Sukses

Pihak Keluarga Yakin Jasad di Basement DPRD Riau Korban Pembunuhan

Pihak keluarga perempuan yang ditemukan tewas di basement DPRD Riau mendatangi Polresta Pekanbaru untuk menanyakan sejauh mana pengusutan kasusnya.

Liputan6.com, Pekanbaru - Keluarga Fitria Yulisunarti, melalui kuasa hukumnya, Jon Kosnoer, mendatangi Polresta Pekanbaru di Jalan Ahmad Yani. Dia mempertanyakan sejauh mana pengusutan kematian pegawai negeri sipil itu di basement DPRD Riau.

Hingga kini, pihak keluarga yakin kematian ibu rumah tangga itu bukan bunuh diri melainkan pembunuhan. Pihak keluarga bertanya kenapa polisi belum menetapkan tersangka.

Jon Kosnoer datang ke Polresta Pekanbaru pada Kamis siang, 15 September 2022. Dia ingin menemui Kepala Satuan Reserse Kriminal Polresta Pekanbaru Komisaris Andrie Setiawan.

"Tapi tidak bisa bertemu karena informasi dari Reskrim, Kasat ada di Polda Riau," kata Jon.

Jon mengaku baru saja menerima surat kuasa dari pihak keluarga. Dia menduga meninggalnya korban karena pembunuhan sesuai unsur Pasal 340 dan atau Pasal 338 juncto Pasal 55 dan 56 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana.

Merujuk pada pasal tersebut, kematian korban merupakan pembunuhan berencana dan dilakukan secara bersama-sama.

"Kami mengawal kasus ini, ada keganjilan," kata Jon.

Keganjilan ini, sambung Jon, berdasarkan foto yang diterima pihak keluarga. Terutama terkait posisi korban berada di bangku tengah mobil dengan posisi tergantung.

"Menurut hemat kami tidak mungkin (gantung diri di posisi itu) membuat orang meninggal," jelas Jon.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kekerasan Tumpul

Selanjutnya dari hasil autopsi yang diumumkan Polresta Pekanbaru. Petugas menyebut ada kekerasan tumpul di leher korban.

"Kalau kami belum menerima hasil otopsi itu," kata Jon.

Selain itu, pihak keluarga akan mempertanyakan sejauh mana proses pengusutan yang dilakukan. Termasuk siapa saja saksi yang diminta keterangan.

"Kami akan meminta sejauh mana mengungkap motif pembunuhan ini, siapa pelakunya, siapa saksinya," ujar Jon.

Sebagai informasi, jasad korban ditemukan oleh petugas sekuriti di basement DPRD Riau pada Sabtu (10/9/2022). Pagi harinya, sekuriti sudah melihat mobil itu tapi tak memeriksa karena korban sudah biasa datang ke DPRD Riau.

Sehari sebelum kejadian, korban datang ke DPRD menemui seorang pria inisial F. Keduanya disebut punya hubungan, tak hanya urusan pekerjaan sebagai aparatur sipil negara.

Keduanya, ditemani seorang pria lainnya, disebut sempat keluar memakai mobil dari DPRD Riau. Tak lama setelah itu, korban kembali ke basement DPRD Riau, tapi saksi F tidak terlihat.

Pada malam harinya, ada informasi menyebut F kembali ke DPRD Riau. Tidak diketahui apakah pegawai di Bagian Protokoler DPRD itu menemui korban di basement.

Tak lama setelah itu, saksi F meninggalkan gedung DPRD Riau. Sementara korban tidak pernah terlihat keluar lagi hingga akhirnya ditemukan tewas di dalam mobilnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.