5 Fakta Menarik Tentang Persija, Tim Berjuluk 'Macan Kemayoran'

Oleh Dewi Divianta pada 17 Sep 2022, 15:00 WIB
Diperbarui 17 Sep 2022, 15:00 WIB
Persija Jakarta - Ilustrasi Logo
Perbesar
Persija Jakarta - Ilustrasi Logo (Bola.com/Adreanus Titus)

Liputan6.com, Jakarta - Persija Jakarta yang lahir pada tanggal 28 November 1928 itu dikenal dengan julukan tim Macan Kemayoran, tim dengan ciri khas berwarna merah itu menjadi salah satu klub besar di Indonesia.

Banyak fakta-fakta menarik yang dimiliki oleh tim Persija Jakarta, tim yang memiliki basis suporter terbaik itu memang memiliki magnet tersendiri.

Berikut lima fakta menarik tentang Persija Jakarta:

1. Salah Satu Pendiri PSSI

Persija Jakarta menjadi salah satu pendiri Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), tim yang lahir pada 28 November 1928 itu menjadi salah satu klub yang membubuhkan tanda tangannya. Hal itu sebagai bentuk dukungan kepada Soeratin Sosrosoegondo untuk pendirian federasi tertinggi sepak bola Indonesia tersebut.

Meski memiliki histori tentang pendirian PSSI, namun tak membuat tim asal Jakarta itu mendapat perlakuan emas dari federasi. Macan Kemayoran sempat beberapa kali harus terusir dari kandangnya, lantaran tak bisa menggunakan stadion Gelora Bung Karno (GBK).

2. 9 Kali Juara Perserikatan 

Persija Jakarta menjadi dengan sembila gelar juara pada masa perserikatan, tak hanya itu Macan Kemayoran juga menjadi runner up sebanyak lima kali. Prestasi Persija Jakarta tak hanya di era perserikatan, namun juga setelah era tersebut. Dari informasi yang dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber menyebut Macan Kemayoran menjadi tiga kali runner up di Piala Presiden Soeharto. 

Menjadi juara di Piala Fatahillah dan Bang Ali Cup, juara Liga Indonesia Tahun 2001 dan 2018, dan sederet prestasi dalam beberapa ajang turnamen, trofea, hingga ajang internasional.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


3. Memiliki Pendukung The Jakmania

Liga 1 - Ilustrasi Logo Persija Jakarta BRI Liga 1
Perbesar
Liga 1 - Ilustrasi Logo Persija Jakarta BRI Liga 1 (Bola.com/Adreanus Titus)

Persija Jakarta memiliki suporter fanatik bernama The Jakmania, organisasi tersebut juga menjadi salah satu komunitas dengan sistem organisir terbaik di Indonesia. Mereka, bahkan memiliki data real jumlah anggota mereka di tiap wilayah, mulai dari Jakarta hingga di luar daerah.

4. Pernah Berubah Warna Oranye

Persija Jakarta pernah berubah warna dari merah menjadi oranye, hal itu terjadi di era pemerintah Sutiyoso yang menjadi pembina Persija Jakarta pada tahun 1997. Namun bertepatan dengan ulang tahunnya ke-78 pada 28 November 2015 silam, Persija menyampaikan jika tim tersebut kembali menggunakan jersey berwarna Merah.

Langkah tersebut dilakukan lantaran Persija tidak ingin menghilangkan sejarah panjangnya dengan jersey berwarna merah, warna tersebut menjadi warna kejayaan Persija Jakarta di era perserikatan.

5. Stadion Selalu Penuh

Setiap Persija berlaga khususnya di laga kandangnya, The Jakmania tak pernah menyia-nyiakan tribun stadion kosong. Sudut-sudut stadion selalu penuh diisi oleh pendukungnya, bahkan jika tim tersebut berlaga di luar kandang pun tak sedikit pendukungnya mendukung langsung di stadion lawan.

Persija Jakarta selalu menjadi magnet siapapun lawannya, sehingga di manapun ia bertanding pasti suasana stadion menjadi ramai dan penuh.

Untuk diketahui, Persija Jakarta adalah tim yang memiliki daya tarik besar, termasuk dalam salah satu tim besar di Indonesia dengan dukungan dan loyalitas para suporternya. Artikel di atas adalah lima fakta-fakta menarik dari timnya The Jakmania itu.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya