Sukses

Hore, Uang Tabungan Haji Penjaga SD yang Dimakan Rayap Akhirnya Boleh Ditukar

Uang tabungan haji milik penjaga SD Lojiwetan hampir Rp50 juta yang dimakan rayap berhasil disusun dan boleh ditukar.

Liputan6.com, Solo - Samin (52), penjaga SDN Lojiwetan, Solo yang memiliki tabungan hampir Rp50 juta dimakan rayap, kini bernapas lega. Berkat bantuan Bank Indonesia Solo, potongan uangnya yang hancur berhasil disusun kembali berjumlah Rp20.220.000.

Wajah Samin dan istrinya, Sri Kadarwati terlihat semringah. Uang tabungan haji miliknya berhasil diselamatkan meskipun tak utuh seperti semula. Butuh waktu dua hari untuk merangkai sisa-sisa potongan kertas uang dimakan rayap.

Enam pegawai Bank Indonesia Solo ikut membantu merangkai dan merekontruksi serpihan potongan kertas uang yang hancur. Bahkan, pada Rabu kemarin para pegawai yang mendatangi kediaman Samin itu rela menyusun kertas uang hingga pukul 22.30 WIB.

Pada malam itu jumlah uang yang bisa diselamatkan sebanyak Rp 10.310.000 dan dimasukkan ke dalam kardus dengan segel Bank Indonesia. Sedangkan sehari sebelumnya jumlah uang yang berhasil dirangkai kembali berjumlah Rp 9.910.000.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penukaran Uang

Setelah itu, Samin ditemani istrinya langsung menuju Kantor Bank Indonesia Solo untuk menukarkan uangnya. Mereka membawa tiga kardus, dua kardus berisi uang dimakan rayap yang telah berhasil disusun, satu kardus lainnya berisi sisa kertas uang yang tidak bisa dirangkai.

“Alhamdulillah akhirnya uangnya bisa diselamatkan dan ditukarkan ke Bank Indonesia,” kata dia dengan nada

Kedatangan pasangan suami istri disambut langsung Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo, Nugroho Joko Prastowo. Bank Indonesia juga sudah menyiapkan uang emisi tahun 2022 untuk penukaran uang yang berhasil direkontruksi.

“Potongan-potongan kertas uang tadi yang memenuhi syarat 2/3 dari luasan lembaran itu sebanyak Rp20.220.000,” sebut Joko di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo, Kamis (15/9/2022).

 

3 dari 3 halaman

Jangan Ditiru

Usai penukaran itu, Samin berpesan kepada masyarakat untuk tidak meniru cara menabung yang dilakukannya dengan celengan di rumah. Selain tidak aman, menabung dengan cara itu ternyata rawan dimakan rayap seperti tabungan haji miliknya.

“Mari cintai uang dengan menabung seperti saya tapi tidak di rumah. Jangan sampai menyesal seperti saya karena uang tabungannya dimakan rayap,” ujar dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.