Sukses

Dituduh Sebagai Bjorka, Muhammad Said Fikriansyah Beri Klarifikasi

Salah satu remaja asal Cirebon dituduh sebagai orang di balik hacker Bjorka.

Liputan6.com, Bandung - Sosok Bjorka saat ini masih ramai dibicarakan masyarakat. Pemilik akun yang meretas dan membagikan banyak informasi mengenai data pribadi dari para pejabat di tanah air itu mulai dari menteri hingga siapa pelaku dari kasus-kasus lama di Indonesia.

Sejumlah warganet Indonesia pun mulai bespekulasi bahwa Bjorka bukanlah peretas dari Polandia. Namun diduga ia berasal dari Indonesia. Adapun salah satu remaja asal Cirebon dituduh sebagai orang dibalik hacker Bjorka.

Ia adalah Muhammad Said Fikriansyah, seorang remaja berusia 17 tahun asal Kabupaten Cirebon. Tuduhan tersebut berasal dari akun Instagram @volt_anonym yang menuding Said sebagai Bjorka. Tudingannya, karena terdapat berbagai jejak digital serta kualitas dokumen yang bocor.

Melalui tuduhan tersebut, Said pun terkejut karena dituding sebagai Bjorka. Ia pun sampai membuat video klarifikasi yang diunggah dalam akun Instagram-nya yaitu @muhammadsaidfikriansyah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Data Lama

Video berdurasi 44 detik tersebut berisikan klarifikasi dari Muhammad Said Fikriansyah mengenai tuduhan pada dirinya mengenai identitas asli dari Bjorka oleh akun Instagram @volt_anonym.

“Saya Muhammad Said Fikriansyah ingin memberikan klarifikasi perihal tuduhan yang dikatakan oleh IG volt anonym, bahwasanya saya dituduh sebagai Bjorka,” ujar Said.

Said juga menjelaskan bahwa data yang dibagikan di Breach Forum yang dimaksud oleh akun Instagram @volt_anonym tersebut merupakan data yang pernah ada dalam red forum dan merupakan data lama.

“Dia berbicara mengenai data yang di-share di Breach Forum dan mengklaim bahwa data tersebut sama dengan data Bjorka. Padahal data itu data yang pernah ada di red forum yang dulu,” sambungnya.

 
3 dari 3 halaman

Minta Maaf Bukan Bjorka

Tidak hanya memberikan klarifikasi bahwa data tersebut tidak ada pengaruh apa-apa dengan Bjorka, Said juga meminta maaf bilamana dirinya bukan seperti yang dituduhkan @volt_anonym.

“Dan memang data itu data sampel tidak ada pengaruh apa-apa dengan Bjorka. Kalau memang data tersebut merugikan kalian, saya meminta maaf. Intinya saya bukan Bjorka seperti apa yang dikatakan oleh akun IG volt anonym,” tutur Said.

Penulis: Natasa K

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.