Ibrahim/Liputan6.com)
Perbesar
Kolam bidadari Kabupaten Bone Bolango yang Ciamik (Arfandi Ibrahim/Liputan6.com)

Jika kalian ingin menikmati suasana pagi yang sejuk nan damai, datanglah ke destinasi wisata yang satu ini. Namanya kolam bidadari.

Wisata yang berlokasi di Desa Ilohuuwa, Kecamatan Bone, Kabupaten Bone Bolango ini cocok bagi para wisatawan yang suka dengan keindahan alam. Meski begitu, menuju ke tempat ini bukanlah perkara mudah.

Pengunjung harus melewati jalur ekstrim yang melewati Hutan Taman Nasional Bogani Nani Wartabone. Meski menantang, jalur yang akan dilewati begitu asri.

Perjalanan yang mungkin membutuhkan waktu sekitar satu jam, para pengunjung disuguhkan dengan pemandangan pepohonan hijau yang mengelilingi kawasan itu. Suara gemericik air sungai mengalir yang dipadukan kicauan burung yang merdu, seakan menyambut kedatangan para wisatawan.

Tak hanya itu, pohon hijau dan rimbun memberikan sensasi kesejukan alam yang natural dengan udara segar tanpa polusi. Hal ini membuat para pelancong tidak merasakan capek selama perjalanan.

Meski tergolong lokasi wisata baru, tempat ini sudah mulai ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Kebanyakan, wisatawan menyebut kolam bidadari ini memberikan sensasi berbeda.

Ternyata penamaan kolam bidadari ini mempunyai histori dan pengalaman tersendiri. Menurut warga lokal nama kolam bidadari ini diambil dari apa yang sering terjadi di sekitar lokasi tersebut.

Disaat siang hari, kolam itu akan berubah menjadi warna pelangi yang indah. Namun fenomena itu terjadi sangat jarang dan tidak semua orang melihatnya.

Itulah tiga rekomendasi wisata alam yang bisa didatangi oleh para wisatawan jika berada di Kabupaten Bonebol saat akhir pekan. Sementara untuk tarif setiap wisata tersebut sangat terjangkau dan tidak merobek kantong.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya